Tabungan Masa Depan Terbaik! Simak Jenis dan Tipsnya

rencana tabungan masa depan

Tabungan masa depan bisa kamu miliki dengan banyak perencanaan matang dan persiapan. Kebiasaan menabung menjadi pelajaran mendasar yang harus kamu pahami. Pada beberapa orang, menabung menjadi hal yang cukup sulit. Hal ini terjadi karena banyak faktor, bisa jadi gaji yang kecil namun harus mencukupi banyak hal dan masalah-masalah keuangan lainnya. Berikut ini, beberapa jenis tabungan yang cocok untuk kamu miliki di masa depan dan juga tips supaya kamu konsisten menabung, penasaran? Simak!

Jenis Tabungan

Tabungan Dana Darurat

Memiliki perencanaan keuangan salah satunya dengan memikirkan tabungan masa depan dengan adanya dana darurat. Dana darurat penting untuk bisa kamu gunakan ketika ada kebutuhan mendadak yang harus tercukupi seperti pengobatan, musibah, rumah rusak, mobil rusak, kematian dan terkena PHK. Besaran nominal dana darurat pada masing-masing orang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan target finansial mereka. Paling ideal dana darurat yang harus kamu miliki adalah 3 -6 kali besaran kebutuhan setiap bulan. Pemilihan instrumen yang tepat untuk dana darurat memiliki beberapa syarat, yaitu mudah dicairkan, berjangka pendek, dan imbal hasil tetap menarik.

Tabungan Pendidikan Anak

pendidikan anak unsplash 700x467 - Tabungan Masa Depan Terbaik! Simak Jenis dan Tipsnya

sumber: Unsplash.com

Berencana memiliki anak tentu membutuhkan biaya dan perhitungan yang matang dari orang tua. Tabungan pendidikan anak adalah salah satu tabungan masa depan yang bisa kamu rencanakan bahkan ketika belum menikah. Biaya pendidikan yang semakin meningkat membuat para orang tua harus benar-benar memperhitungkan segala hal. Setidaknya, peningkatan biaya pendidikan di Indonesia saja bisa mencapai 20 persen pertahun. Pada jenjang perguruan tinggi swasta, bisa mencapai 40 persen bahkan setiap tahunnya. Ada banyak pilihan untuk bisa menyisihkan pengeluaran yang kamu alokasikan sebagai tabungan pendidikan anak, yaitu jenis tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan.

Tabungan Berjangka

Salah satu jenis tabungan masa depan yang bisa kamu pilih adalah tabungan berjangka atau TAKA. Jenis tabungan ini memiliki batasan pada penarikan uang tunai yang tidak bisa kamu ambil sewaktu-waktu. Sesuai namanya, maka kamu sebagai nasabah harus menabung dengan konsisten sesuai kesepakatan waktu tertentu. Kamu bisa menarik uang yang kamu tabungkan ketika jatuh tempo. Durasi jatuh tempo berbeda-beda sesuai ketentuan pihak bank yang umumnya mulai dari 6 bulan hingga 25 tahun.

TAKA cocok untuk kamu yang sedang belajar memulai tabungan masa depan. Hal ini karena kamu bisa menyisihkan uang sebelum habis sehingga membentuk konsistensi dan kedisiplinan menabung. Cara paling mudah untuk bisa konsisten menabung adalah memanfaatkan fitur autodebet. Fitur ini memungkinkan kamu menabung secara otomatis dari tabungan ke rekening tabungan berjangka sehingga uangmu akan terpotong secara langsung untuk tersisihkan.

Tabungan Hari Tua

hari tua unsplash 700x467 - Tabungan Masa Depan Terbaik! Simak Jenis dan Tipsnya

sumber: Unsplash.com

Persiapkan tabungan hari tua ketika kamu masih muda! Hal ini supaya ketika tua kamu tak perlu pusing dan tak tergantung pada anak dengan kebutuhan finansial. Tabungan hari tua atau dana pensiun adalah tabungan masa depan yang bisa kamu rencanakan mulai dari sekarang. Kamu tak pernah tahu bagaimana kondisi ekonomi nanti ketika sudah tua terutama ketika tidak produktif lagi. Persiapkan dana pensiun dengan membuka rekening pada lembaga keuangan terpercaya. Lakukan perhitungan jumlah dana yang kamu butuhkan ketika tua nanti. Kamu perlu memperhatikan peningkatan keuangan dan risiko keuangan yang lain agar tabunganmu tetap aman sampai saatnya tiba sehingga kamu bisa menikmati manfaatnya.

