4 Destinasi Wisata Alam Kota Belud dan Aktivitas Serunya

kota belud - 4 Destinasi Wisata Alam Kota Belud dan Aktivitas Serunya

Kota Belud adalah ibu kota Distrik di Divisi Pantai Barat Sabah, Malaysia. Populasinya diperkirakan sekitar 8.392 pada tahun 2010. Itu kira-kira di titik tengah jalan raya federal yang menghubungkan ibu kota negara bagian, Kota Kinabalu, dan Kudat, dekat ujung utara Sabah. Kota ini dianggap sebagai ibu kota tidak resmi dan pintu gerbang ke jantung masyarakat Pantai Barat Bajau.

Penduduk Kota Belud terbagi antara orang Bajau-Sama, Dusun dan Illanun. Ada minoritas Tionghoa, yang sebagian besar terdiri dari Hakka. Terkenal karena pasar terbukanya, atau tamu, yang diadakan setiap hari Minggu. Setahun sekali, tamu diadakan dalam skala yang jauh lebih besar. Selama ini, dikenal sebagai Tamu Besar atau Grand Market.

Ingin tahu apa saja destinasi wisata alam dan beragam kegiatannya? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Mantanani Island

mantanani island 700x393 - 4 Destinasi Wisata Alam Kota Belud dan Aktivitas Serunya

sumber : unsplash

Istilah ‘surga penyelam’ mungkin terdengar basi, tetapi Pulau Mantanani persis seperti itu dan memiliki banyak lagi keindahan. Saat kamu terjun ke dunia bawah laut Mantanani, kamu akan terpesona oleh ikan berwarna neon dalam pusaran yang indah. Clownfish menggemaskan bermain petak umpet di tengah anemon laut, karang jari berwarna cerah melambai, dan taman luas terumbu karang hidup, adalah pemandangan umum keindahan bawah laut pulau Mantanani.

Setiap situs menyelam di Mantanani menawarkan sesuatu yang unik. Bagi penggemar fotografi bawah air, pemandangannya benar-benar sempurna dan memiliki visibilitas yang sangat baik.

Setelah seharian menyelam, snorkelling, atau berkayak, duduk dan manjakan mata kamu dengan lapisan rona oranye yang indah menembus awan saat matahari terbenam.

Usukan Cove

usukan cove 700x467 - 4 Destinasi Wisata Alam Kota Belud dan Aktivitas Serunya

sumber : pexels

Salah satu kegiatan paling menarik yang bisa dilakukan selama perjalanan ke Usukan Cove adalah memancing. Kamu dapat membawa kembali tangkapanmu untuk dimasak  makan malam; jika tidak, melepaskan ikan kembali ke laut akan menjadi pilihan yang baik juga. Bagi para pencari petualangan, pilihlah penyelaman santai atau snorkeling untuk melihat berbagai kekayaan alam yang meliputi terumbu karang yang indah dan kehidupan laut yang beragam.

Untuk bersantai di sore yang malas, ikuti pelayaran menyusuri Sungai Kawa Kawa di mana kamu dapat duduk dan menikmati pemandangan lucu bekantan di harem, kera ekor panjang berayun dari pohon ke pohon, dan melihat beberapa spesies burung langka.

Tegudon Tourism Village

Tempat perkemahan dan Desa Wisata Tegudon (TTV), sekitar 15 km dari kota ‘Koboi’ atau 1,5 jam berkendara dari Kota Kinabalu adalah salah satu yang paling banyak dikunjungi dan banyak difoto berkat pemandangannya yang indah.

Untuk mencapai tempat ini, kamu dapat memilih untuk naik Bus Ekspres (Bas Ekspres) dari Terminal Bus Terminal di Jalan Padang, Bandaran Berjaya. Waktu keberangkatan akan dari 8.30 sampai 14.00 dengan perkiraan biaya RM10.00. Setelah mencapai kota Kota Belud atau tempat pemberhentian taksi, cari taksi dan pergi ke Desa Tegudon yang berjarak sekitar 30 menit berkendara dari kota. Kondisi jalan yang beraspal juga memudahkan para wisataan yang membawa kendaraan sendiri untuk mencapai tujuan dan parkir di pondok atau tempat perkemahan masing-masing.

