Intip Gaya Hidup Di Malaysia Supaya Kamu Lebih Betah Disana!

ini gaya hidup

Berada pada suatu negara baru dan tinggal selama beberapa waktu membuat seseorang harus pandai berdamai dengan kondisi lingkungan dan situasi. Tak terkecuali di Malaysia, kamu juga harus memahami hal-hal apa saja yang ada. Salah satu cara memahami masyarakat dalam lingkungan tertentu adalah dengan memperhatikan gaya hidup. Hal ini menjadi penting karena mau tidak mau, kamu harus beradaptasi dengan keadaan.

Melansir Cambridge Dictionary, gaya hidup atau lifestyle memiliki arti cara hidup atau hal-hal yang orang biasa lakukan, dimana mereka tinggal, bagaimana mereka membelanjakan uang dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan hal-hal apa saja yang orang-orang Malaysia lakukan supaya kamu bisa segera terbiasa. Berikut ini beberapa hal terkait gaya hidup di Malaysia, supaya kamu lebih familiar ketika disana. Apa saja?

Tempat Tinggal

rumah pexels 700x466 - Intip Gaya Hidup Di Malaysia Supaya Kamu Lebih Betah Disana!

sumber: Pexels.com

Satu hal pertama yang harus kamu pikirkan ketika merantau ke Malaysia adalah tempat tinggal. Setiap wilayah negara ini memiliki variasi biaya untuk akomodasi tempat tinggal yang kamu butuhkan. Besarannya tergantung dari beberapa faktor mulai dari jenis tempat tinggal, fasilitas, luas ruangan dan jarak dari beberapa tempat penting. Beberapa jenis tempat tinggal yang bisa kamu pilih sebagai gaya hidup selama menetap di Malaysia mulai dari flat atau rumah susun, apartemen dan kondominium dan juga asrama kampus.

Masing-masing jenis memiliki tingkat harga yang berbeda dengan kisaran harga mulai dari RM 600 per bulan. Untuk itu, sesuaikan kebutuhan dan kemampuan gaya hidupmu untuk bisa mendapatkan tempat tinggal terbaik. Beberapa wilayah di Malaysia memiliki jumlah kepadatan penduduk yang berbeda. Selangor menjadi kawasan terpadat yang ada di seputar Semanjung Malaysia dan Sabah menjadi kawasan terpadat pada Malaysia bagian timur.

Tagihan Sewa

tagihan pexels 700x467 - Intip Gaya Hidup Di Malaysia Supaya Kamu Lebih Betah Disana!

sumber: Pexels.com

Menyewa tempat tinggal tentu saja harus membayar tagihan fasilitas yang kamu gunakan. Setiap bulan, kamu harus membayar uang sewa besera tagihan sewa yang lain seperti uang air, dan uang listrik. Jumlah tagihan berbeda sesuai penggunaan masing-masing orang. Rata-rata jumlah tagihan sewa di Malaysia kurang lebih berkisar antara RM 100 per bulan.

Kebutuhan Makan

makan pexels 700x467 - Intip Gaya Hidup Di Malaysia Supaya Kamu Lebih Betah Disana!

sumber: Pexels.com

Kebutuhan primer yang harus terpenuhi selama hidup di Malaysia adalah makan dan minum. Negara ini memiliki beragam jenis masakan karena penduduknya datang dari berbagai negara. Biaya makan per orang per bulan di Malaysia tergantung dari gaya hidup yang kamu pilih. Berbagai jenis makanan yang tersedia bisa kamu sesuaikan dengan selera. Jika kamu ingin berhemat, solusinya adalah dengan memasak sendiri di tempat kamu tinggal.

