Pertimbangkan 6 Hal Ini Saat Memilih Penitipan Anak

anak hiperaktif

Sebagian orang tua harus rela meninggalkan anaknya ke tempat penitipan anak karena alasan tertentu. Keterbatasan waktu dalam mengurus anak tersebut terjadi karena berbagai alasan seperti orang tua yang sibuk bekerja atau memiliki urusan penting. Pilihan tersebut bahkan sudah menjadi hal lumrah di zaman yang semakin modern dan dinamis seperti sekarang.

Namun, orang tua perlu memastikan bahwa daycare yang dipilih menyediakan fasilitas yang memadai, aman, dan memiliki staf atau pengasuh yang ramah anak. Banyaknya tempat penitipan anak yang ada membuat kamu harus selektif dalam menentukan tempat yang tepat. Lalu pertimbangan apa saja yang harus kamu pikirkan dengan matang dalam menentukan daycare untuk anak? Temukan jawabannya dengan membaca informasinya berikut ini.

  • Memastikan Daycare Punya Izin Resmi

guarantee approved authorized certified concept e1631543693483 - Pertimbangkan 6 Hal Ini Saat Memilih Penitipan Anak

Sumber: freepik

Hal pertama yang harus kamu pastikan saat memilih tempat penitipan anak adalah izin operasionalnya. Kamu bisa menanyakannya secara langsung kepada pihak daycare atau menelusurinya ke dinas yang bersangkutan. Memastikan keamanan suatu lembaga menjadi hal penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, daycare dengan citra yang baik biasanya akan meninggalkan kesan yang positif di mata orang tua yang pernah menitipkan anaknya di tempat tersebut. Kamu bisa mencari informasi tentang tempat penitipan anak tersebut kepada orang tua yang sedang mengantar atau menjemput anak-anaknya disana.

Baca juga: 7 Ide Permainan Anak yang Mendidik untuk Tumbuh Kembangnya

  • Mencari Tahu Profil Pengasuh

cdc gsRi9cWCIB0 unsplash - Pertimbangkan 6 Hal Ini Saat Memilih Penitipan Anak

Sumber: unsplash

Kamu pastinya mengharap anak-anak diasuh oleh staf yang berkualitas. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu tentang profil pengasuh yang ada di daycare tersebut. Tempat penitipan yang baik pastinya merekrut staf pengasuh dengan kriteria unggul. Tak hanya punya background dalam pengasuhan anak, jam terbang yang tinggi serta kepribadian yang ramah anak harus menjadi fokus utama.

Dengan begitu, kamu pun akan merasa tenang menitipkan anak saat harus pergi bekerja. Selain itu, jumlah pengasuh dan anak yang dititipkan juga harus kamu perhatikan. Usahakan memilih daycare dengan tenaga pengasuh yang memadai agar anak benar-benar mendapat perawatan maksimal.

  • Memastikan Keamanan Lingkungan Sekitar

house automation with security camera 700x466 - Pertimbangkan 6 Hal Ini Saat Memilih Penitipan Anak

Sumber: freepik

Faktor keamanan jadi hal penting berikutnya dalam memilih tempat penitipan anak. Kamu bisa memilih daycare yang menyediakan tenaga security dan memasang CCTV di area penitipan anak. Hal ini harus jadi perhatian karena anak-anak akan dititipkan dalam waktu yang cukup lama. Apabila daycare yang dipilih punya standar keamanan yang baik, kamu pun juga akan merasa tenang selama bekerja.

  • Perhatikan Kebersihan Tempat Penitipan Anak

gautam arora 78Ae6N7rNvI unsplash - Pertimbangkan 6 Hal Ini Saat Memilih Penitipan Anak

Sumber: unsplash

Tips selanjutnya dalam menentukan daycare untuk anak adalah memperhatikan kebersihannya. Faktor kebersihan bisa kamu nilai dari keadaan lantai, dinding, dapur, toilet, dan arena bermain anak. Selain itu, perhatikan juga ventilasi pada bangunan daycare untuk memastikan sirkulasi udara yang baik. Tak hanya mengamati  lingkungan sekitar dan bangunan saja, kamu juga harus memastikan para pengasuh telah menerapkan pola hidup bersih saat merawat anak-anak di tempat penitipan.

Baca juga: Orang Tua dan Anak Harmonis, Ini Cara Bangun Relasinya

  • Ketahui Menu Makan Harian untuk Anak

tanaphong toochinda FEhFnQdLYyM unsplash - Pertimbangkan 6 Hal Ini Saat Memilih Penitipan Anak

Sumber: unsplash

Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, kamu juga harus mengetahui menu makan harian yang disediakan oleh pihak penitipan. Sebagai orang tua, pastinya kamu ingin anak-anak mendapat asupan makanan yang bergizi. Untuk memastikannya, kamu bisa menanyakannya pada pihak daycare. Apabila kurang puas dengan berbagai makanan yang diberikan, kamu bisa membawakan bekal tersendiri untuk anak-anak.

Selain itu, komunikasikan pada pihak daycare apabila anak punya riwayat alergi terhadap jenis makanan tertentu untuk menghindari hal-hal yang bisa membahayakan kesehatan anak. Jika kamu terbiasa melarang anak untuk menghindari suatu makanan, sebaiknya juga disampaikan kepada pihak penitipan.

  • Jadwal Kegiatan Anak yang Teratur

zoo monkey uD7ZRjhgwLo unsplash - Pertimbangkan 6 Hal Ini Saat Memilih Penitipan Anak

Sumber: unsplash

Satu hal lagi yang tidak boleh ketinggalan untuk kamu perhatikan adalah jadwal kegiatan anak. Tempat penitipan anak yang berkualitas pastinya sudah menyusun rangkaian aktivitas anak secara terstruktur. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak agar bisa optimal. Selain itu, pastikan anak tidak terkontaminasi dengan gadget saat berada di bawah pengasuhan daycare.

Baca juga: Ini Tahapan Tumbuh Kembang Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Memilih tempat penitipan anak tidak boleh dilakukan asal-asalan atau sembarangan. Jadi jangan hanya tergiur harga yang murah, namun juga perhatikan berbagai faktor yang telah dijelaskan diatas. Apabila dilakukan dengan tepat, kamu pun akan merasa tenang menitipkan anak pada orang lain saat harus bekerja.

Selain kritis dalam menentukan daycare untuk putra-putri tercinta, kamu juga harus pandai dalam mengelola keuangan tiap bulannya. Manfaatkan aplikasi Qelola untuk mengatur urusan finansial secara online. Melalui Qelola, kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

Tags: , , , ,