Aktivitas Seru Saat Berwisata ke Melaka Malaysia

melaka malaysia

Selama berabad-abad lamanya, Melaka pernah dikuasai secara bergantian oleh Portugis, Belanda, dan Inggris hingga kemerdekaan Malaysia pada tahun 1957. Wilayah Melaka memang menjadi salah satu wilayah jajahan, sehingga Melaka kaya akan bangunan-bangunan bersejarah peninggalan kolonial. Hingga saat ini, Melaka tetap menjaga eksistensi bangunan-bangunan tersebut hingga menarik banyak pengunjung. Bahkan pada tahun 2008, Melaka dan Pulau Pinang telah diresmikan sebagai UNESCO World Heritage Site. Jika Anda berada di kota ini, Anda seperti diajak menjelajahi lorong waktu dan kembali ke masa lampau. Oleh karena itu, tidak heran jika Melaka selalu menjadi primadona bagi para wisatawan di seluruh dunia, khususnya para pecinta sejarah.

Tips Berlibur ke Kota Melaka

melaka malaysia1 - Aktivitas Seru Saat Berwisata ke Melaka Malaysia

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Melaka Malaysia, dan berencana untuk pergi ke sana, berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda siapkan.

  1. Menginap selama beberapa hari di kota Melaka. Karena waktu sehari, dua hari, tiga hari belum cukup untuk menikmati wisata Melaka yang menarik.
  2. Memilih hotel atau tempat menginap yang unik di Melaka. Ada berbagai pilihan hotel, mulai dari yang bergaya arsitektur ala Spanyol di pinggir Sungai Melaka. Ada juga hotel yang bergaya oriental yang sangat unik, di mana furniturenya didatangkan langsung dari Tiongkok. Dan masih banyak lagi pilihan hotel lainnya di Melaka yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan dan budget Anda.
  3. Menggunakan alat transportasi becak untuk keliling kota Melaka. Jika Anda lelah berjalan kaki, Anda bisa naik becak hias keliling kota Melaka. Selain unik dekorasinya, becak-becak ini juga dilengkapi dengan musik yang akan semakin membuat hari-hari Anda semakin ceria.
  4. Memilih berbagai jenis makanan khas Melaka Malaysia. Harga makanan yang ada di Melaka relatif murah. Jika Anda ingin merasakan lebih menyatu dengan kehidupan masyarakat di sekitar, maka cobalah untuk makan di kedai makan lokal.
  5. Jangan lupa untuk menyiapkan tabir surya, topi atau pelindung kepala lainnya karena cuaca di Melaka cenderung panas. Hal tersebut disebabkan oleh letak Melaka yang berada di pesisir selat Melaka. Dan jangan lupa untuk membawa air minum untuk menjaga agar tidak dehidrasi.

Aktivitas Seru Saat di Kota Melaka

melaka malaysia 3 - Aktivitas Seru Saat Berwisata ke Melaka Malaysia

Sumber: www.klayapan.com

Jika berkunjung ke Melaka Malaysia, tentu saja Anda dapat melakukan banyak aktivitas seru dan menarik. Kira-kira aktivitas seru apa saja yang bisa Anda coba agar liburan Anda lebih asyik?

1.Melakukan Museum Hopping

Kini, hampir seluruh gedung di kawasan Red Square telah difungsikan sebagai museum. Ada Muzium Belia Malaysia (Malaysia Youth Museum), Melaka Art Gallery, Muzium Literatur, Muzium Pemerintahan Demokrasi, serta Muzium Sejarah, dan Etnografi di Stadthuys. Sedangkan jika Anda menelusuri sebuah jalan yang bernama Jalan Kota, maka Anda akan menemukan Muzium Seni Bina Malaysia (Malaysia Architecture Museum), Muzium Islam, Muzium UMNO (United Malaysia National Organization), Muzium Setem (Stamp Museum), Muzium Dunia Islam dan Melayu. Dan tidak ketinggalan, yang paling ujung dan paling menarik perhatian adalah Muzium Istana Kesultanan Melaka. Sementara di kawasan Red Square, masih banyak museum-museum lainnya.

2.Menaiki Melaka River Cruise

Melaka River Cruise biasanya beroperasi setiap hari mulai pukul 09:00 sampai dengan pukul 23:30 waktu setempat. Setelah mendapatkan tiket, maka Anda akan diajak menyusuri sungai selama kurang lebih 45 menit dengan jarak tempuh sekitar 9 km. Sepanjang perjalanan, Anda akan melihat aliran sungai yang sangat bersih, pemandangan bangunan dan deretan rumah tua peninggalan Belanda dan China serta rumah-rumah tradisional Melayu yang sangat menarik.

3.Menaiki Menara Taming Sari

Aktivis seru lainnya adalah Anda dapat menikmati pemandangan Melaka dari ketinggian di Menara Taming Sari dengan tinggi total 110 meter. Setelah membeli tiket, Anda akan diarahkan masuk ke dalam kabin berjendela transparan dan berkapasitas maksimal 66 orang. Selanjutnya Anda cukup duduk manis di kursi yang telah disediakan, dan kabin perlahan akan naik ke atas dan berputar 360 derajat selama 7 menit. Dari sanalah pemandangan keseluruhan kota Melaka nampak di depan mata Anda.

4.Beribadah di Masjid Selat Melaka

Bagi Anda yang beragama Islam, Masjid Selat Melaka ini wajib Anda kunjungi ketika berada di Melaka. Sesuai dengan namanya, Masjid Selat Melaka terletak di tepi Selat Melaka dan telah dikenal sebagai masjid terapung. Arsitekturnya adalah perpaduan antara Timur Tengah dan Melayu modern dengan sebuah kubah emas di bagian tengah. Masjid ini juga  telah difungsikan sebagai penanda navigasi laut. Dan menara setinggi 30 meter yang berada di depannya berfungsi sebagai mercusuar.

5.Berkeliling di Kawasan Red Square

melaka malaysia 4 - Aktivitas Seru Saat Berwisata ke Melaka Malaysia

Sumber: travel.kompas.com

Red Square atau bangunan merah dan biasa disebut juga Dutch Square merupakan kawasan kota tua yang menjadi ikon Melaka Malaysia. Disebut Red Square karena seluruh dindingnya berwarna merah bata dengan arsitektur bergaya Eropa klasik yang masih kokoh berdiri. Di kawasan tersebut, terdapat Christ Church Melaka yang berdiri sejak tahun 1753. Dan ada juga Stadthuys yang difungsikan sebagai balai kota atau kantor gubernur pada masa penjajahan Belanda. Namun saat ini Stadthuys beralih fungsi menjadi Museum Sejarah dan Etnografi. Selain dua bangunan tersebut, ada juga Victoria Fountain di depan gereja, Menara Jam Tan Beng Swee (clock tower), dan miniatur kincir angin (windmill) Belanda. Itulah mengapa mengelilingi kawasan ini juga menjadi salah satu aktivitas seru yang wajib Anca coba.

Nah, itulah beberapa informasi penting tentang Melaka Malaysia yang perlu Anda ketahui. Ada beberapa tips juga yang bisa Anda coba saat hendak berwisata ke sana. Mungkin Anda mempunyai cara lain yang lebih asyik untuk menikmati wisata Melaka. Namun untuk urusan pengelolaan dana, Anda pasti perlu bantuan aplikasi khusus yang canggih dan praktis untuk digunakan. Qelola bisa Anda unduh dan install secara gratis di smartphone Anda. Aplikasi ini dijamin akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai jenis transaksi selama Anda berwisata ke Melaka selama beberapa hari.

Tags: , , , , , , , ,