5 Rekomendasi Rumah Sakit Mata Terbaik di Malaysia

rumah sakit mata

Oftalmologi (Opthalmo – kata latin yang berkaitan dengan organ mata, logy – kata latin yang berhubungan dengan ‘cabang studi tentang’) adalah sebuah cabang khusus bidang medis yang berhubungan dengan perawatan gangguan dan penyakit mata. Banyak penyakit mata tidak memiliki gejala awal karena mereka mungkin tidak menimbulkan rasa sakit, atau penderitanya mungkin melihat tidak ada perubahan penglihatan sampai penyakit mencapai stadium lanjut. Itulah mengapa banyak orang yang akhirnya panik mencari Rumah Sakit Mata terbaik.

Kalau saat ini kamu sedang mencari Rumah Sakit Mata terbaik di Malaysia, di bawah ini ada rekomendasinya. Banyak pasien asal Indonesia yang berobat ke Rumah Sakit di Malaysia bukan semata-mata karena aksesnya yang mudah, tapi juga karena kelengkapan dan kualitas layanan yang ada. Sejumlah Rumah Sakit di Malaysia telah terakreditasi Internasional seperti JCI (Joint Commission International) Amerika Serikat dan Malaysian Society for Quality in Health (MSQH).

5 Rekomendasi Rumah Sakit Mata di Malaysia

qelola 3 3 - 5 Rekomendasi Rumah Sakit Mata Terbaik di Malaysia

sumber: freepik

Beberapa rekomendasi Rumah Sakit di bawah ini memiliki dokter spesialis mata terbaik yang ada di Malaysia. Jangan lupa dicatat, ya!

1. Rumah Sakit Mahkota Medical Centre

Dokter Spesialis Mata di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre memiliki fokus dalam perawatan mata dan penglihatan, mulai dari Diagnosis hingga pengobatan berbagai penyakit mata. Membantu meresepkan dan memasang kaca mata serta lensa kontak, tindakan laser, hingga melakukan prosedur operasi mulai dari yang case yang ringan sampai case yang kompleks. Setiap pasien tidak perlu khawatir terkendala Bahasa, karena Dokter Spesialis Mata di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre dapat berbahasa Indonesia dengan lancar.

Alamat: No 3, Mahkota Melaka, Jalan Merdeka, 75000 Melaka

Email/telepon: (+606) 285 2999

2. Rumah Sakit Regency Specialist Hospitals

Rumah Sakit Spesialis Regency yang didirikan pada tahun 2009, adalah rumah sakit swasta yang berkembang pesat di Malaysia dengan kapasitas 218 tempat tidur yang melayani sekitar 150.000 pasien setiap tahunnya. Terletak 15 menit dari pos pemeriksaan Singapura-Woodlands dan pusat kota Johor Bahru, Regency ini memiliki lebih dari 70 spesialis di berbagai disiplin ilmu kedokteran dan bedah. Selain itu, Rumah Sakit ini juga memiliki Pusat Darurat & Trauma 24 jam dengan spesialis darurat yang bertugas sepanjang waktu. Bagian Oftalmologi di Rumah Sakit Spesialis Regency menyediakan layanan skrining, diagnostik, dan juga bedah mata secara menyeluruh.

Alamat: 1, Jalan Suria, Bandar Seri Alam, 81750 Masai, Johor, Malaysia

Email/telepon: (+607) 381 7700

3. Prof Muhaya Eye & LASIK Centre (PMELC)

PMELC mulai beroperasi pada tanggal 5 Mei 2014, dengan hanya berfokus pada operasi refraktif kornea, meliputi Femto Laser-Assisted In-Situ Keratomileusis (Femto-LASIK) dan prosedur “Flap-Less”. Kemudian layanan diperluas lagi dan menawarkan pengobatan untuk penyakit mata umum lainnya seperti operasi katarak, laser YAG, perawatan penyakit mata diabetik, pembedahan pterygium dan rawatan mata kanak-kanak. 

