Daftar Rumah Sakit dan Biaya Operasi Ganti Sendi Lutut di Malaysia

Operasi ganti sendi lutut

Nyeri sendi di lutut tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Selain mengganggu aktivitas sehari-hari, nyeri yang tidak segera diobati bisa membuat kondisi sendi bisa semakin parah. Umumnya, peradangan pada sendi lebih banyak dialami oleh kalangan lanjut usia. Namun hal tersebut tak menutup kemungkinan bisa terjadi pada siapa saja apabila mengalami cedera lutut yang cukup berat.

Nyeri sendi yang dirasakan seseorang saat berjalan, naik tangga, atau bahkan duduk menjadi sinyal bahwa ada kerusakan pada sendi lutut. Jika tidak segera ditangani dengan benar, besar kemungkinan kamu harus menjalani operasi ganti sendi lutut. Sebelum menjalani prosedur operasi, biasanya dokter akan melakukan tindakan non bedah seperti pemberian obat-obatan dan terapi. Apabila kondisi sendi lutut tidak membaik setelah dilakukan upaya non bedah tersebut, maka tindakan operasi menjadi solusi terakhir.

Biaya yang dibutuhkan untuk operasi ganti sendi lutut di tiap-tiap rumah sakit pastinya berbeda. Walaupun tindakan medis penggantian sendi lutut di Indonesia sudah maju, namun banyak orang yang rela terbang ke Malaysia untuk melakukan tindak operasi tersebut. Ketahui lebih jauh tentang operasi ganti sendi lutut dan rumah sakit yang bisa kamu datangi di Malaysia sebagai referensi untuk berobat di bawah ini.

Siapa yang Bisa Menjalani Operasi Penggantian Sendi?

woman runner hold knee pain 700x467 - Daftar Rumah Sakit dan Biaya Operasi Ganti Sendi Lutut di Malaysia

Sumber: freepik oleh jcomp

Operasi ganti sendi lutut adalah tindakan medis untuk mengganti sendi lutut yang mengalami kerusakan dengan prostetik atau sendi lutut buatan. Operasi tersebut dilakukan agar pasien dapat beraktivitas normal dengan lututnya tanpa merasakan nyeri sendi lagi. Beberapa jenis radang sendi yang berisiko untuk menjalani bedah operasi adalah rheumatoid arthritis, osteoarthritis, dan arthritis pasca trauma.

Radang sendi yang parah biasanya ditandai dengan nyeri hebat yang tetap terasa walaupun pasien sedang tidak melakukan aktivitas. Namun, sebelum dokter menyarankan pasien untuk melakukan operasi, pengobatan non bedah akan menjadi prioritas utama. Pertama, dokter akan meresepkan beberapa jenis obat seperti obat antiinflamasi non steroid, kortikosteroid, dan suplemen sendi seperti glukosamin dan kondroitin sulfat. Selain itu, pasien juga akan menjalani beberapa hal seperti fisioterapi, memakai tongkat, diet, dan mengurangi kegiatan fisik terutama pada lutut dan kaki.

Tentang Operasi Penggantian Sendi Lutut

woman getting knee ultrasound scanning examination clinic 700x467 - Daftar Rumah Sakit dan Biaya Operasi Ganti Sendi Lutut di Malaysia

Sumber: freepik oleh serhii_bobyk

Apabila cara-cara non bedah tidak membuahkan hasil, maka operasi penggantian sendi lutut menjadi satu-satunya jalan keluar. Sebelum tindakan operasi dilakukan, pasien biasanya akan menjalani serangkaian tes terlebih dulu. Mulai dari cek riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, foto rontgen, tes darah, MRI, dan juga CT scan.

Proses operasi umumnya akan dilakukan oleh dokter ortopedi. Penggantian sendi lutut yang rusak juga disesuaikan dengan kondisi yang dialami oleh pasien tersebut. Ada tiga jenis tindakan operasi penggantian sendi lutut yang bisa dilakukan yaitu penggantian lutut total, penggantian lutut parsial, dan penggantian lutut bilateral. Informasi lebih detail akan diulas berikut ini.

