Ikuti Panduan Medical Check Up di Malaysia Terbaru

medical check up

Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga sehingga orang-orang rela melakukan pengobatan apapun untuk menyembuhkan penyakit. Namun sebenarnya hampir semua penyakit dapat dideteksi sejak dini. Itulah kenapa banyak orang mulai melakukan medical check up secara rutin. Medical check up sendiri merupakan pemeriksaan menyeluruh pada semua organ tubuh untuk melihat apakah ada masalah kesehatan atau tidak. Hal ini bisa menjadi tindakan pencegahan dari penyakit yang lebih serius. Karena semakin dini suatu penyakit diketahui, maka semakin besar pula akan sembuh. Tidak sedikit yang rela melakukan pemeriksaan menyeluruh ini ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Malaysia menjadi salah satu negara tetangga favorit untuk mendapatkan layanan kesehatan, termasuk pemeriksaan menyeluruh. Berikut ini adalah panduan medical check up di Malaysia yang harus kamu ikuti.

A.  Tahapan Mendaftar Medical Check Up

1.       Paket Medical Check Up

Medical check up memiliki beberapa paket pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Tentu setiap paket akan menawarkan harga yang berbeda. Bahkan harga untuk tiap rumah sakit di Malaysia juga akan berbeda. Semakin lengkap prosedur pemeriksaan yang kamu pilih, kemungkinan besar akan membutuhkan biaya yang lebih besar.

2.       Jadwal Pemeriksaan

Setelah kamu menentukan rumah sakit sekaligus paket medical check up yang tepat, kamu harus melakukan pendaftaran secara online. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu kamu melakukan proses ini. Namun banyak juga website resmi dari rumah sakit yang menyediakan platform pendaftaran online. Kamu dapat mengeceknya saat mengunjungi website resmi mereka.

3.       Tiket Pesawat ke Malaysia

Ketika kamu sudah diberikan tanggal dan waktu medical check up dari rumah sakit tujuan, kamu harus segera mencari tiket pesawat atau kapal untuk berangkat ke Malaysia. Saat ini sudah banyak rute yang bisa kamu pilih dari berbagai maskapai penerbangan. Beberapa rute turun di Kuala Lumpur, Penang, dan Malaka. Jadi, kamu bisa menyesuaikannya dengan lokasi rumah sakit.

4.       Dokumen Perjalanan

Tentu saja langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen perjalan yang dibutuhkan. Mulai dari paspor, visa, hingga uang tunai ringgit. Untuk urusan paspor dan visa, pastikan keduanya masih berlaku sesuai aturan. Jika memang ternyata kamu harus melakukan perpanjangan, sebisa mungkin untuk selesai sebelum jadwal keberangkatanmu. Kemudian untuk uang tunai, meskipun kamu dapat menggunakan kartu kredit atau kartu debit, sebaiknya tetap menyiapkan uang tunai untuk berjaga-jaga. Lebih baik lagi jika kamu juga memiliki alat pembayaran online yang bisa digunakan di sana. Salah satu aplikasi tersebut adalah Qelola.

5.       Akomodasi dan Transportasi Selama di Malaysia

Akomodasi dan transportasi selama ada di Malaysia harus ditentukan sebelum kamu berangkat. Dengan begitu, kamu dapat menghemat energi dan lebih siap menjalani pemeriksaan. Pilih akomodasi yang memiliki jarak terdekat dengan rumah sakit dan juga mudah diakses. Termasuk tanyakan kepada pihak hotel apabila kamu membutuhkan penjemputan dari bandara dan fasilitas lain bila perlu.

Sedangkan untuk transportasi, kamu mungkin akan membutuhkan mobil sewaan jika ingin ke tempat lain selain rumah sakit, misal membeli sedikit oleh-oleh, dan sebagainya. Karena layanan antar jemput dari rumah sakit biasanya hanya berlaku dari bandara ke penginapan.

front view assortment medical still life elements 700x467 - Ikuti Panduan Medical Check Up di Malaysia Terbaru

B.  Medical Check Up Saat Pandemi

Situasi yang sedang terjadi saat ini mungkin akan menghambat kamu melakukan medical check up di Malaysia. Hal ini karena pemerintah Malaysia hanya mengizinkan pasien dengan kondisi yang kritis dan butuh operasi. Meskipun begitu, kamu dapat melakukan konsultasi online, misal melalui video call, dengan dokter yang bersangkutan. Kamu dapat menanyakan pelayanan seperti ini kepada pihak rumah sakit apakah mereka menyediakannya atau tidak. Karena bagaimanapun juga pemeriksaan menyeluruh saat masa pandemi menjadi lebih dibutuhkan. Terutama apabila kamu memiliki riwayat penyakit yang serius dan berkaitan dengan sistem pernapasan.

Kegiatan pemeriksaan rutin ini sering dianggap sebagai hal yang kurang penting. Padahal dengan memeriksakan diri sebelum terjadi keluhan apapun akan mengurangi risiko terkena penyakit yang lebih serius sehingga susah disembuhkan karena baru diketahui saat sudah terlanjur parah. Bisa jadi, biaya untuk penyembuhan akan lebih besar daripada biaya pemeriksaan yang berkala. Selain itu, pemeriksaan menyeluruh ini juga akan membuat kamu lebih mawas diri dalam menjaga kesehatan. Hal ini karena gaya hidup kamu akan terkontrol dengan baik.

Untuk mempermudah transaksi keuangan selama medical check up di Malaysia, kamu dapat menggunakan aplikasi Qelola dan segala fitur di dalamnya. Bahkan tidak hanya melakukan pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia, Qelola juga mampu membantu kamu membayar tagihan di Indonesia meskipun sedang ada di Malaysia melalui smartphone. Jadi, kamu tidak perlu merasa harus ke ATM saat menjalani medical check up. Dapatkan aplikasi Qelola melalui Playstore atau Appstore di sini.

Tags: , , , ,