Prokes 3M, Apa Yang Harus Dilakukan dan Apa Manfaatnya?

corona prokes 3m

Pandemi virus Corona atau COVID-19 masih berlangsung saat ini. Meskipun beberapa daerah mulai menunjukkan penurunan kasus terinveksi COVID-19, tetap saja menjaga tubuh dengan pola hidup sehat harus Kamu lakukan dengan disiplin. Protokol kesehatan atau prokes menjadi kegiatan baru. Prokes 3M sampai saat ini masih menjadi kegiatan preventif untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Penyebaran COVID-19 harus terus ditekan penyebarannya, agar tingkat kematian dan penularannya bisa berkurang dari hari ke hari. Salah satu hal yang bisa Kamu lakukan adalah melakukan Prokes 3M dengan disiplin dan Kamu lakukan dimana dan kapan saja. Jika Kamu terbiasa dengan Prokes 3M, tentu akan terhindar dari penularan COVID-19. Kalau Kamu saja bisa terhindar, maka Kamu tidak akan membawa virus tersebut kepada orang-orang terdekat atau yang melakukan kontak.

Perilaku patuh dan disiplin Prokes 3M tidak hanya Kamu lakukan sendiri, tetapi juga secara kolektif. Artinya semua orang harus menerapkan perilaku ini secara sadar dan disiplin. Kalau hanya satu atau dua orang saja yang melakukannya, sedangkan kebanyakan orang umum tidak maka akan percuma dalam menekan rantai penyebaran COVID-19.

Prokes 3M dan Manfaatnya

Prokes 3M adalah aksi yang terdiri dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Berikut penjelasannya:

· Memakai Masker

masker pexels 700x467 - Prokes 3M, Apa Yang Harus Dilakukan dan Apa Manfaatnya?

sumber: Pexels.com

Memakai masker menjadi bagian dari Prokes 3M yang pertama. Memakai masker wajib Kamu lakukan jika melakukan aktivitas di luar rumah, seperi ke kantor, berbelanja, membeli kebutuhan sehari-hari, ke apotek, atau hanya sekedar olah raga jalan-jalan keluar rumah. Manfaat menggunakan masker adalah mampu menurunkan risiko penularan COVID-19 hingga 45 persen. Tidak semua jenis masker dapat Kamu gunakan. Menurut WHO terdapat tiga jenis masker yang Kamu gunakan, yaitu:

  • N95 umumnya paling sering terpakai oleh petugas kesehatan yang menangani pasien COVID-19.

  • Masker bedah dengan 3 apply yang umum bagi petugas medis karena memiliki 3 lapisan sehingga mampu menekan penyebaran virus.

  • Masker bahan dasar kain merupakan jenis masker yang disarankan WHO karena praktis dan tidak menimbulkan sampah. Selain lebih terjangkau, Kamu bisa mencuci masker ini untuk Kamu gunakan lagi. Untuk masker kain, harus yang terbuat dengan tiga lapisan dan berbahan tidak elastis.

Berikut panduan menggunakan masker yang tepat:

  • Sebelum memakai masker, cuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan hand sanitizer.

  • Gunakan masker dengan menutup mulut dan hidung.

  • Jangan sampai ada sela antara wajah dan masker, agar polusi atau udara yang membawa virus tidak masuk ke sisi dalam masker.

  • Jangan sentuh masker yang sudah Kamu gunakan, kecuali keadaan darurat.

  • Ganti masker yang basah atau lembap. Sebaiknya gantilah masker setiap 4 jam sekali, terlebih jika Kamu banyak melakukan aktivitas keluar rumah. Khusus untuk masker medis hanya boleh Kamu gunakan satu kali pakai saja.

  • Buang masker medis pada tempat sampah tertutup

  • Ketika akan membuka masker, lakukan terlebih dahulu dari tali belakang telinga. Usahakan tangan tidak menyentuh bagian depan masker.

  • Cuci tangan setelah menyentuh atau membuang masker.

Mencuci Tangan

cuci tangan pexels 700x467 - Prokes 3M, Apa Yang Harus Dilakukan dan Apa Manfaatnya?

sumber: Pexels.com

Mencuci tangan menjadi Prokes 3M selanjutnya. Sesuai anjuran WHO, cucilah tangan menggunakan sabun dengan air mengalir selama 20-30 detik atau menggunakan hand sanitizer yang memiliki kadar alkohol minimal 60 persen. Mencuci tangan mampu menurunkan risiko penularan COVID-19 hingga 35 persen. Tangan termasuk bagian yang bisa menjadi sarang virus maupun bakteri. Karena Kamu banyak melakukan aktivitas menggunakan tangan. Menurut penelitian, setiap orang setidaknya membawa 3 ribu bakteri pada telapak tangannya.

Berikut panduan mencuci tangan yang benar, yakni:

  • Membasahi tangan dengan air mengalir.

  • Gunakan sabun atau cairan antiseptik pada tangan.

  • Gosok permukaan tangan, telapak, punggung, dan sela-sela jari selama minimal 20 detik. Tidak lupa sela-sela kuku juga Kamu bersihkan.

  • Bilas tangan dengan air mengalir hingga bersih. Untuk lebih efektif dalam membasuh tangan, lakukan penggosokkan juga pada telapak, punggung, permukaan tangan, sela-sela jari dan kuku.

  • Keringkan tangan dengan kain bersih atau tisu pengering yang kemudian Kamu buang ke tempat sampah.

  • Biasakan mencuci tangan setelah berkegiatan dari luar rumah. Mencuci tangan juga perlu Kamu lakukan ketika sebelum makan, usai batuk atau bersin, setelah ke kamar mandi, dan masih banyak lainnya.

  • Jika Kamu tidak memiliki sabun atau tidak ada fasilitas air mengalir, bisa menggunakan cairan pembersih tangan dengan kadar alkohol minimal 60 persen atau menggunakan produk hand sanitizer.

Menjaga Jarak

jaga jarak pexels 700x467 - Prokes 3M, Apa Yang Harus Dilakukan dan Apa Manfaatnya?

sumber: Pexels.com

Prokes 3M terakhir adalah menjaga jarak atau social distancing dengan jarak minimal 2 meter antar orang dan menghindari kerumunan. Saat bertemu dengan orang lain pastikan jaraknya jangan terlalu dekat. Jika sedang makan bersama sebaiknya beri jarak satu kursi dengan teman atau orang lain. COVID-19 dapat berpindah dalam radius 1,8 meter. Dengan menjaga jarak, Kamu meminimalkan risiko penyebaran COVID-19 hingga 85 persen. Jika tidak penting-penting sekali, usahakan untuk tidak mengobrol dengan orang lain. Berikut panduan menjaga jarak dengan betul:

  • Jika tidak penting sekali tidak usah keluar rumah.

  • Lakukan pekerjaan, belajar, dan beribadah dalam rumah saja

  • Keluar rumah hanya untuk hal-hal penting dan bersifat urgen.

  • Sebisa mungkin menghindari menggunakan kendaraan umum, karena akan terjadi kerumunan.

  • Gunakan masker dalam rumah jika Kamu perlukan.

  • Komunikasi tatap muka bisa Kamu lakukan melalui video call atau aplikasi daring.

  • Gunakan smartphone Kamu untuk menghubungi layanan online, seperti konsultasi dokter atau kebutuhan lainnya.

  • Lakukan isolasi mandiri jika mengalami demam atau merasa batuk kering. Tunda pertemuan dengan teman atau kegiatan event yang mengundang kerumunan.

Manfaatkan aplikasi Qelola untuk melakukan transaksi pembayaran selama berada di Malaysia dan kirim uang keluar negeri tanpa tambahan biaya. Cara mendapatkannya? Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Qelola secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, tinggal menikmati beragam fasilitasnya yang memudahkan kebutuhan finansialmu. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya terbukti akurat dan resmi untuk kebutuhanmu belajar terkait TKI, kesehatan, pendidikan, wisata, cara dan tips mengelola keuangan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,