7 Jenis Investasi Terbaik dan Populer 2021

Jenis Investasi

Jenis investasi yang menjanjikan tentu ada banyak. Hanya saja tahun 2021 ini menuntut sahabat Qelola untuk lebih jeli dalam berinvestasi. Pandemi corona yang melanda dunia membuat perubahan situasi keuangan secara global. Kamu perlu memperhatikan banyak faktor agar investasi tetap aman dilakukan. Beberapa tips dalam melakukan investasi 2021 ini bisa jadi acuan:

  • Lakukan riset pasar terlebih dulu sebelum memutuskan membeli produk investasi.
  • Bagi ke dalam beberapa jenis investasi sekaligus untuk meminimalisir kerugian.
  • Pilih investasi jangka panjang yang stabil dan aman.
  • Berinvestasi secara bijak dengan selalu mempertimbangkan faktor kondisi internal dan eksternal.
  • Pilih jenis investasi yang sesuai dengan skema keuanganmu.
  • Pantau secara berkala setelah mulai berinvestasi.

Setelah memahami tips berinvestasi, kini kamu bisa mulai memetakan jenis investasi yang sesuai untukmu. Terdapat 7 jenis investasi terbaik dan populer 2021 yang wajib kamu coba. Apa saja? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Investasi Reksadana Pasar Uang (RDPU)

Investasi reksadana sendiri terbagi menjadi 4 yaitu Reksadana Pasar Uang (RDPU), Reksadana Saham (RDS), reksadana tetap, dan reksadana campuran. RDPU merupakan jenis investasi terbaik dan populer yang direkomendasikan untuk 2021. Mengingat kondisi global yang masih belum pulih akibat pandemi, RDPU merupakan instrumen investasi menjanjikan. Modal yang digunakan tidak perlu terlalu besar, namun keuntungan yang didapatkan biasanya stabil. Tidak seperti saham, reksadana akan dibantu oleh Manajer Investasi (MI) dalam pengelolaannya sehingga lebih memudahkan.

2. Investasi Emas

gold 513062 640 - 7 Jenis Investasi Terbaik dan Populer 2021

Sumber: pixabay

Jenis investasi terbaik dan populer 2021 selanjutnya yaitu emas. Dibanding jenis investasi lainnya, emas termasuk instrumen yang kuat bertahan ketika dihantam badai inflasi. Harga emas sendiri cenderung selalu stabil. Kini bahkan telah mulai populer investasi emas secara online. Artinya kamu tidak perlu menyimpan emas batangan di rumah dan bisa merasa lebih aman.

3. Investasi Obligasi 

Rekomendasi investasi selanjutnya yaitu obligasi. Jenis investasi ini mulai populer beberapa tahun terakhir. Penyebabnya yaitu keuntungan yang stabil dan risiko yang cenderung minim dibandingkan investasi lainnya. Obligasi merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh negara atau perusahaan. Sahabat Qelola bisa memilih obligasi yang dikeluarkan negara jika ingin tanpa risiko. Keuntungan yang didapat juga lebih tinggi daripada bunga Bank Indonesia (BI).

Hanya saja, obligasi tetap memiliki kekurangan. Investasi ini memiliki jangka waktu tertentu misalnya 1 tahun. Kamu tidak bisa menjual obligasi sebelum jatuh tempo. Sebenarnya bisa, sih, tapi bukannya untung malah bikin rugi. Jadi, jika kamu tartarik mencoba investasi obligasi maka pastikan sudah paham tentang aturan jatuh tempo ini, ya!

4. Investasi Peer to peer Lending (P2P Lending) 

Jenis investasi P2P Lending masih terdengar asing bagi sebagian orang. Hanya saja, jenis investasi ini mulai populer dan banyak diminati. P2P Lending berhubungan dengan perkembangan financial technology (fintech) yang mulai menghadirkan pinjaman online (pinjol). P2P Lending memungkinkan kamu untuk menjadi investor atau menjadi peminjam.

Sebagai investor, P2P Lending cukup menjanjikan. Keuntungan yang bisa didapat mencapai 10 hingga 12 persen dalam satu tahun. Tidak hanya itu, modal untuk berinvestasi di P2P Lending juga tidak terlaulu besar. Dengan begitu, kamu yang memiliki pendapatan kecil tetap bisa ikut berinvestasi.

5. Investasi Deposito 

money 1428587 640 - 7 Jenis Investasi Terbaik dan Populer 2021

Sumber: pixabay

Deposito merupakan jenis investasi terbaik dan populer yang disarankan untuk para pemula. Investasi ini juga aman dilakukan pada 2021 ketika keuangan global belum stabil. Keuntungan deposito tidak terlalu besar dibandingkan investasi lainnya. Hanya saja, jenis investasi ini sangat aman dilakukan. Namun perlu diingat bahwa deposito memiliki tanggal jatuh tempo seperti obligasi. Kamu tidak bisa menarik deposito sebelum tanggal jatuh tempo atau perlu membayar denda.

6. Investasi Saham 

Rekomendasi investasi terbaik dan populer selanjutnya adalah saham. Jika dulu saham dianggap ekslusif, kini semua orang bisa belajar saham. Akses informasi yang terbuka lebar menjadi salah satu penyebabnya. Bahkan investasi saham mulai trending dilakukan oleh anak muda, lho!

Meski berisiko tinggi, investasi saham juga menawarkan keuntungan yang juga tinggi. Keuntungan saham bisa mencapai 20% atau lebih dalam satu tahun. Namun, sahabat Qelola perlu paham betul teknik dan trik berinvestasi saham jika ingin berhasil. Jangan sampai salah langkah sebab tergiur dengan keuntungannya saja.

7. Investasi SBN Sukuk Syariah

Investasi terbaik dan populer terakhir yaitu Surat Berharga Negara Sukuk Syariah (SBN Sukuk Syariah). Pemerintah mengeluarkan 3 jenis SBN yaitu SBN Sukuk Syariah, SBN Sukuk Tabungan, dan Obligasi Republik Indonesia (ORI). Bunga yang ditawarkan SBN Sukuk Syariah cukup tinggi yaitu mencapai 6% dalam satu tahun. Menariknya, jenis investasi ini dianggap sangat aman sebab milik pemerintah.

Itulah 7 rekomendasi investasi terbaik dan populer 2021 yang bisa kamu coba. Tidak ada investasi yang sukses tanpa pengelolaan keuangan yang baik. Aplikasi Qelola hadir untuk membantumu mengelola keuangan. Aplikasi pembayaran digital ini juga menawarkan berbagai fitur tambahan yang lengkap. Kamu bisa mengirim uang dari luar negri, membayar tagihan listrik, membeli pulsa, dan masih banyak lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola secara gratis di Play Store.

Tags: , , , , , , , , , , ,