8 Alasan Logis Mengapa Harus Kuliah di Luar Negeri

kuliah di luar negeri

Kuliah di luar negeri merupakan cita-cita yang mulia. Tak perlu minder, saat ini, kuliah di luar negeri bukanlah mimpi di siang bolong lagi. Eropa, Amerika, Jepang, hingga negeri jiran Malaysia kini jadi tujuan menarik untuk melanjutkan studi.

Kuliah keluar negeri, selain menimbulkan prestise tersendiri, ternyata juga memiliki jalur karir yang berbeda dibandingkan lulusan dalam negeri. Entah karena faktor kemampuan bahasa Inggris atau memang perusahaan besar umumnya dari luar negeri, faktanya hampir semua Top Manajemen perusahaan besar adalah mereka yang punya latar belakang pendidikan di luar negeri.

Bahkan tak jarang lulusan luar negeri, jikapun merintis sebuah bisnis, mereka juga cepat besar karena kuatnya dukungan jaringan dan dukungan permodalan yang ada. Tantangan karir yang besar tersebut membuat kuliah di luar negeri adalah impian bagi banyak lulusan SMA dalam negeri. Bisa jadi Anda juga memimpikannya.

Ingin tahu apa saja alasan logis yang akan membuat Anda harus segera berangkat kuliah di luar negeri? Berikut ulasannya.

Alasan Logis Kenapa Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri Itu Penting

Banyak manfaat yang bisa dirasakan dari berkuliah di luar negeri. Selain soal karir, ada banyak alasan lain mengapa Anda harus lanjutkan kuliah di luar negeri seperti ulasan berikut ini:

Menambah Kedewasaan

Hidup jauh dari orang tua dalam beberapa periode lamanya bisa membuat anak muda yang barus lulus SMA bisa cepat menjadi dewasa terutama dari sisi mental. Makin jauh kuliah ke luar negeri, kedewasaan dan kebebasan yang Anda alami akan membuatmu mandiri untuk mengurus diri sendiri dengan lebih baik ketika Anda pulang ke negaramu nantinya.

Memiliki Kesempatan Karir dan Peluang Kerja yang Lebih Besar

Seperti di ulas di atas, banyak perusahaan besar berasal dari luar negeri. Jika Anda lulusan luar negeri, setidaknya kesempatan ini Anda sudah pada posisi unggul. Belum lagi jika Anda tetap ingin berkarir di luar negeri juga, tentu kesempatan juga akan lebih besar lagi untuk karir dalam skala global. Keuntungan besar lainnya dari belajar di luar negeri adalah membuat CV Anda semakin bernilai dimata perusahaan yang Anda lamar, terlepas dari pekerjaan apapun yang Anda lamar.

Lebih Percaya Diri dalam Bidang Komunikasi dan Pergaulan

pexels photo 1181618 - 8 Alasan Logis Mengapa Harus Kuliah di Luar Negeri

Komunikasi adalah kunci percaya diri saat nantinya melamar kerja atau berkarir. Jika Anda lulusan luar negeri, setidaknya kemampuan bahasa Inggris akan menunjang hal ini. Tinggal di luar negeri setidaknya Anda sudah terbiasa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari, misalnya saja ketika di warung kopi, perpustakaan, di restoran atau tempat lain. Jadi jika wawancara berlangsung, baik dalam bahasa formal maupun non formal Anda sudah terbiasa dengan bahasa Inggris. Wawasan dan pengetahuan juga lebih luas. Hal ini yang mendukung rasa percaya diri tersebut.

Menjadi Bagian dari Komunitas Global

Kuliah di luar negeri akan membuat Anda bisa bertemu dengan teman dari berbagai negara. Hal ini bisa membuat Anda memiliki banyak teman dan jaringan komunitas global. Dalam jangka panjang hal ini bisa menunjang karir atau bisnis yang ingin Anda lakukan nantinya.

Tahu Cara Mengatur Keuangan

Untitled design694 - 8 Alasan Logis Mengapa Harus Kuliah di Luar Negeri

Jika Anda belajar di luar negeri dengan beasiswa, maka Anda harus pintar mengatur keuangan agar beasiswa tersebut cukup untuk kuliah dan biaya hidup. Jika kuliah dengan biaya orang tua, maka Anda juga akan belajar bagaimana berhemat agar tidak memberatkan orang tua. Jika tidak cukup, solusinya adalah mencari pekerjaan sampingan saat waktu luang. Lambat laun kebiasaan ini akan melatih Anda untuk mandiri dalam mengatur keuangan.

Baca Juga: Penting! Ketahui Cara Mengatur Keuangan Saat Tinggal di Luar Negeri

Belajar Budaya Banyak Negara dan Etos Kerja Profesional

Pergaulan dengan mahasiswa dari banyak negara membuat Anda bisa belajar meningkatkan etos kerja. Ini penting bagi karir Anda ke depan. Mau tidak mau Anda akan dipaksa untuk bekerja dengan sistem yang berbeda yang menuntut Anda perlu bekerja lebih keras lagi dibandingkan dengan saat Anda bekerja dengan sistem yang telah Anda kenal saat ini. Lingkungan baru, butuh adaptasi baru yang otomatis membuat Anda berfikir dan bekerja lebih keras lagi. Pada akhirnya Anda akan terbiasa dengan rutinitas ini, dan akan terus melakukannya saat kembali ke negara asal.

Mandiri dan Terbiasa Travelling ke Seluruh Dunia

asian couple traveling train station vintage style concept 35721 31 - 8 Alasan Logis Mengapa Harus Kuliah di Luar Negeri

Salah satu kendala lulusan dalam negeri adalah mental mereka yang tidak siap saat harus berurusan dengan banyak aktivitas keluar negeri. Jika Anda kuliah di luar negeri, hal ini tidak akan terjadi. Anda akan terbiasa mampu melihat bagian dunia yang mungkin justru tidak akan terbayangkan oleh lulusan dalam negeri.

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Karena bahasa komunikasi di luar negeri adalah Bahasa Inggris, maka Anda akan terbiasa menggunakan bahasa tersebut dalam komunikasi harian sehingga kemampuan bahasa asing Anda akan meningkat tajam.

Di atas adalah berbagai macam alasan tentang perlunya kuliah ke luar negeri. Jika Anda sudah mantap untuk melanjutkan kuliah di luar negeri terutama di Malaysia, jangan lupa untuk mempersiapkan masalah keuangan Anda. Qelola sebagai salah satu jasa penyedia platform remiten keuangan, dapat membantu Anda. Fitur Qelola yang mudah digunakan, biaya transfer termurah dan waktu penerimaan secara realtime, menjadi salah satu faktor yang harus perimbangkan untuk segera mendapatkan aplikasinya di HP Anda. Jadi tunggu apalagi. Segera dapatkan aplikasi Qelola sekarang juga!

 

Tags: , , , , , , , , ,