Lakukan 7 Hal Ini untuk Ciptakan Komunikasi yang Efektif di Tempat Kerja

Komunikasi yang efektif

Dalam dunia kerja, pintar saja tidak cukup. Salah satu faktor lain yang bisa membuat karirmu melambung adalah cara kamu berkomunikasi. Komunikasi yang efektif di lingkungan kerja akan memberikan banyak efek positif bagi diri sendiri. Skill komunikasi yang baik tidak hanya tentang bagaimana mengutarakan ide atau pendapat dengan benar, namun juga bagaimana menjadi pendengar yang baik.

Menjadi pribadi yang komunikatif tentunya menjadi nilai tambah yang akan mendongkrak karirmu nanti. Biasanya, orang yang punya keterampilan berbicara yang baik akan lebih dipercaya atasan. Selain itu, keterampilan komunikasi yang baik akan menciptakan suasana kerja yang nyaman antar sesama pegawai. Nah, pelajari bagaimana teknik komunikasi yang efektif di dunia kerja dengan membaca artikel berikut ini.

  • Menunjukkan Sikap Ramah

Komunikasi yang efektif tak hanya sekedar pintar merangkai kata-kata, sikapmu terhadap lawan bicara juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Sikap ramah yang kamu tunjukkan saat berbicara dengan orang lain akan membuat komunikasi menjadi lebih nyaman. Hal ini tentu saja akan menimbulkan respon yang positif dari atasan atau sesama rekan kerja. Memiliki jiwa yang bersahabat dan peduli tentu juga bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya konflik dalam perusahaan. 

  • Hargai Lawan Bicaramu

Saat berbicara dengan seseorang di tempat kerja, cobalah untuk memperhatikan lawan bicaramu. Saat bicara, tatap dan perhatikanlah orang tersebut agar mereka merasa dihargai. Jika kamu acuh dan membuang muka saat orang lain bicara, hal ini tentu saja tidak sopan dan bisa membuat lawan bicaramu merasa tersinggung. Jadi, hargailah orang yang sedang kamu ajak bicara untuk mewujudkan komunikasi yang efektif.

  • Penyampaian yang Jelas dan Lugas

pexels rodnae productions 7551455 - Lakukan 7 Hal Ini untuk Ciptakan Komunikasi yang Efektif di Tempat Kerja

Sumber: pexels oleh Rodnae

Bicara berbelit-belit dan keluar konteks dari topik yang sedang dibicarakan tentu saja akan membuat komunikasi menjadi tidak efektif. Oleh sebab itu pastikan kamu menyampaikan informasi yang jelas, detail, sesuai jalur, dan tidak bertele-tele. Jika hal-hal yang kamu utarakan terdengar jelas dan lugas, lawan bicaramu akan cepat memahami perkataan yang dimaksud. 

Namun jika yang terjadi sebaliknya, hal ini bisa berujung pada kesalahpahaman. Oleh sebab itu, saring apa yang ingin kamu sampaikan sebelum informasi tersebut sampai ke telinga lawan bicaramu.

  • Pahami Karakter Orang Lain

Manusia tercipta dengan berbagai macam karakter yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kamu juga harus hati-hati dengan nada atau intonasi bicaramu. Jika kamu terbiasa bicara lantang dan ceplas ceplos, bisa jadi akan diartikan lain atau menyinggung orang yang sedang kamu ajak bicara. Padahal, memang seperti itulah gaya bicaramu. Jadi, sebaiknya hati-hati dan pelajari karakteristik lawan bicaramu untuk menghindari konflik saat bekerja.

  • Hindari Menyela Pembicaraan 

Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf pembuka bahwa teknik komunikasi yang efektif tak hanya tentang cara kamu berbicara. Sikap mendengarkan orang lain dengan seksama dan penuh perhatian juga memiliki peran penting dalam menciptakan komunikasi yang baik. 

Oleh sebab itu, hindari menyela pembicaraan orang lain jika apa yang disampaikan belum selesai, apalagi jika yang berbicara adalah atasanmu. Berikan tanggapan atau pertanyaan yang mungkin mengganjal saat lawan bicaramu selesai berbicara. Jika takut lupa, kamu bisa mencatat apa yang ingin kamu utarakan pada secarik kertas terlebih dulu.

  • Jangan Mendominasi 

Kamu pasti merasa kesal jika lawan bicaramu terlalu banyak bicara dan mendominasi pembicaraan. Hal ini akan membuatmu bosan dan merasa disepelekan karena tidak diberi kesempatan untuk mengungkapkan pendapat. Dengan demikian, jangan lakukan hal tersebut pada orang lain! Usahakan percakapan yang kamu bangun berjalan seimbang sehingga menimbulkan komunikasi yang efektif.

  • Terbuka dengan Kritik dan Saran

young business people discussing planning about results office corridor 700x467 - Lakukan 7 Hal Ini untuk Ciptakan Komunikasi yang Efektif di Tempat Kerja

Sumber: freepik oleh aleksandarlittlewolf

Dalam sebuah diskusi pasti ada perbedaan pendapat. Jika kamu menerima masukan atau perbedaan pendapat dari orang lain, jangan buru-buru emosi ya! Terbukalah dengan saran dan kritik dari lawan bicara yang bisa saja malah membangun statement yang sudah kamu buat. Namun jika kamu bersikeras dengan pendapat yang sudah dilontarkan, pastikan untuk menemukan jalan tengah yang sifatnya  win-win solution untuk menghindari konflik yang membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman

Baca juga: Ingin Cepat Dapat Promosi Kerja? Ketahuilah Soft Skill yang Perlu Dimiliki

Selain membangun komunikasi yang efektif, kamu juga harus pintar dalam membuat perencanaan keuangan. Untuk bisa mewujudkannya kamu pun harus punya prioritas yang harus didahulukan. Pastikan kamu mendahulukan hal-hal penting seperti membayar berbagai tagihan tepat waktu di aplikasi Qelola.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu. 

Tags: , ,