Tabungan Emas, Menguntungkan atau Tidak?

zlataky cz S6cWf7TIk9U unsplash - Tabungan Emas, Menguntungkan atau Tidak?

Tabungan emas kini bisa dibuat dengan mudah melalui penyedianya seperti pegadaian, marketplace, bank, hingga toko emas. Untuk proses pembuatannya pun tidak jauh berbeda dengan tabungan biasa. Syarat yang dibutuhkan biasanya hanyalah mengisi formulir dan kelengkapan data diri saja. Menariknya, kini proses pembuatan bisa dilakukan secara online sehingga semakin memudahkan.

Tabungan emas ini bisa menjadi salah satu jenis investasi yang perlu dicoba terutama bagi para TKI. Jenis investasi ini termasuk stabil, mudah dilakukan tanpa harus dipantau terus seperti saham, serta bisa dimulai dengan modal kecil. Secara spesifik, PT Pegadaian telah meluncurkan Pegadaian Digital Service (PDS) untuk memudahkan pembukaan tabungan emas dengan sasaran pasar para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Para TKI di luar negeri pun bisa membuka tabungan dari lokasi mereka saat ini.

Kelebihan Tabungan Emas 

afif kusuma D1z3dwROc44 unsplash - Tabungan Emas, Menguntungkan atau Tidak?

Sumber: unsplash

Agar lebih yakin, sebaiknya Sahabat Qelola mengetahui terlebih dulu apa saja kelebihan tabungan emas. Melakukan edukasi mandiri sangat penting terutama ketika kamu akan memilih produk investasi. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dari tabungan emas yang akan kamu dapatkan.

  • Proses pembuatan mudah dan cepat sebab bisa dilakukan secara online.
  • Mudah dicairkan sehingga bisa dijadikan sebagai dana darurat tambahan. Emas yang ditabung dapat dikonversikan ke dalam bentuk uang tunai ketika kamu membutuhkannya. Pada dasarnya, tabungan emas tidak jauh berbeda dengan tabungan konvensional.
  • Tahan terhadap inflasi sehingga jika terjadi penurunan harga tidak akan terlalu signifikan. Harga emas sendiri tergolong cukup stabil sehingga termasuk dalam jenis investasi yang low risk.
  • Bebas bunga sebab tabungan emas cenderung mengikuti hukum syariah. Artinya, saat likuiditas aset dilakukan maka nilai yang nantinya cair tidak akan berkurang.

Khusus tabungan emas Pegadaian, terdapat beberapa kelebihan seperti:

  • Aman, legal, dan terpercaya sebab telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia.
  • Biaya administrasi cukup ringan yaitu sebesar 10 ribu rupiah untuk pembukaan, dan 30 ribu rupiah untuk biaya investasi selama 12 bulan.
  • Bisa dicairkan dalam bentuk fisik dengan berbagai jenis seperti Galeri, USB, maupun Antam.
  • Minimal pembelian kecil yaitu 50 ribu rupiah dan bisa buyback (menjual kembali).

Kekurangan Tabungan Emas

markus winkler 7EwWeNyzSwQ unsplash - Tabungan Emas, Menguntungkan atau Tidak?

Sumber: unsplash

Tidak ada gading yang tak retak alias tidak ada yang sempurna di dunia ini. Sistem investasi jenis apa pun tentu memiliki kekurangan masing-masing. Meski demikian, selama kekurangan tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keuntungan tentu tidak menjadi soal. Berikut ini beberapa kekurangan tabungan emas yang sebaiknya kamu ketahui.

  • Terdapat biaya penitipan dan administrasi. Biaya penitipan ini biasanya memiliki jangka waktu tertentu dan akan diperpanjang otomatis setelah waktu yang disepakati berakhir. Umumnya jangka waktu tersebut selama 12 bulan. Sedangkan biaya administrasi muncul saat pembukaan rekening pertama kali serta saat melakukan pembelian emas.
  • Menguntungkan hanya untuk jangka panjang sebab tabungan emas termasuk jenis investasi stabil. Keuntungan tidak akan terasa jika kamu menyimpannya dalam waktu sebentar.

Khusus tabungan emas pegadaian, terdapat beberapa kekurangan seperti:

  • Terdapat minimal berat untuk pencairan ke bentuk uang tunai yaitu sebesar 5 gram.
  • Harga buyback lebih rendah daripada harga belinya.
  • Pencetakan dalam bentuk emas batangan terkena biaya tambahan. Nominal biaya tambahan tergantung pada besaran emas yang akan dicetak.

Cara Menabung Emas untuk TKI

elena mozhvilo OEQR9JO04Hs unsplash - Tabungan Emas, Menguntungkan atau Tidak?

Sumber: unsplash

Bagi para TKI di luar negeri yang ingin membuka tabungan emas disarankan menggunakan jasa pelayanan dari Pegadaian. Mengapa? Selain aman dan terjamin, Pegadaian telah menawarkan berbagai layanan yang memudahkan bagi para TKI. Berikut ini langkah-langkah untuk membuka tabungan emas di Pegadaian.

  • Unduh aplikasi Pegadaian Digital di App Store atau Play Store di ponsel.
  • Jika sudah terpasang, lakukan pendaftaran akun pada aplikasi terlebih dulu dengan mengisi nomor ponsel/alamat email dan password yang akan kamu gunakan.
  • Setelah berhasil, login menggunakan data di pendaftaran akun tadi.
  • Jika sudah masuk di beranda aplikasi, klik ‘buka tabungan’ pada menu kiri atas.
  • Isi data diri yang dipinta berupa nomor telepon, jenis identitas yang digunakan (KTP/Paspor), nomor identitas, nama sesuai identitas, jenis kelamin, tanggal lahir, dan nama ibu kandung.
  • Setelahnya kamu perlu mengunggah foto atau scan KTP.
  • Pilih cabang Pegadaian yang akan digunakan untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Kamu tetap perlu mendatangi cabang Pegadaian dałam kurun waktu maksimal 6 bulan setelah proses secara online. Hal tersebut bertujuan untuk verifikasi Know Your Customer (KYC). Nantinya, kamu juga bisa sekaligus mengambil buku tabungan saat di cabang tersebut.
  • Setelah pilih cabang maka akan muncul rincian biaya pembukaan yang perlu dibayarkan.

 

Jadi, sudah mulai tertarik untuk memiliki tabungan emas? Investasi sejak dini bagi para TKI sangatlah penting agar bisa menikmati hasilnya nanti ketika sudah pulang ke Indonesia. Saat mengirimkan uang luar negeri, kamu bisa menggunakan aplikasi Qelola agar bebas biaya transaksi. Melalui aplikasi ini kamu juga bisa melakukan transaksi lain seperti pembayaran BPJS, PDAM, membeli pulsa, dan lain sebagainya. Unduh segera aplikasi Qelola di Google Play Store secara gratis untuk dapat menikmati berbagai manfaatnya.

Tags: , , , , , , , , , , ,