Bekal di Hari Tua, Ini Manfaat dan Cara Mengumpulkan Dana Pensiun Bagi TKI

dana hari tua

Dana pensiun merupakan hal penting yang harus dipikirkan karena ada banyak manfaatnya di hari tua nanti. Pengertian dana pensiun adalah lembaga atau badan hukum yang mengelola program pensiun yang dimaksudkan untuk memberikan kesejahteraan kepada karyawan suatu perusahaan terutama bagi yang telah pensiun.

Rata-rata orang akan pensiun di usia berkisar 50-60 tahun. Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pun bisa mengumpulkan dana pensiun sejak dini sehingga di masa tua tinggal menikmati kebahagiaan. Seseorang yang memasuki masa pensiun berhak mendapatkan uang pensiun dari tempat bekerja, apalagi sudah bekerja selama bertahun-tahun sampai di akhir masa pensiun.

Manfaat

Ketika sudah tua nanti, tentunya tidak bisa bekerja seperti saat masih di usia produktif. Pensiun adalah kondisi di saat waktunya berhenti bekerja karena memasuki usia pensiun. Dana pensiun pun penting dimiliki untuk menunjang kebutuhan hidup dan memberikan jaminan saat sudah tidak lagi bisa bekerja. Ada dua manfaat dana pensiun, yakni sebagai penyambung hidup di masa tua (bekal hidup). Sedangkan, manfaat kedua sebagai pengeluaran untuk modal usaha di masa pensiun.

Orang-orang yang telah bekerja di suatu perusahaan berhak mendapatkan dana pensiun. Besaran dana pensiun yang diterima tersebut tergantung dari besarnya iuran, masa kerja, dan hasil pengembangan dana itu. Namun, ada juga pekerja yang memikirkan dana pensiun sendiri demi hari tua yang bahagia. Belum tentu yang pensiun yang disiapkan perusahaan tempat bekerja dapat memenuhi kebutuhan di masa tua. Kamu pun perlu menyiapkannya sendiri untuk berjaga-jaga dan menjadi tambahan.

Ketika punya persiapan uang atau dana khusus dapat berjaga-jaga untuk situasi seperti:

  • Berhenti bekerja karena berakhirnya jangka waktu perjanjian kerja, termasuk gagal berangkat dan gagal ditempatkan
  • Mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)
  • Meninggal dunia
  • Cacat
  • Kecelakaan kerja
  • Menjadi Warga Negara Asing (WNA)
mengumpulkan dana 700x413 - Bekal di Hari Tua, Ini Manfaat dan Cara Mengumpulkan Dana Pensiun Bagi TKI

Sumber: Pixabay

Bagaimana Cara Mengumpulkan Mengumpulkanya?

Banyak orang salah paham dan melakukan persiapan ketika sudah mendekati waktunya. Padahal waktu paling ideal untuk mempersiapkannya adalah sedini mungkin. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa tua nanti. Barang kali pengeluaran akan lebih tinggi dibandingkan saat usia produktif seperti biaya kesehatan, pengobatan yang tak terduga. Padahal, saat sudah pensiun tak ada lagi pemasukan besar secara rutin yang diterima.

Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk mengumpulkan dana masa pensiun. Meskipun masih muda dan baru menerima gaji pertama, hal ini harus dipikirkan untuk 20 hingga 30 tahun ke depan. Bagaimana cara mengumpulkan dana pensiun bagi TKI maupun para pekerja?

  • Menabung

Kamu dapat menabung di bank untuk mengumpulkan dana tersebut. Cari tahu informasi dari berbagai bank yang menyediakan program dana pensiun. Namun, kamu juga bisa memilih program tabungan terencana yang per bulannya akan langsung otomatis dipotong dari rekeningmu. Kamu bisa memilih kapan uang ini akan cair, misalnya 10 tahun, 15 tahun, ataupun 20 tahun. Setiap bank pastinya memiliki prosedur dan ketentuan sendiri. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan sesuai budget. Kamu juga bisa memilih deposito untuk menyiapkan uang ketika sudah pensiun nanti.

  • Investasi

Semakin awal mempersiapkannya maka kamu juga akan bisa menuai hasil dengan maksimal. Jangan menunggu baru mapan kemudian mulau berinvestasi. Kamu perlu melakukan investas agar menjadi mapan. Lakukanlah sedini mungkin menentukan tujuan untuk investasi sehingga ketika sudah lanjut usia tinggal menikmati hasil yang telah dikumpulkan bertahun-tahun.

Jika tidak ingin membebani anak-anak saat sudah lansia, maka investasi ini dilakukan sejak masih usia produktif. Misalnya, ingin jalan-jalan, umrah, liburan ke luar negeri, dan lainnya. Pilih investasi seperti emas, properti, tanah, reksa dana, obligasi dan lainnya.

tabungan masa depan 700x396 - Bekal di Hari Tua, Ini Manfaat dan Cara Mengumpulkan Dana Pensiun Bagi TKI

Sumber: Pixabay/Nattanan Kanchanaprat

  • Asuransi Jiwa

Kamu pun bisa memilih cara mengumpulkan bekal di masa tua lewat asuransi jiwa untuk pensiun. Jangan sampai saat hari tua nanti merasa tidak punya apa-apa. Kebahagiaan di hari tua merupakan impian setiap orang, tidak punya hutang tapi justru punya tabungan. Masa-masa lansia menjadi menyenangkan dan asyik. Oleh karenanya, perlu dipersiapkan finansial di masa tua agar tidak membenani anak-anak.

Tabungan pensiun penting dimiliki sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan setelah tidak bekerja lagi. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi saat bekerja, bisa jadi risiko kecelakaan, PHK, apalagi di situasi pandemi memiliki asuransi yang bisa melindungi keuangan dan finansial aman di hari tua. Carilah informasi asuransi yang dapata membantumu menyiapkan keuangan yang aman. Ada banyak asuransi jiwa untuk pensiun, cari tahu keuntungan, risiko, sistem pembayaran dan lainnya.

Sementara itu, untuk memudahkan aneka transaksi keuangan sepert transfer uang dari Malaysia ke Indonesia gunakanlah aplikasi Qelola. Kamu pun bisa membayar tagihan BPJS, air, listrik dan lainnya. Aplikasi Qelola yang memberikan banyak kemudahan dengan banyak fitur menarik. Segera unduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store dan segera nikmati manfaatnya. Kamu pun dan mencari tahu informasi lebih lanjut tentang Qelola langsung di website resminya.

Tags: , , , , , ,