Wajib Tahu! Inilah 3 Perencanaan Keuangan Penting Bagi TKI

EP 4 3 - Wajib Tahu! Inilah 3 Perencanaan Keuangan Penting Bagi TKI

Pengetahuan mengenai perencanaan keuangan yang baik sangat penting dimiliki oleh para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja di luar negeri. Selama ini masih banyak TKI belum mengetahui pentingnya perencanaan keuangan. Seringkali mereka menggunakan pendapatannya untuk kebutuhan sehari-hari, mengirim uang kepada keluarga di Indonesia, dan memenuhi kebutuhan gaya hidup seperti membeli pakaian, sepatu, dan tas,

Keterbatasan pengetahuan akan perencanaan keuangan serta jasa layanan dan produk keuangan formal merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh para TKI dan keluarganya. Mereka umumnya memiliki akses informasi yang terbatas tentang produk finansial yang ada baik untuk mengirim, menabung atau menginvestasikan uangnya setelah kembali ke Indonesia. Ironisnya setelah berangkat, TKI umumnya akan menggantungkan perencanaan keuangan pada keluarganya yang akan menerima kiriman uang. Pengetahuan yang terbatas dan perencanaan keuangan yang buruk pada TKI ataupun keluarganya pada akhirnya menyebabkan penghasilan yang didapat oleh TKI tidak mampu meningkatkan kesejahteraan mereka secara signifikan.

Oleh karena itu, para TKI perlu untuk mendapatkan pengetahuan bagaimana merencanakan keuangan yang tepat. Dengan edukasi keuangan yang baik, maka para TKI akan mampu mengembangkan usaha dan berkarya setelah mereka kembali ke Indonesia. Di sini kami mencoba memberikan edukasi perencanaan keuangan yang bisa Anda pelajari, diantaranya adalah:

  1. Menetapkan Sasaran Keuangan

coins currency investment insurance 128867 - Wajib Tahu! Inilah 3 Perencanaan Keuangan Penting Bagi TKI

Sasaran keuangan bekerja di luar negeri adalah memperoleh hasil yang diharapkan dari bekerja di luar negeri. Menetapkan sasaran keuangan akan mendorong Anda untuk mengendalikan pola hidup sehari-hari dan dapat mewujudkan mimpi Anda dengan hasil yang Anda dapatkan saat bekerja di luar negeri. Dalam menetapkan sasaran keuangan, hal yang pertama kali harus Anda lakukan dalam tahun pertama adalah menetapkan jumlah tabungan yang akan dicapai. Tahun kedua dan ketiga, sasaran ditetapkan sesuai dengan rencana, misalnya menabung untuk memulai usaha, memperbaiki rumah, membangun rumah, membeli rumah atau menabung untuk naik haji. Semua sasaran keuangan harus sudah terperinci secara detail.

  1. Membuat Anggaran

pexels photo 209224 - Wajib Tahu! Inilah 3 Perencanaan Keuangan Penting Bagi TKI

Untuk acuan dalam perencanaan keuangan, membuat anggaran adalah hal yang penting agar Anda tetap fokus pada upaya mencapai sasaran keuangan yang telah ditetapkan. Anda harus benar-benar bisa membedakan mana kebutuhan yang harus segeran dipenuhi dan mana keinginan yang bisa ditunda. Dalam membuat anggaran ada tahapan-tahapan yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan:

  • Menetapkan target, misalnya untuk anggaran bulanan atau anggaran untuk keluarga di Indonesia.
  • Menentukan sumber pemasukan, seperti pemasukan utama Anda dan pemasukan tambahan jika ada.
  • Menentukan pengeluaran. Anda harus membuat anggaran mengenai pengeluaran rutin dan pengeluaran tidak rutin Anda dan menyusunnya berdasarkan tingkat kepentingannya, mulai dari kebutuhan hingga keinginan.
  • Menghitung saldo. Anda harus selalu menghitung saldo Anda dengan menghitung pemasukan dikurangi dengan pengeluaran.

Dalam membuat anggaran, Anda harus tetap konsisten dengan anggaran yang telah dibuat. Bawa uang tunai secukupnya, hindari gaya hidup konsumtif dengan cara fokus pada kebutuhan saja dan bukan pada keinginan.  Lakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran secara rutin dan melakukan pengecekan setiap akhir minggu atau akhir bulan.

  1. Merencanakan Tabungan

Untitled design33 - Wajib Tahu! Inilah 3 Perencanaan Keuangan Penting Bagi TKI

Merencanakan tabungan sangat penting dalam perencanaan keuangan bagi calon TKI. Ini diperlukan untuk memudahkan dalam mencapai sasaran keuangan bekerja di luar negeri dan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Buatlah rencana tabungan secara terperinci. Misalkan Anda akan menabung untuk membayar hutang, untuk modal usaha atau untuk membeli tanah. Anda harus menghitung mengenai jumlah uang yang dibutuhkan, lama waktu menabung dalam mencapai target yang ditentukan, serta jumlah tabungan yang dibutuhkan setiap bulannya. Untuk perencanaan tabungan, Anda dapat menggunakan layanan bank.

Ada beberapa jenis tabungan yang bisa Anda ikuti, seperti tabungan umum, tabungan berencana, dan tabungan berjangka atau deposito. Untuk tabungan umum, jenis tabungan ini bisa disetor kapan saja, dalam jumlah berapa saja, dan dapat diambil kapan saja. Namun untuk tabungan berencana dapat disetor pada waktu tertentu, dalam jumlah tertentu dan diambil pada tanggal jatuh tempo. Sedangkan untuk tabungan berjangka atau deposito, dapat disetor sekaligus dan hanya dapat diambil pada tanggal jatuh tempo. Anda dapat memilih jenis tabungan sesuai dengan sasaran keuangan Anda. Namun untuk tabungan umum yang sewaktu-waktu Anda gunakan untuk membayar kebutuhan rutin seperti membayar tagihan listrik atau mengirim uang, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk memudahkan pembayaran tanpa biaya yang mahal.

Dengan menginstal aplikasi Qelola, Anda tidak hanya bisa mendapat layanan transfer antar negara saja, melainkan juga layanan deposito atau reksa dana untuk perencaanaan keuangan Anda. Satu lagi yang perlu diingat dalam menyusun rencana tabungan dan anggaran ini. Anda harus benar-benar menetapkan sasaran keuangan bekerja di luar negeri yang akan berpengaruh pada nilai jumlah tabungan per bulan. Anda juga dapat mencari pemasukan tambahan untuk meningkatkan jumlah pemasukan Anda dengan bekerja paruh waktu atau membuka usaha sampingan.

Tags: , , , , , , , , ,