Investasi Jangka Panjang Bikin Kaya, Kenali Jenisnya!

tabungan investasi jangka panjang

Menikmati hasil investasi jangka panjang pada masa tua dengan kenyaman dan bahagia tentu menjadi impian semua orang. Pemilihan investasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan ketika hari tua. Jadi, ketika sudah pensiun Kamu tidak perlu bingung atau repot lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pengembangan aset dengan jangka waktu lebih dari satu tahun ini cocok untuk kamu gunakan pada perencanaan kehidupan nantinya.

Beberapa orang ada juga yang menanamkan investasi hingga 10-20 tahun untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Investasi jangka panjang sangat menjanjikan untuk mendapatkan kesiapan dana masa depan. Manfaat lainnya tentu untuk mendapatkan keuntungan besar. Tidak hanya untung kamu juga perlu memperhatikan bahwa investasi jangka panjang dipengaruhi dari keadaan pasar seperti likuiditas, valas, inflasi, dan suku bunga. Sehingga risikonya bisa jadi mengakibatkan nilai investasi menjadi sedikit menurun. Namun, jika Kamu jeli dalam memperhitungkan, keuntungan besar untuk masa tua tetap bisa Kamu raih.

Beragam tujuan investasi long term yakni mendapatkan penghasilan pasif dari dividen, bunga sewa, atau sejenisnya. Bisa juga untuk mempersiapkan dana khusus, misalnya untuk pendidikan anak, dana darurat, dana pensiun, dan lainnya. Dengan alokasi ini Kamu mendapatkan hasil dari pertumbuhan nilai aset untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Gimana, Kamu sudah tergiur untuk melakukan investasi long term ini? Yuk intip enam jenis investasi jangka panjang paling menguntungkan berikut:

Investasi Emas

emas 700x467 - Investasi Jangka Panjang Bikin Kaya, Kenali Jenisnya!

sumber: Pexels.com

Produk emas tentu sudah tak asing bagi kebanyakan masyarakat. Bagi Kamu yang ingin memulai berinvestasi, emas bisa menjadi salah satu pilihannya. Nilai harga emas yang cenderung terus meningkat dan tidak terpengaruh inflasi menjadi keuntungan tersendiri. Banyak masyarakat yang berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan. Selain bisa memperindah diri, Kamu juga bisa menjualnya kembali jika ada kebutuhan dana darurat. Saat ini untuk melakukan investasi jangkan panjang dengan emas sudah sangat mudah. Banyak sekali platform yang menawarkan pembelian emas baik secara offline maupun online. Meski muda mendapatkannya, Kamu tetap harus berhati-hati ya!

Saham

saham 700x504 - Investasi Jangka Panjang Bikin Kaya, Kenali Jenisnya!

sumber: Pexels.com

Saham bisa menjadi pilihan investasi jangka panjang selanjutnya. Tentu dengan memilih saham sebagai investasi jangka panjang, Kamu memerlukan perhitungan yang detail. Saham merupakan bukti kepemilikan atau penyertaan terbatas. Dengan memiliki saham, maka Kamu bisa memiliki atau turut andil dalam suatu perusahaan. Sehingga Kamu berhak mendapatkan pembaian dividen atau laba perusahaan setiap tahunnya. Tentu dengan penyesuasian berapa besar saham yang Kamu miliki.

Sebaiknya Kamu memilih saham blue chip untuk investassi jangka panjang. Hal ini karena perusahaan-perusahaan yang masuk kategori blue chip memiliki stabilitas keuangan yang bagus. Selain itu, rata-rata nilai kapitalisasi perusahaan mencapai triliunan rupiah. Keuntungan investasi jangka panjang dengan saham, Kamu tidak perlu mengelola apapun. Cukup duduk manis sembari melihat perkembangan perusahaan yang Kamu miliki.

Obligasi

obligasi 700x467 - Investasi Jangka Panjang Bikin Kaya, Kenali Jenisnya!

sumber: Pexels.com

Instrumen investasi jangka panjang satu ini cukup menjanjikan keuntungan yang besar ketika masa tua nanti. Obligasi adalah surat utang jangka menengah dan panjang yang bisa diperdagangkan. Surat utang ini berisi perjanjian dari pihak penerbit untuk membayar imbalan, berupa bunga pada periode tertentu. Kemudian melunasi pokok utang pada akhir waktu sesuai perjanjian kepada pemegang surat utang. Surat utang berjangka termasuk investasi jangka panjang dengan nilai investasi berpendapatan tetap. Kelebihan obligasi yaitu segi keamanan investasi yang terjamin undang-undang. Buat Kamu yang masih mau mencoba investasi jangka panjang dengan surat utang, sebaiknya membeli obligasi pemerintah seperti Sukuk Ritel (SukRi), Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI), dan Saving Bond Ritel (SBR).

Reksa Dana

reksa dana 700x467 - Investasi Jangka Panjang Bikin Kaya, Kenali Jenisnya!

sumber: Pexels.com

Reksa dana merupakan wadah untuk menghimpun dana masyarakat pemodal untuk berinvestasi dalam portofolio Efek oleh manajer investasi. Sistemnya cukup mudah, Kamu hanya menaruh sejumlah uang untuk membeli reksa dana. Kemudian Kamu tinggal memilih jenisnya dan manajer investasi yang mengelolanya. Umumnya, masyarakat yang memilih investasi jangka panjang ini adalah mereka yang sudah bermain dan percaya diri dengan investasi saham. Dengan pemilihan reksa dana yang tepat dan mempercayakannya pada manajer investasi yang handal, dana pensiunan Kamu bisa terkumpul maksimal.

Properti atau Rumah

rumah 700x466 - Investasi Jangka Panjang Bikin Kaya, Kenali Jenisnya!

sumber: Pexels.com

Investasi jangka panjang jenis properti atau rumah sedang menjadi pilihan terbanyak, khususnya untuk kaum milenial. Bahkan banyak developer properti yang menjanjikan syarat mudah untuk mendapatkan rumah impian. Meski investasi jangka panjang, properti memerlukan biaya yang besar, bukan tidak mungkin peluang keuntungan yang ada juga lebih besar ke depannya. Biasanya harga tanah dan bangunan akan terus naik setiap tahunnya. Terlebih semakin banyak orang yang memerlukan lahan huni. Jadi meski harus mengeluarkan biaya besar, Kamu akan menerima return atau imbal hasil yang melebihi modalnya.

Tabungan Berjangka

tabungan berjangka 700x410 - Investasi Jangka Panjang Bikin Kaya, Kenali Jenisnya!

sumber: Pexels.com

Tabungan berjangka berbeda dengan produk tabungan lainnya. Jenis penyimpanan ini bisa menjadi pilihan untuk investasi jangka panjang karena uang tidak dapat sembarangan Kamu ambil sewaktu-waktu. Namanya saja berjangka, Kamu harus menabung secara rutin dalam jangka waktu tertentu sesuai perjanjian. Dengan catatan, pencairan uang tabungan tidak dapat sewaktu-waktu. Pengambilan uang tabungan sesuai dengan perjanjian awal. Meski berbeda dengan tabungan yang lain, bunga dari investasi jangka panjang ini cukup menggiurkan. Pasalnya, penawaran bunga bank lebih tinggi dari tabungan biasa.

Siapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan untuk memulai investasi jangka panjang. Pelajari ilmunya untuk mempersiapkan masa depan kamu dengan lebih aman dan sejahtera. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya sesuai dengan kebutuhanmu untuk belajar cara dan tips mengelola keuangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,