Transfer Uang dari Malaysia ke Indonesia yang Murah? Qelola Saja

transfer

Jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Malaysia merupakan yang terbanyak di dunia. Hal ini karena Malaysia merupakan salah satu negara tujuan tertinggi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Pada umumnya, banyak TKI yang pulang ke Indonesia dan membangun usaha setelah mendapatkan banyak uang di Malaysia. Namun ada juga TKI yang betah tinggal berlama-lama di Malaysia. Mereka menabung uang di Malaysia, lalu mengirimkannya untuk keluarga atau kerabat di Indonesia. Sebenarnya ada banyak pilihan yang bisa dipilih untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Misalnya melalui bank, yang sudah lumrah dilakukan oleh sebagian besar orang di Indonesia. Namun seiring berkembangnya teknologi, transaksi keuangan dari negara satu ke negara lain lebih mudah dilakukan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya.

Baca juga: Qelola: Aplikasi Keuangan yang Wajib Diunduh oleh TKI di Malaysia

Cara Kirim Uang via Bank

transfer 1 - Transfer Uang dari Malaysia ke Indonesia yang Murah? Qelola Saja

Meskipun kirim uang melalui bank sudah lumrah dilakukan, namun nyatanya masih banyak yang kebingungan saat hendak kirim uang ke luar negeri yang mempunyai mata uang berbeda. Untuk melakukan transaksi kirim uang dari luar negeri misalnya dari Malaysia ke Indonesia, maka Anda harus menggunakan kode SWIFT. Kode SWIFT ini merupakan singkatan dari Society For World Wide Interbank Financial Telecommunication. Kalau di luar negeri, biasanya dinamakan Bank Rounting Number. Berikut ini panduan cara transfer uang dari Malaysia ke bank di Indonesia:

  1. Pastikan Anda menyiapkan kartu identitas dan nominal uang yang akan dikirimkan saat mendatangi bank terdekat.
  2. Setelah tiba di bank, ambil nomor antrian dan katakan pada security bahwa Anda ingin melakukan transaksi internasional. Security akan memberikan Anda slip pengiriman atau Anda akan diarahkan untuk mengambilnya sendiri di tempat yang sudah disediakan.
  3. Isi slip tersebut secara lengkap dan benar, termasuk kode SWIFT sesuai bank tujuan Anda.
  4. Waktu yang diperlukan untuk memproses transaksi Anda adalah sekitar 3 sampai 7 hari. Hal ini karena uang Anda yang dalam mata uang ringgit, masih akan dikonversikan ke rupiah sesuai dengan nilai ringgit ke rupiah pada saat transfer.
  5. Untuk biaya pengiriman, biasanya akan dikenakan mulai Rp50.000 tergantung kebijakan tiap-tiap bank.

Cara Kirim Uang via Aplikasi

transfer 2 - Transfer Uang dari Malaysia ke Indonesia yang Murah? Qelola Saja

Jika transfer via bank harus dilakukan dengan datang langsung ke lokasi tertentu, maka penggunaan aplikasi cukup berbeda dan lebih simpel. Anda cukup membuat memilih aplikasi kirim uang ke luar negeri untuk melakukan transfer. Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Aplikasi yang lebih kekinian untuk mengirimkan uang Anda dari Malaysia ke Indonesia adalah dengan menggunakan Qelola. Bagaimana cara kirim uang dengan Qelola? Simak panduan lengkapnya di bawah ini.

  1. Langkah pertama, Anda harus download aplikasi Qelola terlebih dahulu. Setelah berhasil terpasang di smartphone Anda, selanjutnya Anda perlu melakukan pendaftaran akun.
  2. Gunakan nomor ponsel Malaysia milik Anda, masukkan alamat e-mail, dan buat kata sandi untuk log in di aplikasi Qelola.
  3. Setelah berhasil terdaftar, log in menggunakan nomor ponsel dan kata sandi yang telah Anda buat.
  4. Sebelum Anda bisa melakukan transfer, Anda harus mengisi saldo Qelola terlebih dahulu. Cek cara isi saldo Qelola di sini.
  5. Jika saldo sudah berhasil terisi, Anda bisa melakukan transaksi kirim uang untuk keluarga atau kerabat di tanah air. Klik menu “transfer”, lalu pilih jenis transfer apakah “Qelola User” atau “Bank Transfer”. Jika Anda memilih “Qelola User”, itu berarti Anda akan mengirim uang untuk pengguna Qelola lainnya. Caranya adalah Anda hanya perlu memasukkan nomor pengguna Qelola tujuan Anda. Sementara jika Anda memilih “Bank Transfer”, Anda harus memilih negara tujuan dan masukkan data diri penerima.

Anda akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp3.500 saja. Sangat murah, bukan? Menariknya, setiap transaksi transfer uang yang Anda lakukan, Anda bisa memberikan memilih kategori transfer. Seperti untuk belanja bulanan, kebutuhan anak, kebutuhan orang tua, dan masih banyak pilihan kategori lainnya. Dengan begitu, uang yang Anda kirimkan akan lebih tepat penggunaannya.

Keunggulan Aplikasi Qelola

transfer 3 - Transfer Uang dari Malaysia ke Indonesia yang Murah? Qelola Saja

Cara kirim uang dari Malaysia ke Indonesia via aplikasi memang sangat praktis untuk dilakukan. Dengan cara tersebut, Anda akan lebih mudah dan menghemat waktu karena Anda tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan transfer. Lalu, apa saja keunggulan aplikasi Qelola dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya?

  1. Qelola dilengkapi dengan fitur e-wallet, yang akan memudahkan Anda untuk melakukan proses pembayaran yang lebih aman dan cepat.
  2. Qelola juga telah menyediakan saluran transfer domestik dan internasional yang diselenggarakan oleh mitra perusahaan pengiriman uang yang terpercaya.
  3. Dengan mengandalkan Qelola untuk perencanaan keuangan, Anda sebagai pengguna dapat dengan mudah untuk mengelola dana Anda selama di Malaysia. Baik untuk biaya hidup, hingga untuk tabungan dan investasi.

Saatnya beralih ke aplikasi Qelola untuk transfer uang ke luar negeri! Jangan tunggu lama-lama, unduh sekarang untuk segera menikmati kemudahannya.

Tags: , , , , , , ,