Biar Paham, Simak Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

ini perbedaan kebutuhan dan keinginan

Beberapa waktu ini orang semakin paham perbedaan kebutuhan dan keinginan pada pengaturan alokasi keuangan. Hal ini karena situasi saat ini cukup berbeda dari tahun 2019 ketika virus corona belum menyerang. Pembentukan pos-pos alokasi uang semakin ketat untuk menghadapi situasi yang tidak menentu seperti pandemi. Mau tidak mau, orang belajar untuk mengelola keuangan dengan caranya masing-masing. Keputusan pengeluaran uang pun harus mempertimbangkan banyak hal.

Mempertimbangkan banyak hal termasuk mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan adalah langkah dasar dalam mengelola arus uang. Pemenuhan kebutuhan haruslah sesuai dengan kebutuhan pokok yang wajib terpenuhi. Namun, saat ini banyak orang yang masih mengalokasikan dana secara berlebihan pada keinginan. Tak masalah ketika kebutuhan pokoknya telah aman, namun mayoritas tidak menunjukkan hal tersebut. Lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini tentang perbedaan kebutuhan dan keinginan agar kamu jadi paham!

Pengertian Kebutuhan dan Keinginan

Pengertian 700x467 - Biar Paham, Simak Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

sumber: Pexels.com

Bisa mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan membantu kamu dalam pengambilan keputusan pada hal-hal terkait kehidupan sehari-hari. Kemampuanmu mengatur skala prioritas akan meningkat dan akan membantumu lebih bijak bertindak. Skill ini penting terutama jika menyangkut aspek ekonomi. Hal ini berkaitan dengan kemampuan kamu untuk bisa membedakan mana kebutuhan yang memang harus terpenuhi dan menyeleksi mana keinginan yang tidak memiliki urgensi.

Kebutuhan memiliki arti sebagai segala bentuk barang atau jasa yang harus selalu ingin terpenuhi dan manusia selalu membutuhkan untuk menunjang aktifitas hidupnya. Contohnya makanan, rumah tempat tinggal dan pakaian.

Sedangkan, keinginan adalah semua bentuk barang atau jasa yang bersifat tidak harus segera terpenuhi, berupa tambahan serta berbeda dari kebutuhan pokok karena berkaitan dengan selera dan harapan. Namun ketika terpenuhi, hal ini akan membuat seseorang terpuaskan.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

perbedaan 700x467 - Biar Paham, Simak Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

sumber: Pexels.com

Selama ini mungkin kamu mengira bahwa hal-hal yang kamu beli semuanya adalah kebutuhan. Padahal nyatanya tidak semuanya begitu. Penting untuk bisa mulai membedakan kebutuhan dan keinginan agar tidak terjebak dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Menurut Sifatnya

Sifat kebutuhan adalah objektif yang berarti selalu menyesuaikan dengan keadaan sebenarnya. Kebutuhan tidak dipengaruhi oleh pandangan atau opini orang lain karena hal ini adalah sebuah keperluan dan mengikat. Oleh karena itu, pemenuhannya bersifat wajib dan tidak bisa tertunda.

Berbeda halnya dengan keinginan yang memiliki sifat subjektif karena bisa terpengaruh oleh pendapat, perasaan dan pandangan dari individu. Sifatnya tidak mengikat sehingga pemenuhannya bergantung pada kemampuan.

Menurut Manfaat dan Kepuasannya

manfaat dan kepuasan 700x469 - Biar Paham, Simak Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

sumber: Pexels.com

Perbedaan kebutuhan dan keinginan melihat dari manfaat yang dirasakan dan kepuasannya dapat terlihat ketika hal tersebut terpenuhi. Kebutuhan akan terlihat dampak manfaatnya ketika telah terpenuhi yang bentuknya adalah sebuah dampak. Contohnya, orang butuh makan sehingga terhindar dari kelaparan. Untuk itu kebutuhan terkait makanan dan sumber makanan membawa dampak pada seseorang setelah dia makan. Yaitu, dia merasa kenyang dan tidak merasa kelaparan.

Pada keinginan, dampak yang muncul adalah kepuasan atau rasa puas ketika terpenuhi. Dengan contoh makan, seseorang yang berada pada kondisi keuangan terbatas yang ingin makan enak dengan harga mahal akan merasa lebih terpuaskan jika hal tersebut menjadi kenyataan. Yang biasanya makan tempe lalu makan rendang daging akan merasakan hal yang luar biasa karena puas mendapatkan.

