Tips Pintar Mengatur Keuangan Untuk Kebutuhan Sekunder

kebutuhan sekunder - Tips Pintar Mengatur Keuangan Untuk Kebutuhan Sekunder

Setiap manusia yang ada di bumi pasti memiliki berbagai kebutuhan untuk keberlangsungan hidupnya, mulai dari kebutuhan primer, kebutuhan sekunder hingga tersier.

Apabila dilihat dari prioritas, tentunya kebutuhan primer memiliki peranan penting sebagai kebutuhan dasar manusia akan sandang, pangan dan juga papan. Namun meskipun begitu, bukan berarti jika kebutuhan sekunder bisa disepelekan bukan?

Kebutuhan sekunder menjadi sebuah kebutuhan pendamping ataupun penunjang dari kebutuhan pokok itu sendiri. Meskipun pemenuhannya tidak mendesak, namun banyak orang berusaha untuk memenuhinya secara baik. Untuk mengerti lebih lanjut mengenai pengertian, faktor yang mempengaruhi, dan contoh dari kebutuhan satu ini, simak ulasan berikut ini.

Apa itu Kebutuhan Sekunder?

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dalam pemenuhannya dilakukan setelah semua kebutuhan primer sudah terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sendiri berperan sebagai kebutuhan pendamping atau penunjang kebutuhan primer yang dalam pemenuhannya tidak mendesak atau tidak harus terpenuhi karena tidak akan mengamcam keberlangsungan hidup manusia. Tetapi setiap manusia pasti tetap berusaha untuk memenuhi kebutuhan ini sebab jika kebutuhan ini tidak terpenuhi mungkin dapat menggangu kegiatan manusia.

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

kebutuhan 700x467 - Tips Pintar Mengatur Keuangan Untuk Kebutuhan Sekunder

sumber : pexels oleh Gustavo Fring

Setiap manusia memiliki tingkat kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda, jika diteliti lebih dalam lagi maka akan terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut, dan berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan sekunder yaitu:

  • Perkembangan Zaman

    Zaman merupakan perputaran waktu yang sulit untuk diprediksi, perbedaan kebutuhan antara zaman dulu dan zaman sekarang sudah sangat terlihat. Jika orang zaman dulu dapat hidup tanpa smartphone maka pada era modern sekarang ini bisa dikatakan setiap orang memerlukan smartphone untuk membantu kelangsungan hidupnya. Seiring dengan perkembangan zaman menuntut manusia untuk mengikutinya dengan munculnya makanan yang bervariatif, tempat tinggal mewah dan lain sebagainya.

  • Lingkungan

    Lingkungan juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan setiap individu, bisa dikatakan setiap individu yang tinggal di lingkungan yang berbeda akan memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda pula.

  • Adat Istiadat

    Tradisi atau adat istiadat merupakan perbedaan yang terdapat pada setiap suku bangsa, dengan adanya perbedaan adat istiadat ini tentunya menjadikan kebutuhan setiap individu berbeda pula.

  • Agama

    Agama juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan setiap individu, misalkan kebutuhan umat Islam dan umat Kristen sangat berbeda, umat Isalam diharamkan untuk memakan daging babi sedangkan umat kristen diperbolehkan.

Cara Mengatur Keuangan untuk Memenuhi Kebutuhan Sekunder

money management 1 700x442 - Tips Pintar Mengatur Keuangan Untuk Kebutuhan Sekunder

sumber : pexels oleh Dziana Hazanbekava

Kamu sudah mengetahui berbagai jenis kebutuhan manusia. Masing-masing jenis ini di kategorikan berdasarkan prioritas pemenuhannya. Hal tersebut bisa menjadi dasar bagi kamu untuk mengatur keuangan pribadi.

  1. Membuat List Pengeluaran

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuat list pengeluaran bulanan kamu. Cari tahu ke mana saja uangmu pergi selama satu bulan. Apakah untuk membayar listrik? Makan? Atau nongkrong bersama teman-teman?

  1. Golongkan Berdasarkan Jenis Kebutuhan

Setelah mengetahui apa saja pengeluaranmu, kelompokkan tiap pengeluaran itu. Cari tahu baik kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, maupun kebutuhan tersiermu. Dengan begitu, kamu bisa menentukan prioritas dalam memenuhi setiap kebutuhan.

  1. Utamakan Memenuhi Kebutuhan Pokok

Setelah mengetahui masing-masing golongan, kamu kini tahu bahwa kamu perlu mengutamakan kebutuhan pokok. Usahakanlah untuk memenuhi kebutuhan pokokmu terlebih dahulu sebelum berusaha memenuhi kebutuhan yang lainnya.

  1. Jangan Lupakan Investasi

Selain memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, jangan lupa sisihkan uang untuk berinvestasi. Gaji yang kamu miliki digunakan untuk memenuhi kebutuhan saat ini. Sedangkan investasi membantu memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang. Sisihkanlah minimal 10% dari penghasilan untuk diinvestasikan.

Baca Juga : Penting! Ketahui Cara Mengatur Keuangan Saat Tinggal di Luar Negeri

Itulah informasi mengenai kebutuhan sekunder, faktor yang mempengaruhinya, dan juga contohnya. Tentunya setiap individu akan memiliki kebutuhan masing-masing yang berbeda satu sama lain. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh banyak hal dan juga keadaan finansial.

Namun untuk mencegah hal-hal yang bersifat impulsif semata, pastikan untuk membuat skala prioritas dan juga memastikan seluruh pengeluaran kamu tidak lebih besar dari pemasukan. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang bekerja sebagai TKI di luar negeri.

Bagi seorang TKI, bekerja di luar negeri dengan meninggalkan keluarga di Indonesia tentunya bukanlah perkara mudah. Oleh karena itu, selama bekerja di negara lain, pastikan kamu cermat mengelola keuangan dengan menggunakan aplikasi keuangan yang aman dan pintar seperti Qelola.

Aplikasi keuangan Qelola dapat membantu kamu untuk membayar semua tagihan di Indonesia secara langsung dan aman. Kamu bahkan bisa membayar beberapa tagihan untuk kebutuhan sekunder seperti bayar cicilan motor, rumah maupun pajak. Dengan biaya transfer terjangkau dan fasilitas kemudahan lainnya, tidak perlu ragu lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus susah keluar rumah. Memiliki pengelolaan keuangan dalam genggaman tangan bukan hanya mimpi. Segera download aplikasi Qelola sekarang juga.

 

Tags: , , , , , , , ,