Daftar Tempat Seru di Cameron Highland yang Patut Dicoba

cameron highland

Kegiatan wisata atau liburan ke luar negeri adalah kegiatan yang butuh banyak perencanaan. Mulai dari penginapan, objek wisata tujuan, transportasi menuju negara tersebut dan selama liburan di sana, hingga memilih tempat makan yang halal bagi Anda yang muslim. Bahkan banyak juga yang membuat itinerary untuk memudahkan perjalanan di sana. Sehingga tidak sedikit wisatawan yang mencari objek wisata dengan banyak fasilitas. Dengan kata lain, terletak di 1 tempat tapi menawarkan berbagai macam keseruan. Jika Anda salah satu wisatawan yang cenderung mencari objek wisata tersebut, maka Cameron Highland, Pahang, Malaysia adalah salah satu jawabannya. Berikut adalah berbagai aktivitas seru yang bisa Anda dan keluarga nikmati dalam 1 tempat, Cameron Highland.

1.  Wisata Alam Anak-Anak dan Keluarga

Banyak wisata bertema yang ditawarkan oleh Cameron Highland sangat cocok dikunjungi oleh keluarga besar dengan segala usia. Beberapa tempat tersebut dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu perkebunan, pusat tanaman hias, dan peternakan. Pertama, terdapat 2 perkebunan yang memang sangat cocok tumbuh di tempat dingin atau dataran tinggi, yaitu kebun teh BOH Tea Plantation dan kebun stroberi satu-satunya di Malaysia. Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangannya saja, namun juga berbagai produk olahan hasil kebun tersebut. Belajar menanam teh lokal, minum teh langsung, memetik stroberi, hingga belanja selai dan milkshake stroberi.

Kedua, tidak tanggung-tanggung Cameron Highland memiliki pusat tanaman kaktus, taman lavender, dan taman mawar. Pusat tanaman kaktus utama di sana adalah Cactus Valley dan Cactus Point. Keduanya memiliki koleksi kaktus dari berbagai belahan dunia yang dipamerkan dan ada banyak kaktus mini yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh atau koleksi pribadi. Sedangkan Lavender Centre dan Rose Centre, tak perlu diragukan lagi keindahan dan wanginya kedua tempat ini. Koleksi varietas keduanya juga sangat beragam. Begitu juga produk olahan yang dihasilkan, seperti sabun, lilin aromaterapi dan sebagainya.

Ketiga, Anda bisa menikmati menariknya peternakan madu dan peternakan kupu-kupu. Untuk peternakan madu, Anda dapat mengunjungi Cameron Tringkap Bee Farm, Highlands Apiary Farm, dan ada juga peternakan kecil di sekitarnya. Tidak hanya mencicipi madu langsung di sana, Anda juga dapat membeli sabun madu, shampoo madu, dan olahan makanan lainnya. Sedangkan peternakan kupu-kupu atau yang lebih dikenal dengan Butterfly Farm, pasti akan memanjakan mata Anda dan anak-anak. Anda juga dapat melihat berbagai koleksi reptil dan serangga di sana lho. Mengasyikkan bukan?

2.  Wisata Alam Seru dan Menantang

cameron highlands mossy forest lokalocal 5 - Daftar Tempat Seru di Cameron Highland yang Patut Dicoba

Sumber: lokalocal.com

Jika beberapa tempat wisata di atas kurang menantang bagi Anda yang datang bersama teman satu geng, maka beberapa tempat wisata berikut ini harus dicoba. Pertama, Anda harus mencoba mendaki gunung dan melihat hutan lumut di Mossy Forest, Gunung Brinchang. Sesuai dengan namanya, ketika sampai di puncak Mossy Forest ini, Anda akan melihat lantai hutan yang tertutup lumut tebal. Jangan takut dulu dengan medannya, karena Anda dapat mengikuti jalur trekking dan hiking yang aman dan mudah dilalui. Sehingga tidak ada lagi ketakutan tersesat dan sebagainya. Bahkan jika beruntung, Anda dapat melihat bunga Rafflesia Arnoldi, serta flora dan fauna lainnya.

Selain mendaki gunung, Anda dan teman-teman juga bisa melihat keindahan beberapa air terjun di Cameron Highland. Diantaranya adalah Thompson Falls, Parit Waterfall, Robinson Waterfall, dan lain sebagainya. Beberapa air terjun ini mengharuskan Anda hiking beberapa menit, namun pemandangan dan sejuknya air akan membayar perjuangan Anda.

Kemudian apabila Anda tidak ingin melakukan aktivitas menantang tersebut, Anda dapat bermain golf di Golf Cameron Highland yang memiliki 18 lubang. Jika Anda tidak membawa perlengkapan golf Anda, tempat ini menyediakannya untuk disewa. Latar belakang pemandangannya saja kebun teh, sudah terbayang bukan keindahannya?

3.  Wisata Sejarah dan Budaya

Picture inside Time Tunnel Museum 1 - Daftar Tempat Seru di Cameron Highland yang Patut Dicoba

Sumber: adventoro.com

Selanjutnya bagi Anda pecinta wisata sejarah dan budaya, Anda harus mengunjungi beberapa tempat berikut ini. Pertama, ada Time Tunnel atau The Local Museum, tempat yang akan menawarkan Anda pengalaman kehidupan masa lampau. Anda dapat bermain dengan alat bersejarah yang telah dibuat peraganya, mencoba permainan vintage yang memiliki nilai kenangan yang tinggi, dan belajar hal seru lain dari masa lalu. Kedua, yaitu Mah Meri Art Gallery yang memiliki banyak sekali koleksi ukiran kayu unik dan kompleks karya penduduk Mah Meri. Barang-barang yang bisa Anda temui adalah patung, topeng, dan lain-lain.

Ketiga, Anda dapat mempelajari nilai budaya agama hindu dan buddha juga lho di sini. Untuk budaya agama hindu, Anda dapat mengunjungi Kuil Sri Thendayuthapany Swamy. Sedangkan untuk budaya agama buddha, Anda dapat datang ke Sam Poh Temple. Keduanya memiliki koleksi patung berwarna warni khas agama hindu atau buddha. Tidak hanya mempelajari budaya dari barang yang ada, Anda juga dapat melihat beberapa penganut yang berkunjung untuk berdoa.

Baca Juga: Temukan Tempat Wisata Menakjubkan Ini di Pahang Malaysia

Bagaimana? Penawaran yang menarik hanya dalam 1 tempat dan bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga. Tidak hanya beragam aktivitas seru, Anda juga bisa membeli oleh-oleh di sini. Jadi, tunggu apa lagi? Anda harus mencoba Cameron Highland ketika berkunjung ke Malaysia. Selain menghemat waktu perjalanan antar objek wisata, Anda juga akan lebih mudah ketika harus membuat itinerary. Anda tidak perlu berkunjung ke banyak tempat wisata dan menghabiskan banyak waktu di jalan selama liburan.

Tapi bagaimanapun konsep liburan Anda di luar negeri, Anda harus menyiapkan hal-hal kecil yang berkaitan dengan urusan di tanah air. Salah satu urusan yang harus disiapkan agar tidak mengganggu liburan Anda adalah membayar tagihan rutin di Indonesia. Gunakan aplikasi Qelola untuk mengurus hal seperti ini jauh lebih mudah. Dengan berbagai fiturnya, Anda bisa membayar tagihan rutin seperti BPJS, pulsa listrik, dan sebagainya meskipun Anda sedang ada di Malaysia. Yuk download Qelola di sini.

Tags: , , , ,