Ketahui Efek Buruk dan Cara Atasi Kecanduan Gadget pada Anak

cara mendidik anak membaca

Digitalisasi membuat banyak orang tidak bisa lepas dari yang namanya gadget. Hal ini membuat waktumu hanya dihabiskan di depan layar smartphone untuk sekedar update berita terkini, berkomunikasi di sosial media, atau bermain game. Kebiasaan ini lama-lama akan membuat kamu kecanduan gadget dan enggan berinteraksi dengan orang-orang di dunia nyata. Sayangnya, hal ini tak hanya terjadi pada orang dewasa saja tapi juga anak-anak.

Saat anak rewel dan tidak bisa diajak kompromi, kadang orang tua atau pengasuh akhirnya memilih untuk memberikan gadget kepada anak. Harapannya, anak bisa tenang dan menjadi senang karena melihat berbagai video atau games yang tersedia pada ponsel pintar. Namun, tanpa disadari hal ini justru jadi bumerang tersendiri. Kebiasaan ini membuat anak kecanduan dan sulit untuk dikendalikan. Padahal, jika hal ini dibiarkan akan berakibat fatal pada kesehatan anak baik secara fisik atau psikis. Ketahui ciri-ciri anak yang sudah ketergantungan gadget dan cara mengatasinya berikut ini.

Ciri-ciri  Anak Sudah Ketagihan Gadget

full shot kid sitting bed 700x466 - Ketahui Efek Buruk dan Cara Atasi Kecanduan Gadget pada Anak

Sumber: freepik

Sebagai orang tua atau pengasuh harus waspada jika anak mulai ketagihan gadget. Daripada menyesal di kemudian hari lebih baik mulailah untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Lalu seperti apa ya ciri-ciri anak yang sudah kecanduan gadget? Berikut ulasannya:

  • Main gadget dalam waktu yang lama

Saat anak mulai lupa waktu dan sulit berhenti untuk bermain gadget adalah sinyal yang menandakan bahwa anak sudah kecanduan gadget. Bahkan, anak akan semakin marah jika kamu mencoba mengambil ponsel dari tangannya. Yang awalnya hp sebagai senjata untuk membuat anak tenang dan tidak rewel, hal ini justru menjadi senjata makan tuan karena pada akhirnya anak menjadi ketergantungan.

  • Gelisah dan mudah marah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa efek negatif kecanduan hp tidak hanya pada fisik saja tapi juga emosional. Anak yang sudah ketergantungan gadget cenderung lebih mudah gelisah jika tidak memegang hp. Bahkan emosi anak juga gampang meledak-ledak karena terbiasa ditenangkan dengan hp saat sedang rewel.

  • Acuh pada hal-hal di sekitarnya

Kebiasaan menatap layar gadget secara terus menerus membuat anak tidak tertarik dengan hal-hal yang ada di sekitarnya. Bahkan, anak mulai tidak berminat untuk bermain dengan temannya dan memilih untuk bermain gadget. Padahal, bermain dengan teman sebayanya punya banyak manfaat bagi tumbuh kembang si anak.

Efek Negatif Jika Anak Kecanduan Gadget

pexels pavel danilyuk 5996689 - Ketahui Efek Buruk dan Cara Atasi Kecanduan Gadget pada Anak

Sumber: pexels oleh Pavel Danilyuk

Banyak orang tua yang pada awalnya tidak sadar bahwa mengenalkan gadget pada anak usia dini bisa berakibat fatal. Apalagi jika durasi screen time yang diberikan sangat lama sehingga membuat anak akhirnya ketergantungan dan tidak bisa lepas dari gadget. Efek negatif kecanduan gadget pada anak tak hanya mempengaruhi kesehatan fisik saja namun juga perkembangan psikologis si anak.

  • Efek buruk bagi kesehatan fisik

Menatap layar hp dalam waktu yang lama bisa mengganggu kesehatan mata anak. Selain itu anak mungkin akan merasa pusing atau kesulitan tidur karena terlalu lama terpapar cahaya ponsel. Anak juga akan merasakan nyeri punggung karena tidak memperhatikan posisi duduk yang benar. Bahkan, berat badan anak menurun karena tidak mau makan saking asyiknya bermain gadget.

  • Efek buruk bagi kesehatan psikis

Kecanduan gadget juga akan menyebabkan perubahan perilaku pada anak. Selain jadi mudah cemas, anak juga menjadi moody dan mengamuk. Parahnya, hal ini juga bisa mengganggu perkembangan otak anak. Paparan gadget yang berlangsung dalam waktu yang lama akan mempengaruhi kontrol emosi, fokus perhatian, dan perkembangan kognitif anak. Selain itu anak mulai kehilangan rasa empati dan kepedulian pada orang lain karena insula pada otak tidak berkembang.

Stop Kebiasaan Doyan Gadget dengan Cara Ini

young mother with little daughter exercise fitness ball 700x467 - Ketahui Efek Buruk dan Cara Atasi Kecanduan Gadget pada Anak

Sumber: freepik oleh jcomp

Jika kamu tidak mau efek buruk di atas terjadi pada anak, segera lakukan berbagai cara untuk menghentikan ketergantungan gadget pada anak. Bagaimana caranya? Simak informasinya berikut ini:

  • Tidak bermain gadget di depan anak

Menghentikan kebiasaan bermain gadget pada anak bisa dimulai dari orang tua atau pengasuhnya. Kamu juga harus mengurangi waktu bermain hp atau malah tidak memegang hp sama sekali saat sedang bersama anak. Perlu kamu tahu bahwa anak adalah peniru handal, jika melihat orang tuanya asyik dengan gadgetnya tentunya si anak juga ingin merasakan hal yang sama.

  • Tegas terhadap anak

Cara ini mungkin sedikit sulit dilakukan karena anak sudah terlanjur kecanduan dengan gadgetnya. Melarang anak untuk menghentikan kebiasaan yang sudah mendarah daging tentu membutuhkan usaha yang tidak mudah. Saat kamu mulai tegas membatasi jam layar anak, pastinya anak akan rewel, menangis histeris, dan mengamuk. Namun kamu tidak boleh menyerah karena hal ini demi kebaikan anak. Hindari menghentikan kebiasaan anak secara mendadak dan lakukan pengurangan waktu bermain dengan gadget secara bertahap.

  • Ajak anak main di luar

Peran orang tua atau pengasuh sangat penting dalam menghilangkan kebiasaan anak yang tak bisa lepas dari gadget. Bermainlah bersama dan ajak anak untuk banyak melakukan aktivitas baik di dalam atau di luar rumah. Kamu bisa meminta anak untuk membantumu memasak, menyiram tanaman, atau bersih-bersih rumah. Jika anak lebih tertarik dengan aktivitas outdoor, kamu bisa mengajaknya olahraga bareng, bermain sepeda, eksplor wahana rekreasi, atau main ke teman.

Baca juga: Jaga Kesehatan Anak, Babysitter Wajib Tahu 6 Tips Berikut

Berbagai informasi di atas semoga bisa membantumu untuk mengatasi masalah kecanduan gadget pada anak. Jika hal di atas tidak membuahkan hasil, kamu bisa berkonsultasi pada dokter anak untuk mendapatkan solusi yang tepat. Nah, hal yang tak kalah penting lainnya untuk kamu kuasai adalah bagaimana cara mengatur keuangan bulanan yang tepat. Kamu bisa percayakan hal ini pada aplikasi Qelola.

Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu. 

 

Tags: , , ,