Daftar Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja Serta Cara Menjawabnya

pekerjaan

Bagi para pencari kerja kadang kala ada momen yang mendebarkan, yakni saat wawancara kerja. Setelah dinyatakan lolos administrasi dan tes tertulis seperti tes psikologi, akan lanjut wawancara. Lulusan baru (fresh graduate) kadang kala jadi khawatir pertanyaan yang muncul dan pikiran bisa menjawab dengan benar atau tidak. Para pelamar kerja tentu saja mengharapkan bisa lolos wawancara kerja dan diterima kerja. Ada pertanyaan yang terdengar sederhana tetapi terasa sulit untuk menjawabnya.

Tim HRD akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk mengorek informasi tentang dirimu lebih jauh. Biasanya akan berkaitan dengan skill, kepribadian, dan potensi yang dimiliki. Apa saja pertanyaan yang kerap muncul saat wawancara kerja? Hati-hati saat menjawab pertanyaan jebakan ketika memasuki sesi interview.

Simak Daftar Pertanyaan dan Tips Menjawabnya

Ceritakan Tentang Diri

Inilah kata-kata yang kerap dilontarkan tim interview. Mereka ingin mendengarkan gambaran tentang dirimu. Jangan banyak bicara tentang data diri, keluarga, maupun tempat tinggal. Kamu perlu menjawabnya dengan tenang dan sampaikan hal-hal tentang dirimu dan terkait pekerjaan yang sedang dilamar. Bagian ini adalah kesempatanmu mengungkapkan kelebihan yang dimiliki sehingga cocok untuk menempati posisi yang dilamar.

Sedangkan kekurangan tetap harus disampaikan tetapi disertai dengan cara mengatasinya atau ada momen saat kamu dapat berjuang untuk menutupi kekuranganmu. Sebagai contoh, kalau kamu akan melamar di bagian marketing, tunjukkan kelebihanmu dari segi komunikasi, persuasif, negosiasi maupun mengambil keputusan. Agar lebih mudah, kamu perlu menyiapkan dengan pertanyaan gambaran diri. Cobalah memilih beberapa kata yang dapat mendeskripsikan dirimu. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan posisi pekerjaan yang hendak dilamar. Sampaikan kata-kata yang positif, misalnya, mudah bergaul, antusias, punya komitmen, mudah beradaptasi dan lainnya.

bekerja 700x413 - Daftar Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja Serta Cara Menjawabnya

Sumber: Pixabay/StartupStockPhotos

 

Kenapa Tertarik Bergabung di Perusahaan Ini?

Kamu perlu menjawabnya dengan hal-hal berisi tentang motivasi mau bekerja di tempat tersebut. Jangan terkecoh memberi jawaban karena gaji yang tinggi, dekat dari rumah, ataupun perusahaan terkenal. Setiap perusahaan ingin memiliki pekerja yang loyal dan punya komitmen tinggi. Kamu bisa memberikan jawaban yang berisi alasan positif. Misalnya, posisi pekerjaan yang dilamar sesuai dengan latar belakang pendidikan dan ingin berkontribusi dengan kemampuan yang dimiliki.

 

Prestasi yang Pernah Diraih Selama Bekerja

Pertanyaan ini akan muncul bagi para calon karyawan yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Perusahaan menginginkan calon karyawan yang terbaik sehingga perlu mengetahui pencapaian yang pernah diraih sebelumnya. HRD pun dapat mengukur tingkat keberhasilan ketika nantinya mempekerjakan kamu.

Kamu dapat menjelaskan dengan baik setiap pekerjaan yang pernah diselesaikan dengan baik. Sebutkan saja prestasi yang pernah dicapai seperti berhasil menyelesaikan pekerjaan, mampu bernegosiasi dan berpikir kritis maupun kreatif. Jangan bicara terlalu muluk-muluk hingga terkesan sombong. Jangan sampai HRD menilai bahwa kamu orang yang cepat puas.