Transportasi

transportasi pexels 700x556 - Intip Gaya Hidup Di Malaysia Supaya Kamu Lebih Betah Disana!

sumber: Pexels.com

Merantau ke negeri Jiran memaksamu untuk terbiasa menggunakan layanan transportasi umum untuk mendukung mobilitas. Malaysia memiliki beragam jenis transportasi yang bisa kamu gunakan mulai dari bus, taksi, dan kereta. Tarif tiket sekali perjalanan menggunakan transportasi umum mulai dari RM 1. Untuk kamu yang masih menempuh pendidikan di Malaysia, memilih tempat tinggal dekat kampus adalah langkah yang tepat untuk mengurangi pengeluaran uang transportasi. Kamu juga bisa membeli sepeda, yang bisa kamu gunakan sebagai alat mobilitas yang ramah lingkungan.

Komunikasi

komunikasi pexels 700x467 - Intip Gaya Hidup Di Malaysia Supaya Kamu Lebih Betah Disana!

sumber: Pexels.com

Tetap berhubungan dengan keluarga dan teman-teman. maka kamu memerlukan pembelian paket data dan pulsa. Tentu saja harganya berbeda sesuai dengan pilihan provider dan layanan yang kamu pakai. Untuk menunjang gaya hidupmu, setidaknya kamu membutuhkan biaya sebesar RM 30 untuk komunikasi.

Tak hanya biaya komunikasi, kamu juga butuh untuk tetap bersosialisasi dengan menjalin pertemanan. Perluas koneksimu dengan mengenal orang baru dan ragam budaya baru selama tinggal di Malaysia. Luangkan beberapa kesempatan untuk mencoba tempat-tempat baru bersama temanmu. Pilih tempat yang tidak menguras kantong hanya karena mengikuti gaya hidup temanmu.

Biaya Pendidikan

pendidikan pexels 700x467 - Intip Gaya Hidup Di Malaysia Supaya Kamu Lebih Betah Disana!

sumber: Pexels.com

Kondisi pandemi membuat banyak kegiatan harus berubah menjadi online, tak terkecuali penyampaian pendidikan. Banyak sekolah membuat program kelas online yang tentu saja akan membuat pengeluaran baru karena kamu butuh konektivitas entah menggunakan wifi ataupun paket data ponsel. Meskipun langkah ini cukup praktis, namun jika idak diperhitungkan dengan baik maka akan mengganggu arus pengeluaran terkait gaya hidupmu. Segera alokasikan keuanganmu untuk memperhitungkan jumlah biaya yang harus kamu bayarkan.

Kebutuhan Bulanan

bulanan pexels 700x467 - Intip Gaya Hidup Di Malaysia Supaya Kamu Lebih Betah Disana!

sumber: Pexels.com

Menghitung dan mempersiapkan belanja bulanan adalah langkah cerdas untuk menjaga gaya hidup tetap terkontrol. Sesuaikan kebutuhanmu agar tidak terjebak pembelian impulsif yang membuat keuanganmu membengkak. Pilih tempat belanja yang memberikan harga cukup murah agar kamu juga tetap bisa menabung. Sesuaikan waktu untuk berbelanja dengan kebutuhanmu, bisa seminggu sekali atau sebulan sekali.

Hiburan

hiburan pexels 700x466 - Intip Gaya Hidup Di Malaysia Supaya Kamu Lebih Betah Disana!

sumber: Pexels.com

Traveling dan berlibur sudah menjadi gaya hidup banyak orang terutama jika kamu berada di luar negeri. Mengunjungi berbagai tempat untuk eksplorasi dan jalan-jalan akan menambah pengalamanmu ketika di Malaysia. Untuk melakukan hal itu, persiapkan kebutuhanmu dan atur gaya hidupmu supaya kamu tidak kehabisan uang. Kamu bisa memulai untuk menjelajahi tempat-tempat yang bisa diakses secara gratis lalu tempat-tempat eksotis yang sudah kamu tulis dalam wishlist perjalananmu.

Manfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan transaksi pembayaran selama berada di Malaysia dan kirim uang keluar negeri tanpa tambahan biaya. Cara mendapatkannya? Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, tinggal menikmati beragam fasilitasnya yang memudahkan kebutuhan finansialmu. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi untuk kebutuhanmu belajar terkait TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,