Daftar Rumah Sakit untuk Pengobatan Kanker Gusi di Malaysia

kanker gusi

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat adanya pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam tubuh. Pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkontrol tersebut menyebabkan kerusakan pada sel normal di sekitarnya bahkan bagian tubuh lainnya. Walaupun tidak menular, sel kanker bersifat ganas. Salah satu penyakit kanker yang harus diwaspadai adalah kanker gusi. Bahkan menurut penelitian, Asia Tenggara menyumbang 11% kasus kanker gusi yang ada di dunia. Ketahui berbagai informasi seputar kanker gusi dengan membaca artikel di bawah ini.

Pengertian Kanker Gusi

Kanker gusi dapat dikategorikan juga sebagai kanker rongga mulut. Gusi sendiri adalah bagian rongga mulut yang berfungsi untuk tempat tinggal gigi dan berbagai sistem saraf penting di mulut. Masalah kesehatan yang terjadi pada gusi, biasanya juga akan berkaitan dengan bagian rongga mulut lainnya. Awal mula munculnya kanker rongga mulut biasanya dipicu adanya peradangan yang tidak kunjung sembuh atau diabaikan.

Selain itu, karang gigi yang mengendap lama, serta kurangnya menjaga kebersihan mulut menjadi penyebab utama munculnya penyakit kanker. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan kesehatan gigi dan gusi dengan melakukan perawatan dan juga menjaga kebersihan rongga mulut.

Apa Saja Penyebab Kanker Rongga Mulut?

rokok - Daftar Rumah Sakit untuk Pengobatan Kanker Gusi di Malaysia

Sumber: unsplash

Ada banyak penyebab yang membuat seseorang bisa mengalami kanker gusi. Selain kurangnya menjaga kebersihan, umumnya hal tersebut dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat atau adanya penyakit tertentu di dalam tubuh. Selain mengganggu organ hati, kebiasaan merokok ternyata juga berpotensi menimbulkan penyakit kanker rongga mulut. Berbagai kandungan yang ada di dalam alkohol membuat perkembangan sel di dalam tubuh menjadi abnormal hingga menyebabkan penyakit kanker.

Tak hanya alkohol saja, kebiasaan merokok juga rentan menimbulkan penyakit kanker di gigi dan gusi. Seperti yang kamu ketahui bahwa pada kemasan rokok sudah tertera peringatan bahwa merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Oleh sebab itu, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dari sekarang untuk kesehatan tubuh.

Hal hal lainnya yang juga bisa jadi pencetus penyakit kanker di mulut adalah rutinitas mengunyah tembakau dan menyebarnya virus Human Papillomavirus atau yang disingkat HPV. Selain itu, racun dari sisa makanan yang menumpuk di gigi dan gusi serta adanya penyakit tertentu juga bisa jadi penyebabnya. Jadi, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kesehatan rongga mulut dan menghindari perilaku seks oral demi meminimalisir risiko kanker mulut.

Deteksi Kanker Gusi dari Ciri-ciri Ini

Sayangnya, kebanyakan kasus kanker gusi terdeteksi saat sudah sampai pada stadium akhir. Hal tersebut biasanya terjadi karena banyak pasien yang abai dan menganggap sepele berbagai tanda-tanda yang sudah dialami sebelumnya. Beberapa sinyal yang patut kamu waspadai adalah gigi mudah lepas, gusi berubah menjadi lebih keras atau malah melunak, serta merasakan kebas di rongga mulut.

Selain itu perhatikan juga jika ada noda putih dan merah di gusi, kekuatan gusi melemah, pendarahan, muncul abses, dan produksi air liur berlebih. Berbagai ciri-ciri tadi bisa jadi sebuah pertanda dari kemungkinan penyakit kanker rongga mulut.

Langkah Pencegahan dan Pengobatan

diana polekhina iYQgnaWD8uw unsplash - Daftar Rumah Sakit untuk Pengobatan Kanker Gusi di Malaysia

Sumber: unsplash

Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi sebaiknya kamu melakukan langkah pencegahan untuk meminimalisir risiko terkena kanker rongga mulut tersebut. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kebersihan gigi dan gusi serta menghindari pola hidup tak sehat seperti merokok, minum alkohol, dan mengunyah tembakau. Selain itu, sebaiknya hindari perilaku seks oral untuk mencegah perpindahan virus HPV dari serviks ke mulut. Tak lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan gigi di klinik kesehatan gigi terdekat setiap 6 bulan sekali.

Namun, apabila sel kanker sudah menyebar ke rongga mulut, langkah pengobatan menjadi jalan satu-satunya yang bisa jadi solusi. Jenis pengobatan yang diberikan tentunya disesuaikan dengan tingkat keparahan yang dialami pasien. Langkah tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya. Umumnya pengobatan yang dilakukan meliputi operasi, radioterapi, kemoterapi, dan terapi obat kanker gusi tertarget.

Rekomendasi Rumah Sakit Kanker di Malaysia

Jika kamu ingin mendapatkan pengobatan terbaik untuk mengatasi penyakit kanker rongga mulut, ada beberapa rekomendasi rumah sakit di Malaysia yang bisa jadi rujukan. Selama ini Malaysia dikenal memiliki fasilitas kesehatan standar internasional dengan biaya yang lebih terjangkau. Apabila kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi rekomendasi rumah sakit kanker terbaik di Malaysia berikut ini:

  • Mount Miriam Cancer Hospital
  • Gleneagles Penang
  • Gleneagles Kuala Lumpur
  • Sunway Medical Centre
  • Pantai Hospital Penang
  • Loh Guan Lye
  • Prince Court Medical Centre
  • Island Hospital Penang
  • Penang Adventist Hospital
  • Rumah Sakit Mahkota Melaka

Baca juga: 5 Rumah Sakit Terbaik di Malaysia Untuk Pasien Kanker

Demikian informasi yang bisa kamu simak tentang penyebab, ciri-ciri, dan langkah pencegahan serta pengobatan kanker gusi. Penting bagi kamu untuk mengetahui langkah pengobatan yang tepat sesuai dengan arahan atau petunjuk dokter demi kesehatan rongga mulut. Nah, Sahabat Qelola, untuk menjaga kesehatan tubuh selama pandemi, kamu juga bisa melakukan berbagai transaksi keuangan secara online dari rumah melalui aplikasi Qelola.

Selain bisa transfer uang dari Malaysia ke Indonesia, melalui aplikasi ini kamu juga bisa beli pulsa, serta bayar berbagai tagihan seperti listrik, air, dan BPJS. Cukup unduh aplikasi Qelola disini, dan rasakan kemudahan melakukan berbagai transaksi secara online hanya dari rumah saja.

Tags: , , , , ,