Menurut Fungsi dan Seleranya

fungsi dan selera 700x467 - Biar Paham, Simak Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

sumber: Pexels.com

Kebutuhan memiliki fungsi pada tolok ukur pemenuhannya. Sebagai contoh, makanan berfungsi agar perut kenyang dan juga sebagai sumber pemenuhan energi pada tubuh. Lalu pakaian berfungsi sebagai pelindung dan penutup tubuh. Hal tersebut adalah fungsi dasar dari kebutuhan tersebut.

Lain halnya dengan tolok ukur pada pemenuhan keinginannya. Makanan yang fungsi kebutuhannya untuk menunda lapar tidak hanya sekedar menunda lapar. Contohnya, kamu lapar dan kamu memiliki keinginan untuk membeli pizza. Kamu memiliki kesempatan menjatuhkan pilihan yang sebenarnya bisa juga tidak terpenuhi. Karena makan tidak harus membeli pizza.

Menurut Nilai yang Lain

nilai lain 700x467 - Biar Paham, Simak Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

sumber: Pexels.com

Berdasarkan motivasinya, perbedaan kebutuhan dan keinginan pun memiliki hal yang berbeda. Kebutuhan merupakan hal yang harus terpenuhi sedangkan keinginan adalah hal yang diharapkan bisa terpenuhi.

Lain lagi dengan kemungkinan perubahannya. Kebutuhan memiliki kondisi konstan atau tetap ada kapanpun. Sedangkan keinginan bisa berubah selama berjalannya waktu tergantung kondisi dan perubahan yang terjadi.

Ciri Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Ciri Khas Kebutuhan

ciri kebutuhan 700x467 - Biar Paham, Simak Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

sumber: Pexels.com

Sesuai kepentingannya, kebutuhan terlihat memiliki beberapa ciri khas atau karakteristik, diantaranya:

  • Universal

    Kebutuhan adalah hal yang umum pada setiap individu yang hidup seperti membutuhkan makanan, pakaian, tempat tinggal, udara untuk bernapas, air untuk menghilangkan dahaga dan lain sebagainya.

  • Faktor Eksternal dan Internal

    Kondisi yang mempengaruhi dari luar diri bisa berupa iklim dan cuaca, kondisi alam dan lingkungan yang membuat kebutuhan masing-masing orang berbeda. Sebaliknya, hal-hal dalam diri bisa terlihat seperti kondisi kesehatan, kecacatan dan ketidakmampuan dalam diri seseorang yang membuat kebutuhannya berbeda dari orang lain.

  • Prioritas

    Kebutuhan memiliki hierarki pemenuhan sesuai dengan urgensi.

  • Keterkaitan

    Kebutuhan yang terpenuhi membuat seseorang selalu membuat kebutuhan baru sampai dia merasa mencapai aktualisasi diri. Mulai dari bisa makan, lalu beli pakaian, lalu beli rumah dan seterusnya.

Ciri khas Keinginan

ciri keinginan 700x467 - Biar Paham, Simak Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

sumber: Pexels.com

  • Tidak Terbatas

    Semakin banyak pengalaman seseorang maka mereka akan semakin mencoba memenuhi dengan hal lain dan terus mencoba. Begitu pula dengan keinginan, karena pernah merasakan maka mereka akan mencari yang lebih terus-menerus.

  • Hasil Dari Kebutuhan

    Keinginan muncul sebagai hasil dari pemenuhan kebutuhan. Misalnya, butuh pakaian lalu membeli brand pakaian tertentu yang harganya fantastis.

  • Bersaing

    Keinginan tidak memiliki hierarki urgensi seperti kebutuhan. Keinginan lebih menjurus pada ranah persaingan karena tidak ingin tertinggal atau karena ingin mencoba hal baru setelah hidup pada kondisi keterbatasan.

  • Tidak Universal

    Individu memiliki bentuk dan jenis keinginan yang berbeda dengan orang lain. Hal ini sesuai dengan pengalaman, pilihan dan faktor lain yang tersedia.

Mengerti tentang perbedaan kebutuhan dan keinginan cukup penting bukan? Kenali dan pelajari mana yang menjadi kebutuhan dan keinginanmu untuk lebih bijak bertindak dan menentukan sesuatu. Kunjungi website Qelola karena informasi didalamnya sesuai dengan kebutuhanmu untuk belajar cara dan tips mengelola keuangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Qelola di smartphonemu karena bisa kamu gunakan untuk kirim uang ke Malaysia – Indonesia dengan mudah dan pastinya aman. Kamu juga bisa melakukan layanan pembayaran seperti tagihan listrik, telepon, PDAM, BPJS dan masih banyak lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,