Tentukan Tujuan Bekerja dengan Tepat untuk Keberhasilan di Masa Depan

tujuan bekerja

Jika ingin sukses dalam berkarir, maka dibutuhkan persiapan secara matang agar tidak mengecewakan di kemudian hari. Penting untuk dipahami bahwa dunia karir ini sangat berbeda dengan dunia sekolah. Karena saat sudah memasuki dunia karir, maka persaingan menjadi makanan sehari-hari. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk merancang masa depan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan Anda berkarir atau tujuan bekerja. Sebab, sedikit banyak tujuan tersebut dapat mempengaruhi karir Anda di masa depan. Menentukan tujuan bekerja seharusnya memang sudah dibentuk sedini mungkin. Dan ternyata, cara yang paling efisien dalam meraih kesuksesan karir masa depan yaitu dengan menetapkan target atau impian Anda. Berikut ini ada 5 tujuan bekerja yang perlu Anda ketahui, sehingga dapat menentukan keberhasilan karir Anda di masa depan.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Portofolio yang Menarik dan Mengesankan

1.  Bermanfaat Bagi Orang Lain

tujuan bekerja 1 - Tentukan Tujuan Bekerja dengan Tepat untuk Keberhasilan di Masa Depan

Tujuan bekerja yang pertama adalah dapat mendatangkan manfaat bagi orang lain. Bisa dibilang tujuan ini jarang terpikirkan oleh sebagian orang, karena tujuan utama dari bekerja yang biasanya dipikirkan adalah mendapat gaji yang besar, posisi yang tinggi, atau bisa jadi juga demi popularitas. Padahal bermanfaat bagi orang lain merupakan hakikat sebenarnya dari kehidupan, begitu juga dengan bekerja. Jika seseorang sudah berada pada tahap ingin bermanfaat bagi orang lain, maka Ia akan menjadi lebih terbuka dengan segala jenis pekerjaan. Selagi pekerjaan itu tidak membawa keburukan untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

2.  Mendapatkan Posisi Pekerjaan yang Bagus

Hampir sama dengan tujuan bekerja untuk mendapatkan gaji besar, ternyata tujuan bekerja untuk mendapatkan posisi yang bagus juga berisiko mengganggu mental seseorang. Kenapa bisa begitu? Karena yang menjadi fokus utama dari kerja hanyalah ingin mendapatkan posisi yang bagus. Maka tidak jarang mereka melupakan batas kemampuan tubuh dalam menjalani pekerjaan yang akhirnya justru membawa dampak buruk bagi diri sendiri.

3.  Mendapatkan Gaji Besar

tujuan bekerja 2 - Tentukan Tujuan Bekerja dengan Tepat untuk Keberhasilan di Masa Depan

Tujuan bekerja berikutnya adalah mencari gaji yang cukup besar. Tujuan ini relatif umum kenapa seseorang memilih untuk bekerja. Tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang yang memiliki tujuan bekerja demi mencari gaji yang besar adalah orang-orang yang ambisius. Apakah Anda termasuk di antaranya? Mereka yang ambisius dalam bekerja akan mengupayakan hal apapun untuk mencapai keinginan mereka. Dan bahkan tidak jarang mereka lebih mencintai pekerjaan ketimbang diri mereka sendiri. Sebaiknya, imbangi keinginan besar tersebut dengan usaha tetap mencintai diri sendiri dan mengetahui batasan dalam bekerja agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

4.  Untuk Mengisi Waktu Luang

Tujuan bekerja lainnya yang perlu Anda ketahui adalah bekerja hanya untuk mengisi waktu luang saja. Biasanya orang-orang dengan tujuan ini sudah memiliki kehidupan yang mapan, atau sedang tidak terlalu membutuhkan suatu hasil yang memuaskan. Sebab bekerja dengan tujuan hanya mengisi waktu luang dinilai cenderung tidak serius, dan tidak memiliki target yang jelas. Sehingga hasilnya pun bisa jadi tidak akan maksimal.

5.  Untuk Memenuhi Passion

tujuan bekerja 3 - Tentukan Tujuan Bekerja dengan Tepat untuk Keberhasilan di Masa Depan

Dengan melakukan suatu pekerjaan yang Anda sukai, maka semua akan menjadi lebih mudah. Ketika pada akhirnya Anda berhasil dalam membuat karya yang bernilai tinggi, maka akan ada kepuasan tersendiri yang tidak akan bisa Anda dapatkan dari hal lain. Namun, jangan sampai rasa puas ini akan menghentikan Anda dalam berkarya. Merasa bangga pada diri sendiri itu boleh, namun jangan sampai berlarut-larut, ya!

Selain beberapa hal di atas, ternyata ada juga sebagian orang di mana tujuan mereka bekerja adalah untuk menyenangkan hati orang lain. Menyenangkan hati orang lain ini sering kali tidak sejalan dengan menyenangkan diri sendiri. Misalnya Anda bekerja untuk menyenangkan hati keluarga atau orang-orang di sekitar, padahal Anda sendiri tidak menyukai pekerjaan tersebut. Maka hasilnya tentu saja sepanjang menjalani pekerjaan Anda akan merasa tertekan. Hal seperti itu jika dibiarkan, maka akan berdampak pada kinerja Anda yang menjadi kurang maksimal. Nah, sekarang saatnya menentukan apa tujuan Anda menjadi TKI di Malaysia. Apakah saat ini Anda menjalani pekerjaan Anda di sana dengan senang hati?

Agar lebih fokus pada urusan pekerjaan, sebaiknya Anda percayakan urusan keuangan Anda pada aplikasi Qelola. Dengan Qelola, Anda akan lebih mudah dan cepat saat harus kirim uang untuk keluarga di tanah air. Coba unduh aplikasinya sekarang, dan lakukan pendaftaran akun setelahnya. Dan lihatlah bagaimana Qelola akan membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai macam transaksi online dengan cepat kapan saja. Mulai dari kirim uang dari Malaysia ke Indonesia, bayar tagihan PDAM, tagihan PLN, tagihan BPJS, dan tagihan lainnya. Anda juga bisa membeli pulsa dan paket data internet melalui aplikasi Qelola, lho! Menariknya lagi, beli voucher games juga bisa pakai Qelola. Tunggu apa lagi!

Tags: , , , ,