Pengunjung dapat mendirikan kemah mereka sendiri atau menyewa dari pusat TTV. Mereka yang mencari ruang lebih luas dapat menyewa pondok dasar. Meskipun kamu mungkin membawa makanan sendiri dan peralatan memasak selama berkemah, komunitas TTV juga dapat menyiapkan makanan yang dimasak untuk masa inap. Kamu bisa melakukan reservasi setidaknya 3 hari sebelumnya. Ada juga toko kecil yang menyediakan beberapa makanan ringan dan kebutuhan dasar jika ada barang yang lupa di bawa saat berkemas.

Selama di TTV, pengunjung dapat mendaftar untuk hiking dengan pemandu lokal ke Bukit Bendera dan Air Terjun Wasai. Bukit Bendera akan memberikan  pemandangan yang menyenangkan dari medan berbukit yang didukung dengan pemandangan Gunung Kinabalu yang menakjubkan dari sudut pandang lain. Jika Air Terjun Wasai tidak bisa meyakinkan kamu untuk berendam, air yang sejuk namun menyegarkan dari Sungai Wariou yang mengalir tidak akan pernah terlewatkan. Bahkan di siang hari yang panas, airnya tetap sejuk dan menyegarkan.

Biasanya di TTV kamu dapat melihat orang-orang menghabiskan waktu duduk di sungai berbatu main-main saling memercikkan air. Sementara beberapa orang bermalas-malasan di tabung karet besar. Baik saat matahari terbit, tengah hari, matahari terbenam, dan malam hari, pemandangan dinamis kawasan ini selalu begitu mengesankan. Pada malam hari, langit cerah menampakkan jutaan bintang. Para pekemah dapat menikmati bintang yang mempesona dari seluruh dunia.

Jika kamu berencana untuk berkunjung, disarankan untuk reservasi terlebih dahulu untuk pengaturan dan ketersediaan tempat perkemahan.

Nohutu Eco Tourism Village

Selamat berkemah di salah satu perkemahan terbaik Kota Belud. Terletak di sebelah Sungai Panataran, tempat ini menawarkan pemandangan pedesaan yang megah, dengan lapisan siluet perbukitan yang terlihat, sekilas Gunung Kinabalu yang ikonik dan air dingin berbentuk kristal tanpa dasar dari gunung. Pemandangan terbaik untuk diantisipasi adalah saat dini hari dan sore hari. Pada hari yang cerah, tamu bahkan dapat melihat 3 puncak gunung yang menonjol – Gunung Kinabalu, Gunung Nungkok dan Gunung Nopungguk dari jauh.

The Nohutu Eco-Tourism menawarkan beberapa pilihan akomodasi. Ada gubuk bambu dan hobbit lengkap dengan kasur dan selimut untuk membuat Anda tetap nyaman sepanjang malam. Atau bagi mereka yang siap menghadapinya, tenda berkemah tersedia untuk disewa. Namun, dengan fasilitas kamar mandi umum yang dipisahkan berdasarkan jenis kelamin.

Untuk bersantai, pengunjung bebas untuk menikmati sekitar perkemahan. Mandi di sungai, bersantai di tempat tidur gantung, merencanakan pesta barbekyu, atau menjelajahi lingkungan sekitar. Jembatan gantung yang ikonik hanya beberapa meter jauhnya dari tempat tersebut. Biasanya banyak  fotografer dan pengunjung yang menantikan untuk mengambil foto terbaik daerah tersebut dari atas jembatan terutama saat Gunung Kinabalu terlihat.

Bagaimana? Sudah tahu akan berwisata ke mana saja selama liburan di Kota Belud Malaysia? Agar liburan kamu tetap menyenangkan dan tidak ribet mengelola keuangan, kamu bisa menggunakan layanan keuangan Qelola sebagai solusinya. Dengan berbagai fitur menarik seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta multi-billing payment, pengelolaan keuanganmu khususnya dalam pengiriman uang dan pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia akan semakin mudah. Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengisian saldo untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari setiap fiturnya

 

Tags: , , , , , , , , , ,