5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Tanjung Malim

hill g75ed5b3b9 1280 - 5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Tanjung Malim

Tanjung Malim merupakan kota indah yang cocok dikunjungi wisatawan di Malaysia. Kota Tanjung Malim terletak sekitar 145 km di selatan Ipoh dan 84 km di selatan Kuala Lumpur. Tanjung Malim populer sebagai kota pendidikan. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan adanya Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI).

UPSI sendiri telah banyak mencetak ulama dan para profesional di bidangnya masing-masing. Tidak hanya sebagai kota pelajar saja, Tanjung Malim memiliki keuntungan dari segi geografis. Wilayah daratannya landai dan dikelilingi perbukitan. Jika kamu memiliki waktu luang, sempatkan untuk mengunjungi 5 destinasi wisata di Tanjung Malim berikut ini.

1. Bukit Changkat Asa

mountaineering g40b210d97 1280 700x419 - 5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Tanjung Malim

Sumber: pixabay.com

Bukit Changkat Asa merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sayang jika dilewatkan. Terletak di Hulu Bernam, Tanjung Malim, destinasi wisata ini sangat cocok untuk kamu yang suka hiking. Selain akses untuk mendatangi lokasi mudah, Bukit Changkat Asa juga menawarkan pemandangan yang magical.

Kamu juga akan melihat sungai Bernam yang mengalir jernih ketika perjalanan mendaki bukit ini. Rute pendakian yang termasuk mudah cocok untuk para pendaki pemula yang belum berpengalaman. Selain pemandangan indah, kamu juga akan menghirup udara segar serta bertemu aneka flora dan fauna di Bukit Changkat Asa.

2. UPSI Adventure Park

UPSI Adventure Park merupakan area outbound yang ada di Perak. Kamu bisa bermain aneka permainan outdoor di sini. Lebih seru lagi jika datang bersama keluarga atau teman-teman. Permainan yang disediakan yaitu panjat tebing buatan, melewati jembatan gantung, dan masih banyak lainnya.

Bagi kamu yang menyukai tantangan dan permainan dengan mengandalkan fisik, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Adventure park ini juga ramah keluarga sehingga anak-anak cocok untuk diajak ke sini. Di sekitarnya, terdapat banyak tempat menginap yang bisa dipilih sehingga kamu bisa langsung beristirahat seseudah aktivitas tanpa perlu menyetir jauh untuk langsung kembali ke rumah.

3. Taman Tasik Embayu 

Salah satu tempat piknik yang cukup terkenal di Tanjong Malim yaitu Taman Tasik Embayu. Taman ini secara spesifik terletak di Proton City. Fasilitas yang melingkupi taman ini sangat lengkap sehingga pengunjung akan merasas nyaman dan tenang. Ada klinik, aneka penjual makanan, toilet umum, dan lain sebagainya.

Berbeda dari tempat wisata lain, taman ini merupakan taman buatan tetapi cukup populer dikunjungi banyak orang. Kamu yang sedang ingin melepas penat dan bersantai sejenak sangat direkomendasikan mendatangi Taman Tasik Embayu. Selain itu, lokasi taman sangat bersih dan menyuguhkan pemandangan hijau yang luas berupa pohon-pohon serta rumput di area sekitarnya.

4. World of Phalaenopsis

anggrek 700x466 - 5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Tanjung Malim

Sumber: pixabay.com

Di daerah Ulu Yam, terdapat kebun anggrek yang cukup terkenal bernama World of Phalaenopsis. Kebun anggrek ini terbuka untuk umum dan bisa dikunjungi dari jam 9 pagi. Di sini dihadirkan berbagai anggrek yang dibudidayakan. Menariknya, kamu bisa masuk dan melihat-lihat anggrek secara gratis tanpa biaya karcis, lho!

Saat kamu masuk ke area tengah, akan ada sebuah kafe yang syahdu di antara bunga anggrek. Kafe ini juga terbuka untuk umum dan menyediakan aneka menu lezat. Ada camilan ringan, minuman, hingga makan berat seperti nasi lemak. Harganya pun cukup terjangku. Kapan lagi bisa menikmati secangkir teh dingin di tengah aneka anggrek yang cantik?

5. Air Terjun Lubuk Kawah 

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya di Tanjung Malim yaitu Lubuk Kawah. Untuk dapat melihat air terjun ini, kamu perlu melakukan perjalanan sebab jalan menuju ke sana tidak bisa dilewati kendaraan. Selama proses perjalanan menuju air terjun, kamu akan mendapatkan pemandangan segar hijau aneka tumbuhan. Udara yang segar juga sangat cocok menemani perjalanan menuju air terjun.

Jalan yang dilalui akan menyusuri sungai dengan batu-batu besar. Sesampainya di air terjun Lubuk Kawah, batu yang ada lebih besar lagi dibanding yang kamu temui selam perjalanan. Air terjun ini tidak terlalu deras, tetapi pastikan tetap berhati-hati jika kamu berada di bawahnya. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mencapai air terjun. Meski terasa lama dan lelah, hal itu akan terbayar sesudah kamu sampai di lokasi.

 

Itu dia 5 tempat menarik di Tanjung Malim yang wajib kamu kunjungi terutama bagi para TKI. Tentu sangat disayangkan jika selama tinggal di Malaysia belum pernah berwisata ke Perak. Tempat mana yang ingin kamu kunjungi pertama? Selama masa pandemi COVID-19, pastikan kunjunganmu tetap mematuhi protokol kesehatan yang disarankan demi terhindar penularan virus.

Selama di Malaysia, kamu tetap bisa kirim uang ke Indonesia dengan lancar menggunakan aplikasi Qelola. Dijamin tidak ada tambahan biaya, lho! Selain itu, aplikasi Qelola juga bisa digunakan untuk keperluan pembayaran lainnya. Kamu bisa melakukan pembayaran BPJS, PDAM, listrik, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Unduh Aplikasi Qelola di Google Play Store sekarang juga. Gratis!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,