Alamat: S-29 Ground Floor Pearl Avenue Condominium. Jalan Pasir Emas Sungai Chua, 43000 Kajang Selangor

Email/telepon: appointment@pmelc.com.my / (+603) 8741 5138

3. Regency Specialist Hospital

Regency Specialist Hospital merupakan salah satu Rumah Sakit terbaik di Malaysia yang berbasis di Johor Bahru yang didirikan pada tahun 2009, dan menjadi salah satu Rumah Sakit rujukan pasien Internasional yang memiliki 5 Pusat Keunggulan dengan 50+ Dokter Spesialis Lulusan Terbaik dibidang Kedokteran. Dokter Spesialis mata di Regency Specialist Hospital merupakan lulusan terbaik dari Universitas ternama di Inggris, Taiwan, dan Universitas Besar lainnya dengan jam terbang yang tinggi.

Alamat: 1, Jalan Suria, Bandar Seri Alam, 81750 Masai, Johor, Malaysia

Email/telepon: (+607) 381 7700

4. KPJ Penang Specialist Hospital

KPJ Penang Specialist Hospital yang dikenal sebagai KPJ Penang adalah rumah sakit ke-19 di bawah unggulan KPJ Healthcare Berhad, yang dimiliki dan dikelola oleh Johor Corporation dan merupakan kelompok penyedia layanan kesehatan terkemuka di Malaysia. 

Alamat: 570, Jalan Perda Utama, Bandar Perda, 14000 Bukit Mertajam, Seberang Perai, Pulau Pinang

Email/telepon: (+604) 548 6688

5. Island Hospital Penang

Island Hospital adalah rumah sakit dengan 300 tempat tidur dan salah satu penyedia layanan tersier terkemuka di Malaysia. Di Island Hospital, setiap pasien memiliki akses ke beberapa spesialis yang paling dihormati di Malaysia, yang sebagian besar telah dilatih di Inggris, Amerika Serikat, hingga Australia. Spesialis di Island Hospital Penang sangat berpengalaman dan terkenal di bidang khusus mereka dan didukung oleh tim perawat dan staf kesehatan sekutu yang berdedikasi. Island Hospital Penang menyediakan layanan pemeriksaan mata rutin untuk operasi yang paling halus dan kompleks untuk anak-anak hingga orang dewasa. 

Alamat: 308, Macalister Road, 10450 George Town, Penang, Malaysia.

Email/telepon: info@islandhospital.com / (+604) 2383 388

Tips Menjaga Kesehatan Mata

qelola 14 1 - 5 Rekomendasi Rumah Sakit Mata Terbaik di Malaysia

sumber: freepik

Mengingat pentingnya fungsi mata, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, antara lain:

1. Periksa mata secara rutin

Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga lansia, dianjurkan untuk memeriksakan mata secara rutin yaitu minimal 2 tahun sekali. Orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, bahkan sangat disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, ataupun katarak.

2. Konsumsi makanan yang bergizi

Untuk menjaga kesehatan mata, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3.

3. Hindari penggunaan gadget terlalu lama

Menatap layar komputer ataupun smartphone terlalu lama akan menyebabkan mata lelah. Gejalanya bisa berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering, hingga pandangan menjadi kabur.

4. Hindari paparan sinar ultraviolet

Tidak hanya kulit, ternyata mata juga perlu dilindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet. Pasalnya, mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet akan lebih berisiko mengalami katarak. Selain itu juga lebih rentan mengalami degenerasi makula, kornea terbakar, dan kanker mata.

5. Olahraga secara Rutin

Sebuah penelitian juga telah mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko penyakit mata. Dan bahkan menurunkan risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Baca juga: 5 Macam Masalah Kesehatan yang Dialami oleh Pekerja Pabrik

Tips menjaga kesehatan mata lainnya juga dapat dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Namun, jika keluhan pada mata terus berlanjut atau mata terasa sakit, bengkak, dan menyebabkan penglihatan menjadi terganggu, maka jangan ragu untuk segera memeriksakan mata ke dokter. 

Untuk memudahkan urusan selama kamu berobat di Malaysia, pastikan kamu unduh dan pasang aplikasi Qelola di ponsel. Dengan aplikasi ini, segala macam transaksi akan lebih praktis diselesaikan.

Tags: , , , , ,