Kelebihan dan Kekurangan Belanja Dengan Sistem COD

sistem cod

Istilah cash on delivery (COD) tentu bukan hal yang asing bagi kalian yang sudah sering belanja online. Bahkan sistem COD belakangan ini menjadi populär karena banyak benefit yang didapatkan oleh para pembeli, di antaranya adalah dalam hal keamanan. Tak dapat dipungkiri, bahwa maraknya penipuan dalam jual-beli online memang membuat banyak orang menjadi khawatir untuk melakukan transaksi jual-beli online. Oleh karena itu, sistem COD merupakan pilihan yang tepat karena pembeli bisa langsung melakukan pembayaran secara tunai saat pesanan tiba. Selain itu, sistem pembayaran ini juga dinilai lebih praktis karena sangat bermanfaat bagi mereka yang belum memiliki rekening sekalipun.

Mengenal Apa itu Sistem COD

qelola 6 2 - Kelebihan dan Kekurangan Belanja Dengan Sistem COD

sumber: unsplash

COD adalah sebuah layanan sistem pembayaran yang memunginkan penerima melakukan transaksi saat pesanan tiba di alamat. Dengan kata lain, penjual akan mengirimkan pesanan melalui ekspedisi, kemudian ketika pesanan sudah sampai ke alamat, maka pembeli memiliki kewajiban melunasi pembayaran sesuai nominal yang telah disepakati. Banyaknya peminat sistem pembayaran ini membuat pebisnis yang memasarkan produknya secara online menjadikan COD sebagai salah satu strategi untuk menggaet lebih banyak pembeli. Sistemasi COD selengkapnya bisa dilihat dari ulasan di bawah ini:

  • Setelah pembeli melakukan transaksi pembelian, marketplace atau penjual barang akan mengirimkan produk ke tim ekspedisi yang menyediakan fitur COD.
  • Lalu ekspedisi akan mengirimkan paket hasil penjualan kepada pembeli.
  • Pembeli akan membayar barang beserta ongkirnya ke kurir ekspedisi setelah melihat barang sesuai dengan deskripsi produk yang tertera oleh penjual.
  • Kurir yang sudah menerimanya secara cash, selanjutnya akan menyetorkan uang tersebut kepada bagian keuangan ekspedisi.
  • Kemudian bagian keuangan ekspedisi akan mentransfer uang barang penjual secara utuh dikurangi ongkir dari ekspedisi tersebut.

Namun sayangnya, strategi pembayaran ini juga memiliki nilai plus dan minus bagi penjual.  Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan sistem pembayaran COD yang perlu diketahui.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD

qelola 10 2 - Kelebihan dan Kekurangan Belanja Dengan Sistem COD

sumber: unsplash

Sistem pembayaran COD ini sebenarnya merupakan salah satu metode pembayaran yang sudah ada sejak dahulu. Sebelum diterapkan menjadi salah satu metode pembayaran di beberapa marketplace, COD sudah umum dilakukan saat bertransaksi di Forum Jual Beli (FJB) online. Khususnya FJB lokal satu daerah yang memungkinkan para penjual dan pembeli bertemu secara langsung dalam radius yang cukup kecil. Perbedaan COD di FJB online khususnya barang bekas adalah pembeli bisa melihat barang terlebih dahulu dan mengeceknya. Sedangkan sistem pembayaran COD di marketplace, pembeli harus membayar terlebih dahulu sebelum membuka paket yang mereka tunggu. Saat ini COD memang kembali menjadi metode pembayaran yang menguntungkan bagi pembeli. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari sistem COD ini?

1. Kelebihan

Dari sisi pembeli, kelebihan sistem ini terletak pada jaminan keamanan yang diperoleh. Sehingga pembeli yang ingin melakukan pemesanan barang secara online tidak perlu khawatir dengan penipuan. Selain itu, sistem pembayaran ini juga sangat mudah bahkan bisa dilakukan oleh setiap orang tanpa harus memiliki rekening di Bank. Sementara dari segi penjual, keuntungan sistem pembayaran COD antara lain adalah dapat mendatangkan pembeli lebih banyak. Kemudahan sistem pembayaran ini tentunya akan membuat calon pembeli merasa dimudahkan dalam melakukan transaksi. Selain itu, reputasi dan kepercayaan toko juga bisa meningkat karena pembeli tidak perlu khawatir dengan penipuan.

2. Kekurangan

Meskipun dianggap dan dipercaya memiliki banyak keunggulan, salah satunya dari segi keamanan yang terjamin, namun sistem pembayaran COD juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan. Nilai minus ini lebih banyak ditemui dari sisi penjual, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, cashflow menjadi macet atau lebih lambat karena pemasukan dapat diperoleh setelah transaksi selesai. Itu artinya, penjual harus menunggu barang sampai ke pembeli terlebih dahulu agar keuntungan penjualan bisa masuk ke rekening penjual.  Oleh karena itu, penggunaan sistem pembayaran COD dapat memberikan dampak yang berisiko pada bisnis jika tidak diiringi dengan cadangan kas yang cukup.
  • Kedua, penjual harus siap jika terjadi pembatalan transaksi secara sepihak oleh pembeli. Seringkali, saat melakukan pemesanan pembeli akan membatalkan secara sepihak dengan berbagai alasan. Sehingga konsekuensinya, penjual harus menanggung biaya kirim dua kali lipat. Jika sudah demikian, maka bukan hanya kerugian biaya kirim yang ditanggung oleh penjual, melainkan juga risiko kerusakan barang karena terlalu lama di perjalanan.
  • Ketiga, jangkauan wilayah yang terbatas dan tidak merata di semua wilayah. Hal ini diakibatkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah kondisi alam dan keamanan. Keterbatasan jangkauan wilayah ini membuat kemudahan transaksi COD tidak bisa dirasakan oleh semua calon pembeli.

Baca juga: Tips Cerdas Agar Hemat Berbelanja Kebutuhan Rumah Tangga

Itu dia ulasan seputar apa itu sistem COD, kelebihan, dan kekurangannya. Kalau kamu lebih suka melakukan pembayaran pakai sistem apa saat belanja online? Apapun pilihanmu, pastikan metode pembayaran yang kamu pilih aman dan terpercaya. Dengan begitu, kamu akan lebih nyaman saat belanja online. Sementara untuk urusan transfer uang antar negara seperti dari Indonesia ke Malaysia, percayakan saja pada aplikasi Qelola. Qelola bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store. Daftarkan dirimu sekarang, dan dapatkan berbagai kemudahannya.

Tags: , , , ,