 

Rencana Jangka Panjang

Pertanyaan wawan cara kerja ini terdengar mudah tetapi pastikan memberi jawaban yang bijak, pikirkan dengan matang, dan hindari jawaban seadanya. Masukkan perusahaan yang dilamar menjadi salah satu bagian dari rencanamu beberapa tahun ke depan. Kamu bisa mulai menyiapkan rencana ke depan, apa yang akan dilakukan dalam waktu 3 tahun atau 5 tahun ke depan. Pertanyaan ini biasanya ingin mengetahui berapa lama kamu akan bergabung dengan perusahaan. Perusahaan tidak ingin kalau karyawannya suka berpindah-pindah tempat kerja.

 

Gaji yang Diinginkan

Pertanyaan yang satu ini bisa saja mudah atau sulit untuk dijawab. Kamu perlu menentukan gaji yang diinginkan kepada HRD. Cari tahu standar gaji pada perusahaan yang dilamar. Kamu juga perlu memikirkan faktor-faktor untuk menyebutkan gaji seperti tingkat kesulitan, pengalaman kerja, UMK daerah, dan lainnya. Pastikan masih dalam standar perusahaan dan sampaikan alasannya.

 

Pendapat Tentang Lembur

Pekerja mengharapkan bisa bekerja dengan nyaman sesuai jam kerja dan tidak sampai mengalami lembur. Pertanyaan ini dimaksudkan untuk mencari tahu seberapa besar komitmenmu bergabung di perusahaan ini. Kamu dapat memberikan jawaban seperti komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan secepatnya, tidak menunda-nunda pekerjaan. Ketika harus mengalami lembur maka masih dalam batas waktu yang wajar.

 

Hobi yang Disukai

Pertanyaan tentang hobi ini akan muncul bukan hanya sekadar basa-basi lho. Kamu dapat menyampaikan informasi tentang hobimu saat ini dan alasan yang logis. Seperti dapat membantumu memecahkan masalah, melakukan kerja sama tim dan lainnya.

team work 700x466 - Daftar Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja Serta Cara Menjawabnya

Sumber: Pixabay/ StockSnap

Apa yang Dilakukan Saat Menghadapi Masalah atau Stres

Kamu bisa memberi  jawaban bagaimana saat kamu dihadapkan pada situasi banyak pekerjaan, pekerjaan sampai menumpuk, dan ada berbagai hal yang harus ditangani dalam waktu hampir bersamaan. Pertanyaan yang dilontarkan HRD ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan mengelola emosi. Apakah kamu orang yang mudah menyerah, mudah tertekan dan sebagainya. Kamu memilih menenangkan pikiran dengan jalan-jalan keluar kantor. Kamu mengambil cuti untuk liburan dan istirahat sejenak dari tugas pekerjaan.

 

Alasan Berhenti Bekerja

Kamu memiliki pengalaman kerja sebelumnya dan memutuskan resign. Tim HRD akan menanyakan alasanmu kenapa berhenti bekerja dari perusahaan sebelumnya. Bisa jadi gaji perusahaan sebelumnya lebih tinggi daripada gaji yang ditawarkan perusahaan yang sedang dilamar. HRD akan menilai karakter serta motivasi calon karyawannya. Kamu tidak perlu menyebutkan masalah pribadi atau konflik yang terjadi di kantor lama. Beri jawaban ingin mencari posisi pekerjaan yang lebih baik dan mau berkembang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

 

Alasan Perusahaan Harus Memilih Kamu

Pertanyaan ini berkaitan dengan kualifikasi, keberhasilan, kemampuan yang kamu miliki. Pelamar fresh graduate dapat menyampaikan keterampilan atau skill yang dimiliki. Kamu menyukai hal-hal baru, mampu beradaptasi serta dapat memaksimalkan keterampilan untuk mengembangkan perusahaan.

Itulah beberapa pertanyaan yang mungkin muncul saat wawancara kerja. Setelah bekerja nanti kamu pun akan mendapatkan gaji dan harus dikelola dengan baik. Pilihlah aplikasi Qelola untuk memudahkan berbagai transaksi uang baik transfer uang, bayar listrik, beli pulsa, hingga bayar asuransi. Segera unduh aplikasi Qelola di sini dan cek informasi menarik di website resmi Qelola.

Tags: , , , , , ,