  • Operasi Ganti Lutut Total

Bedah penggantian lutut total dijalankan dengan mengganti semua bagian sendi lutut yang meliputi tulang tempurung lutut, sebagian tulang paha, tulang kering, dan tulang betis. Tulang, sendi dan bantalan sendi lutut semuanya diganti dengan logam atau plastik.

  • Operasi Ganti Lutut Parsial

Operasi jenis ini hanya mengganti bagian tulang dan sendi yang mengalami peradangan. Jika peradangan muncul di sendi lutut bagian bawah, maka hanya bagian bawah tersebut yang mengalami pemotongan tulang dan penggantian bantalan sendi. Umumnya, proses penyembuhan operasi ganti lutut parsial lebih cepat dibandingkan dengan operasi ganti lutut total. Namun pasien berisiko menjalani operasi ulang apabila radang sendi menyebar ke bagian lain.

  • Operasi Ganti Lutut Bilateral

Penggantian lutut bilateral adalah tindakan operasi pada kedua lutut sekaligus. Pasien yang divonis mengalami radang sendi pada kedua lututnya harus menjalani prosedur operasi tersebut. Walaupun kedua lutut bisa ditangani dengan segera namun biasanya masa pemulihan akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari jenis operasi lutut lainnya.

Baca juga: 6 Alasan Utama Orang Indonesia Pilih Berobat di Malaysia

Operasi Ganti Sendi Lutut di Malaysia

closeup shot waving flag malaysia with interesting textures 700x400 - Daftar Rumah Sakit dan Biaya Operasi Ganti Sendi Lutut di Malaysia

Sumber: freepik oleh wirestock

Banyak orang Indonesia yang datang ke Malaysia untuk berobat. Hal ini karena penanganan medis di Malaysia memiliki standar internasional dengan fasilitas yang lengkap. Walaupun dipercaya punya kualitas lebih baik, namun biaya yang harus dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. Operasi penggantian sendi lutut di Malaysia sendiri harganya bervariasi. Jika kamu memilih rumah sakit yang ada di Kuala Lumpur, estimasi biaya yang diperlukan sekitar RM45.000 hingga RM50.000.

Opsi harga yang lebih kompetitif bisa kamu dapatkan jika memilih rumah sakit di Penang, Malaysia. Biaya operasi ganti sendi lutut di beberapa rumah sakit di Penang adalah RM35.000 hingga RM40.000. Berikut adalah daftar rumah sakit di Malaysia yang bisa kamu kunjungi untuk operasi sendi lutut:

  1. Sunway Medical Centre Kuala Lumpur
  2. Gleneagles Kuala Lumpur
  3. Island Hospital Penang
  4. Gleneagles Penang

Baca juga: Inilah Rumah Sakit Rekomendasi di Penang Malaysia

Demikian rangkaian informasi tentang operasi ganti sendi lutut yang bisa kamu simak. Tidak semua penderita nyeri sendi akan menjalani operasi lutut, jika belum parah biasanya pasien akan diberi obat dan menjalani terapi terlebih dulu. Opsi berobat ke rumah sakit di Malaysia juga bisa kamu pertimbangkan untuk hasil yang terbaik. Selain memiliki fasilitas kesehatan yang mumpuni, di Malaysia juga ada aplikasi keuangan populer yang menawarkan banyak fitur yang bermanfaat yaitu Qelola.

Qelola merupakan aplikasi keuangan online yang punya banyak fitur-fitur menarik di dalamnya. Melalui aplikasi Qelola kamu bisa bayar tagihan listrik, air, dan BPJS dalam satu aplikasi. Selain itu kamu juga bisa beli pulsa, kuota internet, bahkan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia lho! Segera unduh aplikasi Qelola disini, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan langsung dari smartphonemu.

 

Tags: , , , , , ,