Penyebab GERD dan Cara Mencegahnya Agar Tidak Kambuh

penyebab GERD

Penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease) menjadi salah satu gangguan pencernaan yang banyak dialami. Penderita penyakit kronis ini biasanya akan mengalami beberapa gejala yang sangat mengganggu ketika asam lambung naik. Gejala utama GERD adalah rasa mulas yang terus-menerus serta merasakan adanya cairan, makanan, atau asam lambung yang bergerak ke atas kerongkongan (regurgitasi). Beberapa orang lainnya mungkin merasakan gejala GERD tanpa rasa mulas, tetapi biasanya mereka akan mengalami rasa nyeri di dada, suara yang serak di pagi hari, atau kesulitan untuk menelan. Bagi kamu yang memiliki riwayat asam lambung mungkin juga akan merasa seperti ada makanan yang tersangkut di tenggorokan atau seperti tersedak. GERD juga bisa menyebabkan batuk kering dan bau mulut. Berikut ini adalah informasi mengenai penyebab GERD dan cara mencegahnya agar tidak sering kambuh.

A.  Penyebab GERD

GERD terjadi ketika katup antara lambung dan esofagus bagian bawah mengalami gangguan sehingga tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Katup ini berfungsi sebagai penutup yang mencegah asam lambung naik ke esofagus selama makanan dicerna. Akibatnya, asam lambung yang keluar ini menyebabkan gejala-gejala GERD muncul. Faktor yang membuat katup tersebut terganggu beragam dan berikut ini beberapa diantaranya.

1.       Terlalu banyak tekanan pada perut

Beberapa wanita hamil dan orang yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) mengalami gejala GERD hampir setiap hari karena tekanan yang meningkat pada perut.

2.       Mengidap penyakit pemicu

Memiliki penyakit lain yang menimbulkan GERD, seperti diabetes, asma, skleroderma, dan hiatus hernia. Beberapa penyakit tersebut membuat penderitanya rentan mengalami GERD kambuh.

3.       Makanan pemicu GERD

Jenis makanan tertentu yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko GERD kambuh. Beberapa makanan yang dimaksud adalah produk olahan susu, kopi, coklat, bawang-bawangan, makanan pedas atau gorengan, dan sebagainya. Selain itu, kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti makan tidak teratur, makan terburu-buru, dan sebagainya juga ikut memengaruhi kambuhnya GERD.

4.       Mengonsumsi obat tertentu

Pengobatan yang meliputi obat asma, tekanan darah tinggi dan alergi serta obat penghilang rasa sakit, sedatif, dan antidepresan juga bisa menjadi penyebab GERD.

5.       Merokok

Memiliki kebiasaan merokok juga akan menurunkan kemampuan otot pada katup sehingga akan sering terbuka dan “memberikan jalan” bagi asam lambung. Bahkan, kandungan yang ada dalam rokok akan menurunkan produksi air liur dan meningkatkan produksi asam lambung. Beberapa hal ini adalah pemicu GERD yang tak boleh diremehkan.

6.       Faktor Genetik

Banyak kasus penyakit GERD juga terjadi akibat faktor genetik. Meskipun membutuhkan penelitian lebih lanjut, faktor genetik bukan penyebab utama. Karena berbagai pemicu di atas ikut meningkatkan risiko gejala GERD datang.

pemicu GERD 700x467 - Penyebab GERD dan Cara Mencegahnya Agar Tidak Kambuh

Sumber : pexels.com

B.  Cara Mencegah GERD Kambuh

Gejala yang timbul akibat kambuhnya penyakit GERD bisa sangat mengganggu kegiatan kamu sehari-hari. Jadi, untuk mencegahnya datang sewaktu-waktu, lakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Jaga dan pertahankan berat badan yang sehat dan ideal. Bahkan jika perlu, lakukan diet sehat yang aman bagi lambung.
  2. Milikilah kebiasaan makan dalam porsi kecil tapi sering dalam sehari. Jika tidak sempat, setidaknya jangan makan dengan porsi besar dalam satu waktu.
  3. Mengurangi makanan pemicu asam lambung, misal makanan pedas dan mengandung asam yang tinggi. Begitu juga dengan asupan lemak, batasi jumlah asupan mentega, minyak, saus, daging berlemak, dan produk susu berlemak penuh (misal: keju).
  4. Duduklah dengan tegak saat makan dan tetap tegak selama 45-60 menit setelahnya. Jangan sampai tiduran, apalagi tertidur. Selain itu, kamu juga harus menghindari makan sebelum tidur. Tunggu setidaknya tiga jam setelah makan jika ingin tidur. Kemudian saat tidur, posisikan bagian kepala tempat tidur lebih tinggi 6 hingga 8 inci menggunakan sesuatu yang benar-benar dapat mengangkat karena biasanya bantal tambahan tidak berfungsi.
  5. Usahakan untuk tidak mengenakan pakaian yang ketat di area perut, karena bisa menekan perut dan mendorong asam lambung naik ke kerongkongan.
  6. Berhenti merokok tidak hanya menjaga kesehatan seluruh anggota badan, namun juga menjauhkan penyakit GERD dan penyakit lainnya.
  7. Mengonsumsi obat asam lambung sesuai petunjuk dari dokter.

Meskipun penyebab GERD sangat beragam, namun kembali lagi pola hidup sehat adalah kunci untuk mencegah penyakit apapun menghampiri tubuh kita. Karena Anda pasti setuju bahwa mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, bukan? Dengan mengetahui penyebab GERD di atas, kamu dapat segera memeriksakan diri ke dokter apabila gejala yang muncul tidak bisa diatasi dengan beberapa obat sederhana.

Apabila kamu sedang tinggal di Malaysia dan harus melakukan berbagai macam transaksi ke Indonesia, maka aplikasi Qelola akan menjadi alat yang sangat kamu butuhkan. Bahkan ketika kamu mendadak sakit atau harus menghadiri acara penting lainnya, Qelola dapat kamu akses dimanapun. Unduh dan install Qelola sekarang juga di sini.

Tags: , , , , ,