4 Pulau Tersohor di Sekitar Pulau Semporna Sabah Malaysia

pulau semporna

Pariwisata Malaysia tak hanya sekedar Kuala Lumpur saja. Bagi kamu traveler sejati, Pulau Semporna di Sabah Malaysia Timur wajib masuk dalam daftar tujuan wisata selanjutnya yang tak boleh dilewatkan. Siapa sangka, Malaysia ternyata juga punya surga pulau menawan yang sering disejajarkan dengan pulau Maldives. Di Semporna kamu bisa eksplor banyak pulau eksotik yang menawarkan panorama instagenic.

Selain itu, pulau-pulau di sekitar Semporna juga menjadi tempat ideal untuk melakukan aktivitas diving. Jika kamu punya budget lebih, menginap di salah satu resort mewah yang ada disana akan jadi pengalaman liburan yang mengesankan. Ketahui rekomendasi pulau-pulau memikat di sekitar Semporna melalui artikel berikut ini.

Profil Singkat Pulau Semporna di Sabah Malaysia

Semporna adalah kota sekaligus pulau besar yang ada di divisi Tawau, pesisir timur Sabah, Malaysia Timur. Hal menarik dari dari pulau ini adalah banyak pulau-pulau surgawi dengan pemandangan magis yang mengelilinginya. Karena keindahan alamnya itulah yang membuat Semporna cukup populer di kalangan wisatawan domestik dan internasional. Akses menuju pulau Semporna bisa kamu lewati melalui jembatan Pegagau yang terhubung dengan daratan Malaysia.

Selain menjadi tempat favorit para penyelam, tempat ini terkenal karena menjadi langganan terselenggaranya event Regatta Lepa atau lomba dayung perahu kecil yang rutin diadakan tiap bulan April. Selama ini, Pulau Mabul dan Pulau Sipadan menjadi dua pulau primadona yang banyak menarik minat pelancong. Padahal, ada banyak pulau-pulau yang tak kalah cantik lainnya yang harus kamu eksplor saat memutuskan untuk liburan ke Semporna.

Baca juga: Liburan ke Sabah Malaysia? Jelajahi 7 Destinasi Wisata Ini

Pulau-pulau Menawan di Sekitar Semporna

Keajaiban alam bawah laut di Semporna berhasil mendongkrak pariwisata di Sabah Malaysia. Tak heran jika pulau-pulau di kawasan ini masuk jajaran top list para penyelam yang ada di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa daftar pulau magis yang ada di sekitar Semporna Malaysia:

  • Pulau Sipadan

pulau sipadan - 4 Pulau Tersohor di Sekitar Pulau Semporna Sabah Malaysia

Sumber: unsplash

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa Pulau Sipadan menjadi salah satu pulau favorit yang banyak dikunjungi turis. Memiliki ketinggian 600 meter di atas permukaan air laut, pulau ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk melakukan aktivitas scuba diving. Bahkan, berdasarkan hasil polling oleh Komite Suara 7 Keajaiban Alam Baru, Pulau Sipadan masuk ke dalam 77 bentang alam paling ajaib di dunia.

  • Pulau Mabul

pulau mabul - 4 Pulau Tersohor di Sekitar Pulau Semporna Sabah Malaysia

Sumber: unsplash

Lokasi Pulau Mabul cukup dengan Pulau Sipadan. Hanya dengan perjalanan 20 menit dari Sipadan, kamu sudah sampai ke Pulau Mabul. Pulau yang ada di pesisir pantai tenggara Sabah ini terbilang cukup unik. Bentuk pulau yang melengkung dan banyaknya batu karang yang menjadi habitat bagi ikan marin adalah salah satu penyebabnya. Tak hanya itu saja, pulau ini juga dihuni oleh banyak jenis biota laut lainnya seperti gurita, cumi, udang, kepiting, serta rumput laut.

Di sisi lain, scuba diving menjadi kegiatan yang wajib kamu coba saat datang ke pulau ini. Menariknya, kamu akan menemui banyak penduduk lokal yang menjual seafood dengan menggunakan kano. Untuk pengalaman yang lebih berkesan, kamu juga bisa menginap di salah satu resort mewah di sekitar pulau yang pastinya menyediakan fasilitas liburan yang lengkap.

  • Pulau Tatagan

pulau tatagan - 4 Pulau Tersohor di Sekitar Pulau Semporna Sabah Malaysia

Sumber: unsplash

Selain Pulau Sipadan dan Mabul, pulau lain yang harus kamu kunjungi saat berlibur ke Semporna adalah Pulau Tatagan. Sesampainya disana, kamu akan menemukan perkampungan di atas laut milik penduduk Bajau Laut. Kehidupan penduduk asli di pulau tersebut bahkan dijuluki dengan istilah Gipsi Laut. Karena sudah terbiasa hidup di laut maka tidak heran jika kamu akan menjumpai banyak anak-anak yang sudah mahir menggunakan perahu.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Pulau Tatagan, sebaiknya menyiapkan beberapa makanan atau hal lain yang bermanfaat untuk penduduk disana. Sebab, masyarakat asli di perkampungan air laut biasanya akan mendatangi perahu wisatawan untuk meminta uang atau barang-barang kepada pengunjung.

  • Pulau Bohey Dulang

pulau bohey dulang - 4 Pulau Tersohor di Sekitar Pulau Semporna Sabah Malaysia

Sumber: unsplash

Satu lagi rekomendasi pulau menarik yang ada di sekitar Pulau Semporna yaitu Bohey Dulang. Uniknya, pulau ini terbentuk karena aktivitas alam letusan gunung berapi yang terjadi jutaan tahun silam. Jika kamu berhasil menaklukan puncak bukit setinggi 300 meter yang ada di Pulau Bohey Dulang, bersiaplah untuk menyaksikan pemandangan luar biasa dari ketinggian tersebut.

Selain menaiki bukit, kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti snorkeling dan scuba diving. Bahkan, pengunjung juga bisa melihat pembibitan dan penetasan kerang raksasa saat mengunjungi pulau tersebut.

Baca juga: 6 Pilihan Wisata di Semporna Malaysia untuk Staycation Anda

Selain mengetahui daftar pulau-pulau eksotis di sekitar Pulau Semporna di Sabah Malaysia, kamu juga harus tahu aplikasi keuangan populer yang banyak digunakan oleh orang Indonesia di Malaysia. Salah satu aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara online yang terpercaya adalah Qelola. Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi.

Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonem

Tags: , , , , ,