Awas! Perhatikan Stress Kerja dan Ketahui Cara Menanganinya

stress 2 - Awas! Perhatikan Stress Kerja dan Ketahui Cara Menanganinya

Sebagai seorang TKI yang bekerja di negeri orang, perbedaan culture rentan memicu stress. Pekerjaan yang seperti tidak habisnya, tekanan kerja, serta jenuh terhadap rutinitas pekerjaan yang itu-itu saja. Sering kali juga menjadi pemicu stress lainnya. Tidak hanya itu masalah keluarga yang terkadang seringkali terbawa-bawa di tempat kerja juga menambah sederet daftar pemicu stress kerja.

Agar hal itu tidak terjadi dan kamu bisa kembali menemukan mood di tempat kerja. Berikut ini beberapa tips yang sangat bermanfaat untuk kamu coba.

Perhatikan pola makan dan pola tidur

Tidur Nyenyak 700x398 - Awas! Perhatikan Stress Kerja dan Ketahui Cara Menanganinya

sumber : pexels

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi stress kerja adalah dengan memperhatikan pola makan dan juga pola tidurmu. Orang yang sedang mengalami stress kerja cenderung akan memiliki pola makan yang berantakan dan juga mengalami gangguan tidur. Jika kamu tidak berusaha untuk memperbaikinya, hal ini akan berlarut dan mengganggu kesehatan fisikmu.

Makanlah makanan yang dapat menaikkan mood kamu. Jangan lupa untuk memperhatikan porsinya agar tidak berlebihan. Selain itu tetapkan jam tidur dan lakukanlah kegiatan yang bisa membuat kamu rileks agar dapat cepat tertidur.

Kamu bisa mencoba untuk membereskan kamarmu agar lebih nyaman untuk tidur, kemudian berbaring dan mulai atur nafasmu agar tubuhmu lebih rileks. Saat pola makan dan tidur yang baik telah menjadi rutinitasmu, tanpa sadar stress kerja yang kamu rasakan juga akan berkurang.

Baca Juga : Kurang Tidur Ternyata Berdampak pada Kesehatan

Mulai harimu dengan hal yang menyenangkan

honeymoon unsplash 700x467 - Awas! Perhatikan Stress Kerja dan Ketahui Cara Menanganinya

sumber : pexels

Apa yang kamu lakukan untuk memulai hari takan sangat berpengaruh pada keseluruhan hari yang kamu lewati. Setiap pagi kamu mungkin harus berkutat dengan macetnya jalanan sebelum sampai ke kantor.

Sesampainya di kantor, kamu langsung dihadapkan dengan setumpuk pekerjaan. Rutinitas seperti ini tentu saja sangat mungkin memicu timbulnya stress kerja. Agar dapat mengatasinya, cobalah rutinitas pagi yang bisa membuat pikiranmu lebih rileks dan positif.

Kamu bisa mengisi waktu perjalanan ke kantor sambil mendengarkan musik favoritmu. Sesampainya di kantor, duduklah sejenak dan sediakan sedikit waktu untuk sekedar menikmati secangkir kopi atau teh. Buatlah dirimu nyaman agar dapat memulai hari dengan pikiran yang positif.

Setelah selesai dengan kopimu, kamu bisa mulai menyusun agenda harian agar kamu tahu apa yang harus kamu lakukan seharian. Memulai hari dengan mood yang bagus dan pikiran positif akan sangat membantu kamu untuk mengatasi stress kerja.

Fokus pada solusi, bukan masalah

solusi ide - Awas! Perhatikan Stress Kerja dan Ketahui Cara Menanganinya

sumber : pexels

Hal yang pertama yang biasanya dilakukan seseorang ketika mendapatkan masalah adalah terus-menerus memikirkannya. Kebiasaan ini juga yang akhirnya membawa kamu pada stres kerja.

Mustahil rasanya menghindari suatu masalah, begitupun di dunia kerja. Tentunya kamu akan berhadapan dengan masalah saat bekerja.

Namun yang tidak kalah penting adalah kamu juga harus selalu berpikir bahwa kamu harus fokus mencari solusi dari masalah itu. Ada saatnya kamu dibebankan pekerjaan yang cukup berat dan kamu merasa apa yang kamu dapatkan tidak sepadan dengan apa yang kamu kerjakan.

Kemudian kamu hanya terus memikirkannya hingga kamu merasa stres, lantas apakah pekerjaan tersebut akan selesai? Tentu saja tidak. Sebuah pekerjaan tidak akan pernah selesai jika tidak dikerjakan, sama halnya seperti masalah yang tidak pernah terpecahkan ketika kamu tidak bisa fokus pada solusi.

Coba berhenti overthinking dan mulailah bertindak untuk menyelesaikan segala masalah agar kamu dapat terhindar dari stres kerja.

Me time

Cara lain untuk mengatasi stress kerja adalah dengan ‘me time’. Kesibukan kerja mungkin saja membuat kamu lupa untuk menyisihkan waktu untuk diri sendiri.

Kamu terus bekerja dan mulai tidak memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Tanpa sadar, kamu mulai mengalami stress kerja dan mulai membenci rutinitasmu. Jika kamu sudah mulai merasakan stres kerja, berhentilah sejenak dan habiskan waktu untuk dirimu sendiri.

Kamu bisa menghabiskan waktu di rumah untuk menonton film atau membaca buku.

Jangan lupa matikan data ponselmu dan tutup sejenak pikiranmu dari segala berita di media sosial  yang sebenarnya tidak terlalu penting untukmu. Penelitian telah membuktikan bahwa menghindari media sosial bisa meningkatkan kebahagiaanmu.

Keesokan harinya pasti kamu sudah lebih fresh dan dapat kembali ke rutinitasmu dengan aura yang lebih positif.

Berlibur sejenak

Selain kurangnya “me time”, hal lain yang mungkin menjadi penyebab stress kerja yang kamu alami adalah “kurang piknik”. Manfaat waktu libur weekend-mu untuk mengunjungi tempat baru.

Tidak perlu pergi terlalu jauh, kamu mungkin bisa mencari tahu jika ada tempat baru di tempat tinggalmu yang bisa dikunjungi. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk quality time dengan orang-orang yang kamu sayangi.

Cara ini mungkin tidak akan langsung menyelesaikan masalahmu yang menyebabkan stress kerja. Namun setidaknya kamu bisa me-refresh pikiranmu agar dapat berpikir lebih jernih untuk dapat menghadapi masalahmu.

Seperti halnya masalah kerja. Kamu juga perlu memanage keuangan dengan baik ketika bekerja di luar negeri sebagai TKI agar tidak menimbulkan stress kerja. Kamu bisa mencoba aplikasi keuangan Qelola untuk membantumu membayar semua tagihan secara cerdas di Indonesia. Dengan menggunakan Qelola, pekerjaan lancar tanpa stress dan bisa dilakukan dimana saja. Download aplikasi Qelola sekarang juga

 

Tags: , , , , , , ,