Perkiraan Biaya Hidup dan Pilihan Rumah Sewa Melaka

rumah sewa melaka

Bagi Anda yang berniat untuk kuliah atau bekerja dan hidup di Malaysia, biaya hidup tentu saja menjadi salah satu faktor pertimbangan utama yang wajib untuk diketahui. Banyak yang mengatakan bahwa biaya hidup di Malaysia tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Faktanya, memang betul jika biaya hidup di negara ini secara umum termasuk rendah jika dibandingkan dengan sebagian besar negara lainnya. Terutama jika Anda mengkonversi mata uang dari dolar, euro atau poundsterling. Berikut ini ada beberapa informasi terkait biaya hidup di Malaysia khususnya di Melaka yang perlu Anda ketahui. Dan simak juga tips mendapatkan rumah sewa Melaka yang murah dan nyaman.

Baca juga: Mudahkan Pembayaran dengan E-Bayar Melaka

Biaya Hidup di Melaka Malaysia

Pertanyaan yang umum adalah berapa biaya yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari dan bulanan jika ingin tinggal di Malaysia. Simak beberapa uraiannya berikut ini, agar Anda lebih mudah dalam memperkirakan biaya hidup di Malaysia secara umum.

1. Biaya Belanja Kebutuhan Bulanan

Untitled design 11 2 - Perkiraan Biaya Hidup dan Pilihan Rumah Sewa Melaka

Sebagai calon anak-anak kosan atau pekerja, sudah saatnya untuk mulai bertanggung jawab terhadap perbelanjaan bahan komoditas sehari-hari. Sebetulnya, biaya komoditas di Melaka Malaysia bisa dibilang hanya berbeda tipis dengan di Indonesia. Contoh yang paling sederhana, harga beras di Malaysia itu tidak berbeda jauh dari harga beras di Indonesia pada umumnya. Sebagai sesama konsumen nasi terbesar, harga beras di Malaysia sekitar RM3,8 per kilogram. Tetapi untuk harga daging sapi, Malaysia bisa lebih murah. Harga sapi per kilogramnya hanya sekitar RM27.

2. Biaya untuk Transportasi

rumah sewa melaka 2 700x467 - Perkiraan Biaya Hidup dan Pilihan Rumah Sewa Melaka

Harga bahan bakar mesin di Malaysia lebih mahal dibandingkan di Indonesia. Tapi, hal itu tidak berarti bahwa ongkos atau biaya transportasinya akan lebih mahal juga. Ada beberapa pilihan mode transportasi yang umum di Malaysia. Berikut ini adalah rinciannya:

  • LRT, yaitu mulai dari 80 sen, 20 sen sampai 70 sen per stasiun berikutnya.
  • MRT, yaitu mulai dari 80 sen, 30 sen sampai RM1 per stasiun berikutnya.
  • Monorail, yaitu mulai dari 90 sen, RM1 sampai RM2 per stasiun berikutnya.
  • Bus, yaitu mulai dari 80 sen sampai RM1 per perjalanan.
  • BRT, yaitu mulai dari 80 sen per stasiun berikutnya.
  • KTM, yaitu mulai dari RM1 per stasiun berikutnya.

3. Biaya Sewa Tempat Tinggal

rumah sewa melaka 3 700x467 - Perkiraan Biaya Hidup dan Pilihan Rumah Sewa Melaka

Berbeda dengan di Indonesia, Malaysia tidak mengenal sistem kos-kosan. Umumnya, mahasiswa atau para pekerja akan menggunakan rumah sewa Melaka seperti Apartemen atau rumah sewa tipe lainnya. Biaya sewa Apartemen atau rumah bisa berbeda-beda tergantung lokasi dan fasilitasnya, kedekatannya dengan pusat kota.  Secara umum, biaya sewa kamar di sebuah unit apartemen di Melaka atau kota-kota besar lainnya di Malaysia yaitu sekitar RM450 sampai dengan RM1.000.

Pilihan Apartemen Terbaik di Melaka

 

Untitled design 8 1 - Perkiraan Biaya Hidup dan Pilihan Rumah Sewa Melaka

Berikut ini ada beberapa rekomendasi rumah sewa Melaka yang menjadi favorit. Anda harus tahu!

1. Impian Raudah Melaka with Pool

Rumah sewa ini berjarak 3,2 km dari Kuil Cheng Hoon Teng. Impian Raudah Melaka with Pool (Muslim Friendly) menawarkan tempat fitness yang lengkap, taman, serta ruangan ber-AC dengan balkon, dan WiFi gratis. Setiap unit memiliki patio, dapur berperalatan lengkap dengan mesin cuci piring, dan perapian. Sementara area tempat duduknya dengan sofa, TV layar datar. Dilengkapi juga dengan mesin cuci, serta kamar mandi pribadi dengan bidet dan pengering rambut. Selain itu, ada juga microwave, kulkas, pemanggang roti, dan teko yang telah disediakan. Apartemen ini menawarkan sarapan khas Asia atau ala carte yang menarik untuk Anda coba. Impian Raudah Melaka juga menawarkan berbagai fasilitas kesehatan termasuk sauna dan hot tub. Selain itu, taman wisata air dan taman bermain anak-anak juga tersedia untuk Anda gunakan.

2. Cozy Stay Melaka

Rumah sewa Melaka yang satu ini menawarkan hunian yang nyaman dengan akses WiFi gratis. Apartemen ini dapat dicapai sekitar 6 menit berkendara dari Portuguese Settlement dan Dataran Pahlawan Megamall. Selain itu, apartemen ini juga memiliki balkon dengan pemandangan taman, pendingin ruangan, ruang makan, dan ruang tamu yang terpisah dengan sofa, serta televisi kabel layar datar. Di dapur kecilnya dilengkapi dengan kulkas, ketel listrik, dan peralatan dapur yang cukup lengkap. Fasilitas pancuran dan pengering rambut juga disediakan di kamar mandi pribadi. Cozy Stay Melaka menyediakan area bersantai dan kolam renang luar ruangan yang nyaman. Tersedia juga tempat parkir gratis dan layanan antar-jemput berdasarkan permintaan Anda.

3. Selat Horizon Melaka

Selat Horizon Melaka adalah apartemen mewah yang menawarkan fasilitas modern berupa kolam renang terbuka, taman bermain anak-anak, dan parkir pribadi gratis. Apartemennya dihiasi dengan interior terbaik dengan 3 kamar tidur. Selat Horizon Melaka Apartment juga memiliki ruang tamu yang nyaman dengan sofa, TV satelit layar datar, dan balkon pribadi yang menawarkan pemandangan laut yang indah. Tersedia juga dapur yang lengkap, fasilitas kamar mandi modern, dan ruang makan.

4. Atlantis by The Bliss Malacca

Terletak di Melaka, 2,1 km dari Kuil Cheng Hoon Teng dan 2,2 km dari Baba & Nyonya Heritage Museum, Atlantis by The Bliss Malacca ini menawarkan akomodasi dengan WiFi gratis, taman dengan kolam renang outdoor, pemandangan kolam renang, serta akses ke gym dan hot tub. Semua unitnya memiliki AC, TV layar datar, ruang bersama dengan sofa, dapur berperalatan lengkap dengan ruang makan, serta kamar mandi pribadi dengan bidet. Selain itu juga dilengkapi dengan pengering rambut, dan amenitas kamar mandi gratis. Microwave, kulkas, kompor, dan teko juga tersedia di sana. Anda juga dapat menggunakan sauna di apartemen ini. Menariknya lagi, taman wisata air dan taman bermain anak-anak tersedia di Atlantis by The Bliss Malacca. Sementara Anda juga dapat bersantai di teras berjemur.

Biaya hidup di Malaysia memang dianggap cukup terjangkau. Anda bahkan bisa membeli lebih banyak barang atau menggunakan jumlah uang yang sama untuk waktu yang lebih lama dengan keuntungan menarik, jika dibandingkan dengan negara-negara yang memiliki kurs mata uang yang lebih tinggi. Untuk kemudahan dalam bertransaksi, aplikasi Qelola adalah solusi yang tepat. Unduh dan install aplikasinya sekarang di smartphone Anda secara gratis. Lalu daftarkan diri Anda untuk menikmati berbagai kemudahan dan keuntungan dari fitur-fiturnya yang lengkap.

Tags: , , , , , , , ,