Cara Mengambil Uang di Western Union Ternyata Tidak Sulit

cara mengambil uang di western union

Kebanyakan orang mungkin sudah tidak asing dengan Western Union. Namun, ternyata masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengambil uang di Western Union. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa Western Union adalah salah satu jasa pengiriman dan penerimaan uang yang populer di dunia. Western Union sudah ada sejak 1851 silam, dan telah tersebar di seluruh negara di dunia. Cukup mudah untuk menemukan kantor atau agen Western Union di daerah tempat kita tinggal. Ada banyak Bank di Indonesia yang menjadi mitra Western Union, baik Bank Swasta, Pemerintah, hingga Bank Daerah.

Ada banyak juga agen Western Union yang tersebar luas di sepanjang nusantara. Seperti Indomaret, Alfamart, kantor pos, dan masih banyak lagi lainnya. Di Indonesia sendiri, layanan Western Union dapat dikatakan sering digunakan oleh banyak orang. Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara mengambil uang di Western Union, simak artikel ini sampai habis! 

Keunggulan Western Union

qelola 7 3 - Cara Mengambil Uang di Western Union Ternyata Tidak Sulit

sumber: freepik

Di tengah metode pengiriman uang yang didominasi transfer bank, Western Union sebetulnya layak untuk diandalkan. Karena ada banyak keuntungan jika menggunakan layanan Western Union. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kamu bisa mengirim uang tanpa rekening bank. 
  • Pengiriman uang tanpa adanya batas nominal. 
  • Jangkauan Western Union telah menembus pelosok bahkan ke luar negeri. Western Union mengklaim bahwa layanannya sudah menjangkau hingga lebih dari 200 negara di dunia. 
  • Western Union juga memiliki fitur pelacakan di situs resminya.

Cara Mengambil Uang di Western Union

qelola 9 3 - Cara Mengambil Uang di Western Union Ternyata Tidak Sulit

sumber: freepik

Bagi keluarga di Tanah Air yang mendapatkan kiriman uang dari luar negeri, tentunya informasi seputar cara mengambil uang di Western Union ini sangat penting. Ada dua tujuan mengirim uang melalui Western Union, yaitu secara langsung ke rekening atau dikirim untuk diterima tunai cash. Jika pengiriman uang dilakukan ke rekening bank, itu artinya penerima tidak perlu lagi untuk mengambil uang. Karena uangnya sudah langsung masuk ke rekening bank penerima, sehingga tinggal ditarik pakai kartu ATM atau ke teller bank.

Hanya saja, jika uang dikirim untuk diambil secara tunai, maka ada persyaratan khusus dan panduan tersendiri. Caranya sangat mudah, yairu:

1. Temukan lokasi Western Union terdekat

Jika tidak ada kantor Western Union terdekat, maka uang bisa diambil di agen atau mitra Western Union. Seperti Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, Pegadaian, BRI, Mandiri, BCA, Danamon, atau bank lokal lainnya. Hampir semua bank yang ada di Indonesia sudah bekerja sama dengan Western Union.

2. Pastikan uang sudah terkirim

Sebelum pergi mengambil uang, pastikan terlebih dahulu jika uang dari pengirim sudah dalam status terkirim dan bisa dicairkan. Ada kalanya uang sudah dikirimkan tapi masih dalam proses. Apalagi jika uang yang dikirim merupakan transaksi keuangan dari luar negeri. Untuk meyakinkan apakah uang sudah terkirim atau belum, maka ada baiknya penerima meminta kode Money Transfer Control Number (MTCN) pada pengirim uang. Melalui kode MTCN tersebut, kiriman uang Western Union dapat dicek secara online. Selain itu, Kode MTCN ini juga wajib diserahkan kepada petugas saat ingin mengambil uang. Petugas tinggal mencocokkan kode MTCN dengan identitas penerima dan uang akan segera dicairkan.

3. Ikuti proses pencairan uang secara urut

Siapkan KTP dan informasi pengiriman. Setibanya di kantor Western Union, katakan kepada petugas terkait keperluan mengambil uang kiriman. Maka petugas akan memberikan sebuah formulir penerimaan uang. Formulir tersebut harus diisi dengan benar dan lengkap. Petugas kemudian akan mencocokkan informasi di formulir, kartu identitas serta pengiriman dalam database mereka. Tunggu proses pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas Western Union yang biasanya berlangsung beberapa menit.  Jika sudah valid, maka petugas akan memberikan uang kiriman tersebut secara tunai.

Baca juga: Kirim Uang Ke Luar Negeri? Pastikan Hal Berikut Sebelum Bertransaksi!

Penting untuk diketahui, bahwa pihak penerima uang tidak akan dikenakan biaya penerimaan uang karena sudah ditanggung sepenuhnya oleh pihak pengirim. Demikianlah informasi seputar cara mengambil uang di Western Union yang perlu diketahui. 

Selain melalui Western Union, para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia juga bisa kirim uang ke Indonesia pakai layanan Qelola. Qelola memiliki fitur lengkap yang bisa dimaksimalkan. Tidak hanya kirim uang antar negara, tapi pengguna Qelola juga bisa beli pulsa, paket data internet, token PLN, hingga bayar berbagai macam tagihan. Aplikasi Qelola ini sangat cocok digunakan para PMI di Malaysia untuk mengelola penghasilan mereka secara lebih mudah. Ingat, bijak dalam mengelola keuangan merupakan kunci keberhasilan menjadi PMI atau TKI. Jangan sampai, gaji yang didapatkan selama bekerja di Malaysia habis begitu saja. Untuk mencari tahu informasi selengkapnya seputar Qelola, langsung saja unduh aplikasinya di sini! Setelah itu, segera lakukan pendaftaran akun.

Tags: , ,