Tips Menabung

tips pexels 1 700x467 - Tabungan Masa Depan Terbaik! Simak Jenis dan Tipsnya

sumber: Pexels.com

Mencapai target finansial memerlukan beberapa strategi yang sesuai dengan dirimu. Berikut ini beberapa tips menabung untuk mempermudah hidupmu dan rencana finansialmu untuk tabungan masa depan!

Autodebit

Gunakan fasilitas autodebit jika kamu memiliki rencana untuk memisah uang tabungan dengan uang sehari-hari. Fasilitas ini memberikan kemudahan karena tak perlu repot-repot memindah uang secara manual. Jika sudah menggunakannya, maka kamu tidak akan merasakan beratnya menabung, karena secara langsung uang sudah terpotong tanpa takut lupa.

Sisihkan

Tabung dulu baru gunakan sisanya, ingat jangan terbalik. Jika kamu fokus untuk menabung, maka kamu harus menyisihkan uang dulu untuk masuk ke rekening baru menggunakan sisanya untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Juga, selalu sisihkan ketika kamu mendapat tambahan uang atau bonus di luar gaji. Bisa jadi gaji ke-13 atau bonus prestasi kerja yang kamu dapat. Biasanya, orang akan tergoda untuk membelanjakan uangnya ketika mendapatkan uang tambahan. Namun, hal ini bisa jadi boomerang pada tabunganmu karena habis untuk pembelian konsumtif. Kamu bisa menyisihkan 50 persen untuk masuk ke tabungan dan kamu simpan.

Target

Menabung adalah kegiatan pendisiplinan diri dan melatih konsistensi kamu untuk mencapai tujuan. Buat perencanaan dengan menetapkan target yang jelas dan hitungan per bulan besaran uang yang harus kamu tabung serta jangka waktu kamu akan mencapai hal tersebut. Target yang jelas membuatmu nyaman untuk melakukannya secara konsisten, apalagi jika kamu memiliki support system yang baik. Semakin sering kamu menyisihkan uang, maka tujuanmu akan cepat tercapai.

Rekening Terpisah

Pisahkan rekening yang kamu pakai untuk keperluan sehari-hari dengan tabungan. Hal ini agar keuanganmu bisa tetap aman sehingga tujuan finansialmu bisa tercapai. Pemisahan rekening bisa mengamankan keuanganmu dari kemungkinan pengeluaran yang implusif atau tiba-tiba.

Manfaatkan Diskon

Jika kamu suka berbelanja, maka kamu pasti tidak melewatkan moment diskon atau promo cashback. Manfaatkan kesempatan mendapatkan promo untuk bisa bantu kamu menabung lebih banyak. Hal ini sangat bagus untuk mendukung program menabungmu agar cepat melimpah. Adanya potongan harga membuat kamu bisa mengalokasikan dan menyisihkan sisa uang yang kamu gunakan untuk berbelanja agar bisa masuk ke rekening tabungan.

Investasi

Lakukan diversifikasi tabungan dengan membuka rekening investasi supaya uang yang kamu miliki bisa berkembang. Investasi memungkinkan kamu memiliki nilai uang yang terus naik karena dikelola untuk berkembang. Sesuaikan instrumen investasi sesuai kebutuhan dan pengetahuanmu agar tidak terjebak pada investasi bodong dan penipuan.

Manfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan transaksi pembayaran selama berada di Malaysia dan kamu bisa menikmati layanan kirim uang keluar negeri tanpa tambahan biaya. Cara mendapatkannya? Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, tinggal menikmati beragam fasilitasnya yang memudahkan kebutuhan finansialmu. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi untuk kebutuhanmu belajar terkait TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,