Tempat Menarik di Cameron Highland yang Wajib Dikunjungi

tempat menarik di cameron highland

Pernah dengar Cameron Highland? Cameron Highlands atau Tanah Tinggi Cameron adalah sebuah pusat peranginan tanah tinggi yang terkenal di semenanjung Malaysia. Cameron Highland ini terletak di barat daya negeri Pahang, yaitu sebuah negara yang kaya dengan khazanah hutan. Keindahan Cameron Highland pastinya akan memukau hati siapa saja yang berkunjung ke sana. Berikut ini adalah tempat menarik di Cameron Highland yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga.

Wisata Alam Ramah Anak di Cameron Highland

qelola 1 10 - Tempat Menarik di Cameron Highland yang Wajib Dikunjungi

sumber: freepik

Ada banyak tempat wisata yang ditawarkan oleh Cameron Highland. Beberapa tempat tersebut yaitu perkebunan, pusat tanaman hias, dan peternakan.

1. Perkebunan

Terdapat 2 perkebunan yang memang sangat cocok tumbuh di tempat dingin atau dataran tinggi, yaitu kebun teh BOH Tea Plantation dan kebun stroberi satu-satunya yang ada di Malaysia. Di sana, kamu tidak hanya bisa menikmati pemandangannya saja. Namun juga bisa menikmati berbagai produk olahan hasil kebun tersebut. Selain itu, kamu juga bisa belajar menanam teh lokal, minum teh langsung, memetik stroberi, hingga belanja selai dan milkshake stroberi.

2. Pusat Tanaman Hias

Cameron Highland juga memiliki pusat tanaman kaktus, taman lavender, dan taman mawar. Pusat tanaman kaktus utama yang ada di sana adalah Cactus Valley dan Cactus Point. Keduanya memiliki koleksi kaktus dari berbagai belahan dunia yang dipamerkan dan ada banyak kaktus mini yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh atau koleksi pribadi. Sedangkan Lavender Centre dan Rose Centre, tidak perlu diragukan lagi keindahan dan wanginya. Koleksi varietas keduanya juga sangat beragam, begitu juga produk olahan yang dihasilkan, seperti sabun, lilin aromaterapi, dan lain sebagainya.

3. Peternakan

Di Cameron Highland, kamu juga bisa berkunjung ke peternakan madu dan peternakan kupu-kupu. Untuk peternakan madu, kamu dapat mengunjungi Cameron Tringkap Bee Farm, Highlands Apiary Farm, dan ada juga peternakan kecil di sekitarnya. Tidak hanya mencicipi madu secara langsung, di sana kamu juga dapat membeli sabun madu, shampoo madu, dan olahan madu lainnya. Sedangkan peternakan kupu-kupu atau yang lebih dikenal dengan Butterfly Farm, akan memanjakan mata. Kamu juga dapat melihat berbagai koleksi reptil dan serangga di sana. 

Wisata Alam Seru dan Menantang

qelola 3 8 - Tempat Menarik di Cameron Highland yang Wajib Dikunjungi

sumber: freepik

Jika beberapa tempat wisata di atas kurang menantang bagi kamu yang datang bersama teman-teman, maka beberapa tempat wisata berikut ini patut dicoba.

  • Pertama, kamu harus mencoba mendaki gunung dan melihat hutan lumut di Mossy Forest, Gunung Brinchang. Sesuai dengan namanya, ketika sampai di puncak Mossy Forest ini, kamu akan melihat lantai hutan yang tertutup lumut tebal. Jangan takut dulu dengan medannya, karena kamu bisa mengikuti jalur trekking dan hiking yang aman dan mudah untuk dilalui.
  • Selain mendaki gunung, kamu juga bisa melihat keindahan beberapa air terjun di Cameron Highland. Di antaranya adalah Thompson Falls, Parit Waterfall, dan Robinson Waterfall. Beberapa air terjun ini mengharuskan kamu untuk hiking beberapa menit. Namun pemandangan dan sejuknya air akan membayar perjuangan kamu.
  • Kalau kamu tidak ingin melakukan aktivitas menantang, kamu dapat bermain golf di Golf Cameron Highland yang memiliki 18 lubang. Jika kamu tidak membawa perlengkapan golf, tempat ini juga menyediakannya untuk disewa. Jadi, jangan khawatir! 

Wisata Sejarah di Cameron Highland

Tempat menarik di Cameron Highland selanjutnya adalah wisata sejarah dan budaya. 

  • Pertama, ada Time Tunnel atau The Local Museum yang akan menawarkan kamu pengalaman kehidupan masa lampau. Kamu dapat bermain dengan alat bersejarah yang telah dibuat peraganya, lalu mencoba permainan vintage yang memiliki nilai kenangan yang tinggi, atau belajar hal seru lain dari masa lalu.
  • Kedua, ada Mah Meri Art Gallery yang memiliki banyak sekali koleksi ukiran kayu unik dan kompleks karya penduduk Mah Meri. Barang-barang yang bisa kamu temui di sana adalah patung, topeng, dan lain-lain.
  • Ketiga, kamu bisa mempelajari nilai budaya agama hindu dan buddha dengan berkunjung ke Kuil Sri Thandayuthapani Swamy dan Sam Poh Temple. Keduanya memiliki koleksi patung berwarna-warni khas agama hindu maupun buddha. Tidak hanya mempelajari budaya dari barang yang ada, kamu juga dapat melihat beberapa penganut yang berkunjung untuk berdoa.

Baca juga: Daftar Pulau Menarik di Malaysia Untuk Melepas Penat

Itulah sederet tempat menarik di Cameron Highland yang bisa dikunjungi bersama teman dan keluarga. Selain mengetahui rekomendasi tempat menarik di Cameron Highland Malaysia, kamu juga harus tahu aplikasi keuangan populer yang banyak digunakan oleh orang-orang Indonesia di Malaysia. Aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi online yang terpercaya adalah Qelola. Melalui aplikasi Qelola ini, kamu bisa bayar tagihan PLN, PDAM, dan BPJS dengan mudah. Tidak hanya itu saja, Qelola juga bisa diandalkan untuk kirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Tidak perlu berpikir dua kali, segera unduh aplikasi Qelola, dan nikmati kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi langsung dari HP.

Tags: , , , , ,