Kerja Sendiri atau Kerjasama? Ini 6 Perbedaannya!

kerja sendiri

Saat melakukan wawancara kerja, kamu mungkin pernah mendapat pertanyaan apakah lebih nyaman kerja sendiri atau kerja dalam tim. Tidak ada jawaban benar atau salah dalam menafsirkan jawaban yang kamu pilih. Hanya saja, dari sini pihak HRD atau perekrut bisa mengetahui karakter dari para calon karyawannya. Kerjasama tim kerap kali dibutuhkan saat bekerja dalam perusahaan daripada bekerja secara individual.

Pekerjaan yang digarap secara bersama-sama umumnya akan lebih cepat selesai karena melibatkan banyak orang. Akan tetapi tidak semua orang mampu bekerjasama dalam tim karena adanya standar yang tinggi pada diri orang tersebut. Jika kamu adalah tipikal orang yang suka kerja sendiri, beberapa keuntungan dari kerjasama tim berikut ini mungkin bisa membuat pikiran kamu lebih terbuka.

Perbandingan Hasil Kerja Sendiri dan Kerja Tim

Bekerja dalam tim adalah hal yang tidak bisa kamu hindari dalam sebuah perusahaan. Agar hasil kerja bisa lebih optimal dan sesuai target, kerjasama lebih diutamakan daripada kerja sendiri. Berbagai perbedaan signifikan antara kerja secara individu dengan bekerja dalam tim bisa kamu ketahui dengan membaca artikel di bawah ini.

  • Sistematis dan Tertata

kerjasama - Kerja Sendiri atau Kerjasama? Ini 6 Perbedaannya!

Sumber: unsplash

Beban yang harus ditanggung saat bekerja sendiri pastinya lebih besar jika dibandingkan saat bekerja secara tim. Semua tugas yang ada harus kamu selesaikan sendiri dalam waktu yang terbatas. Pekerjaan yang menggunung dengan deadline yang mepet membuat kamu harus bekerja ekstra dan multitasking.

Selain mempengaruhi kualitas hasil kerja, cara kerja tersebut juga akan membuat kamu gampang stres. Lain halnya jika dilakukan secara bersama-sama, kamu bisa berbagi tugas dengan rekan kerja sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pekerjaan pun akan lebih tertata dan selesai tepat waktu dengan hasil yang maksimal.

  • Gotong Royong dan Saling Membantu

saling membantu kerja - Kerja Sendiri atau Kerjasama? Ini 6 Perbedaannya!

Sumber: unsplash

Sebagai makhluk sosial, kamu pastinya membutuhkan seseorang dalam hidup. Hal tersebut juga berlaku pada kehidupan kerja. Pekerjaan yang menguras waktu dan tenaga akan menjadi lebih ringan saat kamu memiliki rekan kerja untuk berbagi tugas. Semangat gotong-royong dan saling membantu antar karyawan akan membuat pekerjaan yang ada selesai lebih cepat. Selain itu berbagai kelemahan yang kamu miliki bisa ditangani dengan bantuan orang lain, begitu pula sebaliknya.

Baca juga: Daftar Skill Dalam Bekerja yang Perlu Dikuasai Fresh Graduate

  • Hasil Kerja Lebih Optimal

kerja optimal - Kerja Sendiri atau Kerjasama? Ini 6 Perbedaannya!

Sumber: unsplash

Pekerjaan yang dikerjakan bersama-sama umumnya akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Selain pembagian tugas yang lebih merata, ada banyak ide yang muncul untuk diterapkan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Berbagai gagasan tersebut akan menghasilkan inovasi yang membuat hasil pekerjaan menjadi berkualitas. Jika sudah begini, tujuan akhir bisa tercapai sesuai dengan harapan.

  • Tidak Mudah Stres

stres kerja - Kerja Sendiri atau Kerjasama? Ini 6 Perbedaannya!

Sumber: unsplash

Orang yang sering bekerja sendiri berpotensi lebih mudah mengalami stres kerja daripada mereka yang bekerja secara bersama-sama. Beban pekerjaan yang ditanggung harus dipikul sendirian. Pastinya, kamu akan kewalahan dan kelelahan yang berujung dengan stres. Risiko tersebut lebih minim terjadi jika kamu bekerja sama dalam tim. Saat bekerja secara berkelompok, tanggung jawab yang diemban juga akan dibagi sama rata sehingga beban akan menjadi lebih ringan.

Baca juga: Awas! Perhatikan Stress Kerja dan Ketahui Cara Menanganinya

  • Produktivitas Meningkat

produktivitas - Kerja Sendiri atau Kerjasama? Ini 6 Perbedaannya!

Sumber: unsplash

Kerjasama dalam sebuah tim juga akan meningkatkan produktivitas kerja. Bekerja bersama-sama pastinya membuat kamu harus berpikir kritis dan mengeluarkan ide-ide kreatif dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Saat berbagai gagasan yang dikeluarkan mendapat respon positif dan menyumbang peran penting dalam penyelesaian tugas, kamu pun akan lebih bersemangat untuk bekerja. Dengan kata lain, hal tersebut akan memotivasi diri untuk bisa menciptakan berbagai inovasi-inovasi menarik lainnya di kemudian hari.

  • Naiknya Skill Komunikasi

komunikasi - Kerja Sendiri atau Kerjasama? Ini 6 Perbedaannya!

Sumber: unsplash

Kerjasama tim melibatkan banyak orang di dalamnya. Oleh sebab itu, komunikasi menjadi hal penting dalam upaya penyelesaian tugas. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat bertukar pendapat dengan sesama rekan kerja. Perbedaan opini saat menyampaikan ide mungkin saja terjadi dan bisa menimbulkan konflik internal.

Namun jika kamu bisa menyampaikannya dengan baik, pastinya hal tersebut bisa dihindari. Saat sudah terbiasa, kemampuan komunikasi yang dimiliki pastinya juga meningkat dan berkembang dengan lebih baik.

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini untuk Ciptakan Komunikasi yang Efektif di Tempat Kerja

Selain menyadari perbedaan dari kerja sendiri dengan kerja tim, kamu juga harus pintar dalam membuat perencanaan keuangan. Untuk bisa mewujudkannya kamu pun harus punya prioritas yang harus didahulukan. Pastikan kamu mendahulukan hal-hal penting seperti membayar berbagai tagihan tepat waktu di aplikasi Qelola.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , , , , ,