Tips Asyik Berbelanja Online Aman Tanpa Rugi

online shopping - Tips Asyik Berbelanja Online Aman Tanpa Rugi

Teknologi internet sangat berkembang pesat yang tentunya dari waktu ke waktu terus berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi manusia, salah satu bentuk kemajuan yang dapat dirasakan saat ini adalah belanja online.

Saat Anda tinggal di luar negeri pun, Anda juga menginginkan kemudahan berbelanja online, terutama di musim pandemi seperti ini. apa sih belanja online itu? Bagaimana prosesnya? Apa tips amannya?

Pengertian Belanja Online

Belanja online merupakan aktivitas membeli produk atau jasa melalui internet tanpa harus bertemu langsung dengan penjual.

Pembeli dapat melihat gambar barang yang ingin dibeli beserta harga yang ditawarkan, selanjutnya pembeli melakukan pembayaran dan penjual mengirimkan barang yang dibeli.

Pembeli dapat mencari barang yang ingin di beli langsung melalui hp tanpa harus keluar rumah, dan pastinya hp yang digunakan telah menginstall aplikasi-aplikasi yang diperlukan serta terhubung dengan jaringan internet.

Banyak tempat atau aplikasi yang dapat mempertemukan antara pembeli dan penjual secara virtual, ada yang lewat sosial media seperti facebook dan instagram, lewat forum jual beli, situs toko online dan marketplace.

Selanjutnya pembeli dan penjual dapat melakukan transaksi dengan berkomunikasi melalui whatsapp, telp, atau chat langsung dari aplikasi sosial media dan marketplace yang digunakan.

Tempat-Tempat Belanja Online

Belanja adalah sebuah kegiatan jual beli antara pembeli dan penjual di sebuah tempat baik itu mall, pasar, supermarket, toko atau lainnya. Sedangkan jika dilakukan secara online maka pembeli dan penjual tidak saling bertemu sehingga keduanya bertransaksi melalui internet menggunakan aplikasi atau website.

Tempat belanja online artinya sebuah media yang mempertemukan pembeli dan penjual secara daring (dalam jaringan), media yang digunakan untuk jual beli online berbentuk aplikasi atau website.

Sosial Media

social media 4140959 700x467 - Tips Asyik Berbelanja Online Aman Tanpa Rugi

sumber : pexels

Sosial media atau sosmed merupakan sebuah platform atau aplikasi yang digunakan untuk saling berkomunikasi, sosmed yang paling banyak digunakan saat ini seperti facebook dan instagram.

Banyak orang yang melakukan belanja online melalui sosial media tersebut. Namun pastikan sebuah toko atau penjual terpercaya dan terjamin karena memang belakangan ini banyak banget toko online penipu.

Maraknya penipuan belanja online lewat sosial media baik itu di instagram, facebook atau sosmed lainnya maka pembeli harus cermat dan berhati-hati, jangan sampai salah memilih toko.

Saat belanja lewat sosial media maka kami sarankan untuk membeli di penjual yang berlokasi sama dengan anda (pembeli). Sehingga anda bisa mengajak pembayaran secara COD (bayar ditempat).  Namun kalau terpaksa harus transfer maka gunakan rekening bersama untuk menghindari terjadinya penipuan.

Marketplace

Marketplace adalah sebuah situs atau aplikasi yang memfasilitasi penjual untuk berjualan online, belanja online di marketplace cenderung lebih aman dibandingkan dengan belanja di sosial media.

Kok bisa lebih aman??

Karena kita bisa melihat reputasi sebuah toko sebelum melakukan pembelian. Tak hanya itu uang yang kita bayarkan akan ditahan terlebih dahulu oleh pihak marketplace. Sebelum barang sampai dan sesuai dengan pesanan.

Jika pesanan tidak sesuai maka pembeli berhak mengajukan klaim pengembalian dana. Adapun teknis mengajukan klaim biasanya sudah di cantumkan di marketplace tersebut.

Tips Aman Belanja Online Tanpa Rugi

laptop shopping bags online shopping concept 1423 189 - Tips Asyik Berbelanja Online Aman Tanpa Rugi

sumber : unsplash

Seperti yang anda ketahui bahwa belanja online merupakan aktivitas membeli barang lewat internet tanpa harus ketemu langsung dengan penjual. Pembeli cukup membayar lewat transfer dan penjual akan mengirim barangnya.

Tapi, nyatanya!!

Akhir-akhir ini banyak penipu yang berkeliaran dengan modus jualan online. Dengan membuat sebuah toko di sosial media untuk menjerat korban.

Agar anda tidak menjadi korban penipuan maka anda harus mempelajari tips aman belanja online. Bila perlu share ke orang-orang terdekat anda agar dapat mengenali penipu dalam belanja online.

Jangan tergoda dengan harga murah

Biasanya penipu akan menawarkan harga jual yang jauh lebih murah dari harga normal di pasaran. Sebagai contohnya saja hp mahal di pasaran di jual dengan harga Rp1 juta padahal harga normalnya adalah 4 jutaan. Tentu ini tidak masuk akal.

Minta Pembayaran COD atau bila perlu ketemuan

Seperti yang telah kami jelaskan diartikel lain arti dari cod adalah bayar ditempat. Barang dikirim dulu oleh penjual selanjutnya pembeli bayar ke kurir yang mengantarkannya.

Atau jika memang tinggal di daerah yang sama maka alangkah baiknya untuk bertemu saja. Apalagi nilai transaksi yang terbilang besar. Jika penjual menolak dapat dipastikan toko tersebut adalah toko penipu.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Belanja Dengan Sistem COD

Pakai Rekening Bersama

Kalau memang anda menjumpai barang murah di sosial media (facebook atau ig) maka kami sarankan untuk melakukan pembayaran menggunakan rekber atau rekening bersama.

Untuk menunjang kemudahan belanja online kamu bisa menggunakan aplikasi keuangan secara online. Dengan begitu, kamu akan lebih nyaman saat belanja online. Sementara untuk urusan transfer uang antar negara seperti dari Indonesia ke Malaysia, percayakan saja pada aplikasi Qelola. Qelola bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store. Daftarkan dirimu sekarang, dan dapatkan berbagai kemudahannya.

 

Tags: , , , , , , ,