7 Tempat Menarik di Cameron Malaysia yang Direkomendasikan

cameron highland

Dipenuhi dengan perkebunan teh dan juga perkebunan stroberi yang indah, Cameron menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh terlewat ketika Kamu berkunjung ke Malaysia. Cameron atau yang lebih dikenal dengan Cameron Highland merupakan dataran tinggi paling luas dan terkenal di Semenanjung Malaysia. Untuk mencapai Cameron Highland, Kamu harus menempuh waktu sekitar 4 jam dari Kuala Lumpur.

Nama Cameron sendiri diambil dari seorang penjelajah bernama Sir William Cameron yang juga memetakan wilayah tersebut. Hal ini dikarenakan dataran tinggi tersebut dikembangkan pada masa kolonial sebagai tempat pelarian dari dataran rendah beriklim panas. Dataran tinggi ini juga memiliki tampilan dan nuansa khas Inggris dengan pondok-pondok yang tersebar di sekitarnya. Dengan perpaduan yang menarik antara Inggris dan Melayu serta pemandangan alam yang luar biasa, Cameron Highland menjadi tempat yang sangat sempurna untuk berlibur.

Jika kamu mencari waktu yang optimal untuk berlibur, bulan Februari hingga April merupakan waktu terbaik untuk berkunjung karena bukan musim liburan dan suhu juga akan berada di kisaran 22 sampai 25 derajat celcius. Selain itu jalan dan atraksi lainnya juga tidak terlalu ramai sehingga kamu bisa berlibur dengan lebih tenang. Sedangkan peak season akan di mulai bulan Mei hingga September karena sudah memasuki musim liburan. Berikut adalah 7 daftar tempat menarik yang harus kamu kunjungi di Cameron Highland. 

Perkebunan Teh Boh 

Didirikan sejak tahun 1929, perkebunan teh ini adalah perkebunan teh terbesar di seluruh Asia Tenggara. Tentunya ini menjadi salah satu alasan mengapa kamu tidak boleh melewatkan destinasi menarik yang satu ini. Kamu bisa mendapatkan pemandangan terbaik dari perkebunan yang menyajikan pemandangan alam dengan udara yang sejuk. Produk teh dari perkebunan ini tidak hanya dijual dan dikonsumsi di Malaysia, tetapi juga memiliki permintaan pasar yang besar secara Internasional. Dengan total luas perkebunan teh hingga 8000 hektar, kamu bisa memiliki petualangan menjelajah dan juga mempelajari lebih dalam tentang tanaman teh. 

Taman Kupu-kupu 

butterfly that can t - 7 Tempat Menarik di Cameron Malaysia yang Direkomendasikan

Sumber : tripadvisor.co.id

Salah satu peternakan paling terkenal di Cameron Highland adalah Butterfly Garden atau Taman Kupu-Kupu. Tempat ini sangat menyenangkan untuk dikunjungi karena kamu bisa melihat ratusan atau bahkan ribuan kupu-kupu dengan warna dan ukuran yang berbeda beterbangan kesana kemari. Selain itu, rumah kaca yang besar memiliki bunga dan tanaman indah yang juga dipajang di sana. 

Air Terjun Thompson 

Air Terjun Thompson adalah tempat yang tepat bagi kamu pecinta alam yang menyukai kedamaian dan ketenangan. Jauh dari hiruk pikuk kota dan tidak terlalu ramai, kamu bisa membenamkan diri untuk melepas penat ke dalam air yang dingin dan menyegarkan. Lokasi yang dekat dengan Tanah Rata memudahkan kamu untuk mencapai tempat ini hanya dengan berjalan kaki.

Gunung Batu Brinchang

Gunung Batu Brinchang adalah dataran tertinggi di Cameron Highland dan bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan. Terletak di perbatasan Perak Pahang, Malaysia. Daya tarik terbesar dari gunung ini adalah kemudahannya dalam mencapai puncaknya karena bisa menggunakan kendaraan sehingga kamu tidak perlu berjalan kaki. Namun, bagi kamu yang suka mendaki tidak perlu khawatir karena ada jalur pendakian yang tersedia sejauh 12 km yang memakan waktu sekitar 3 jam untuk mencapai puncak. Di puncak juga tersedia menara observasi dan menjadi tempat ideal untuk menikmati keindahan dari Cameron Highland.

Hutan Mossy

Dataran tertinggi serta pegunungan lainnya di Cameron Highland dipenuhi dengan kawasan hutan, dan daerah tersebut sering disebut sebagai hutan mossy atau hutan berlumut. Kamu bisa menemukan banyak tanaman lumut dalam jumlah besar hingga anggrek liar di hutan ini. Bagi Kamu yang menyukai mendaki, ini adalah kesempatan yang bagus untuk menikmati alam dari dekat dalam bentuk yang paling otentik.

Time Tunnel Museum

Time Tunnel Museum merupakan museum yang memiliki berbagai benda, barang antik, foto dan furniture dari masa lalu Cameron Highland. Kamu bisa melihat sejarah mulai dari Perang Dunia II hingga dampak dari bencana longsor yang pernah terjadi pada tahun 1962 di Cameron. Museum ini juga menunjukan tentang bagaimana kehidupan di kota atau di desa pada masa lalu. Selain itu, ada pameran tentang kehidupan budaya orang asli Melayu yang bisa kamu nikmati. Ada lebih dari 4000 artefak yang bisa dibaca untuk membawa kamu kembali ke masa lalu. 

Kuil Sam Poh

Kuil Sam Poh yang penuh warna dan dekorasinya yang unik  adalah salah satu bangunan paling menarik di Cameron Highland. Bangunan ini berada di lereng bukit yang menghadap ke Kota Brinchang. Dibangun pada tahun 1972, kuil ini merupakan kuil Budha terbesar keempat di Malaysia.

Dengan beberapa rekomendasi daftar tempat menarik di Cameron Highland, ada baiknya bagi kamu untuk tetap merencanakan manakah yang akan kamu tuju dan berapa lama kamu akan berlibur. Sebagai salah satu bentuk persiapan liburan adalah memiliki aplikasi pembayaran dan transaksi yang mudah. Qelola hadir untuk membantu kamu melakukan transaksi antara Malaysia dan Indonesia. Dapatkan Qelola sekarang melalui tautan ini.

Tags: , , , ,