Kirim Uang ke Luar Negeri Anti Ribet, Begini Caranya

kirim uang ke luar negeri

Hingga kini, sudah banyak hasil riset yang membuktikan bahwa peningkatan jumlah pekerja dan pelajar dari Indonesia yang bekerja atau bersekolah di luar negeri cukup signifikan. Apakah Anda termasuk di antaranya? Dengan adanya data tersebut, kebutuhan terhadap komunikasi internasional hingga pengiriman uang lintas negara juga meningkat seiring bertambahnya masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri, seperti di Malaysia. Untuk memenuhi kebutuhan khususnya yang berkaitan dengan transfer atau kirim uang ke luar negeri, sebenarnya juga sudah ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Mulai dari yang konservatif sampai dengan cara yang lebih modern. Berikut ini ada 5 cara kirim uang ke luar negeri yang perlu Anda pahami.

Baca juga: Kirim Uang ke Luar Negeri Gratis? Simak Informasinya Berikut Ini

1. Western Union

Melakukan transfer atau kirim uang ke luar negeri dengan Western Union adalah cara yang paling umum dipilih oleh sebagian besar orang. Western Union memang cukup mudah ditemui. Alasan lainnya kenapa Western Union populer di kalangan masyarakat adalah karena jasa transfer uang yang ditawarkan terbilang tidak terlalu mahal. Selain itu, kirim uang melalui Western Union tidak memerlukan rekening, dan tidak ada batasan minimum transfer. 

Untuk melakukan transfer atau kirim uang melalui Western Union, Anda perlu mendatangi agennya terlebih dahulu. Pastikan Anda membawa identitas diri yang masih berlaku. Selain itu, Anda juga perlu memenuhi beberapa persyaratan untuk melengkapi formulir pengiriman uang. Besaran biaya yang dibutuhkan dalam melakukan jasa transfer atau kirim uang cukup beragam. Biasanya akan disesuaikan dengan jumlah yang akan dikirimkan. Mulai dari range yang paling kecil, yaitu Rp 45.000 untuk nominal pengiriman Rp 100.00 hingga Rp1.000.000, Rp 90.000 untuk nominal pengiriman Rp2.000.000 hingga Rp10.000.000, dan seterusnya.

Sebagian orang yang memilih metode transaksi kirim uang ke luar negeri dengan menggunakan Western Union, langkah-langkahnya adalah seperti berikut ini:

  • Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi formulir aplikasi untuk mengirim uang yang diberikan oleh pihak Western Union. 
  • Setelah mengisi formulir aplikasi tersebut, Anda bisa menyerahkannya disertai dengan tanda bukti data diri yang masih berlaku, seperti KTP/SIM/Passport ke petugas Western Union. Hal ini dilakukan demi keamanan transaksi pengiriman kepada pihak penerima. Selain itu juga agar pihak Western Union dapat menghubungi Anda jika terjadi suatu kendala. 
  • Setelah Anda selesai mengisi formulir aplikasi, maka Anda harus membayar biaya pengiriman uang agar uang Anda bisa langsung dikirim atau ditransfer dengan cepat ke pihak penerima.
  • Yang terakhir, setelah Anda melakukan transaksi, maka Anda bisa langsung mengkonfirmasikan data pengiriman kepada pihak penerima. Seperti data berupa nama pengirim, nominal uang yang dikirimkan, nama negara asal, serta kode referensi untuk transfer atau kirim uang.

2. Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

kirim uang ke luar negeri 1 - Kirim Uang ke Luar Negeri Anti Ribet, Begini Caranya

Selain melalui Western Union, Anda juga bisa melakukan transfer atau kirim uang ke luar negeri melalui fasilitas ATM yang Anda miliki. Langkah-langkahnya adalah:

  • Pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mencari tahu kode SWIFT bank yang Anda tuju. Kode ini bisa Anda dapatkan dari pihak bank lokal yang Anda gunakan. Meskipun cara ini terlihat mudah, namun sebenarnya memiliki risiko yang cukup besar kalau tidak teliti dalam menginput nomor rekening dan nomor referensi dengan tepat. Anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati, sebab jika salah sedikit saja, Anda bisa mengalami kerugian yang besar akibat salah transfer ke rekening orang lain.
  • Selanjutnya, masukkan kode dan nomor rekening bank tujuan seperti yang tertera di layar mesin ATM. Pastikan Anda memasukkan nomor rekening dan nomor referensi dengan benar, agar transaksi pengiriman uang bisa berjalan dengan lancar.
  • Terakhir, simpan slip atau bukti transfer dengan baik, agar Anda memiliki pegangan jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan atau hambatan dalam transaksi yang telah dilakukan. 

3. Transfer Bank

kirim uang ke luar negeri 2 - Kirim Uang ke Luar Negeri Anti Ribet, Begini Caranya

Sebenarnya transfer melalui Bank to Bank tidak berbeda dengan cara sebelumnya. Transaksi antar bank ini juga memiliki sistem yang serupa dengan transfer menggunakan fasilitas ATM. Perbedaannya hanya terletak pada penggunaan alat transfernya saja. Dalam kata lain, transfer Bank to Bank dilakukan melalui teller, sehingga Anda perlu datang ke bank terlebih dahulu. Sebelum Anda melakukan transfer atau kirim uang ke luar negeri menggunakan bank, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan bank yang Anda gunakan tidak memiliki jaringan global, sehingga tidak terhalang karena keterbatasan area tertentu. 
  • Perhatikan kurs yang digunakan. Karena pengiriman uang yang akan Anda lakukan ke luar negeri pasti akan ada hubungannya dengan kurs. 
  • Perhatikan mata uang yang digunakan oleh bank. Pihak bank bisa saja memiliki kebijakan tersendiri soal mata uang yang digunakan ke negara tujuan Anda mengirim uang. 
  • Selain itu, perhatikan pula biaya pengiriman. Masing-masing bank biasanya memiliki kebijakan tersendiri tentang biaya pengiriman dan biasanya bank akan memberikan biaya yang cukup besar untuk transfer atau kirim uang ke luar negeri. 

4. Aplikasi Qelola

kirim uang ke luar negeri 3 - Kirim Uang ke Luar Negeri Anti Ribet, Begini Caranya

Aplikasi Qelola hadir dilengkapi fitur lengkap  untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan. Qelola merupakan sebuah sistem pembayaran elektronik yang menggantikan transaksi konvensional. Dengan Qelola, diibaratkan Anda mempunyai rekening secara online yang dapat Anda gunakan untuk kirim uang ke luar negeri, bayar tagihan, membeli produk seperti pulsa, paket data, listrik prabayar, dan lainnya.

Lalu, apa yang membuat Qelola perlu Anda coba? Anda dapat mengakses akun di mana dan kapan saja. Pengiriman uang melalui aplikasi Qelola dapat dilakukan dengan cepat, dan biaya yang dikenakan juga terbilang rendah. Anda cukup mengisi kolom transfer yang tersedia dan melakukan proses transfer tersebut dengan mudah melalui smartphone pribadi Anda. Namun, ketika Anda mengirimkan sejumlah dana melalui Qelola, pastikan Anda memiliki sejumlah saldo di dalam rekening Qelola tersebut. Anda dapat melakukan top up dana dengan mudah, dengan cara transfer ke rekening atau virtual account Qelola di bank yang Anda pilih. Daftarkan diri Anda sekarang juga di aplikasi Qelola, unduh aplikasinya di sini!

Tags: , , , , , ,