Investasi Emas Membingungkan? Ikuti Tips Mudah Berikut Ini!

Investasi Emas

Investasi emas dianggap menjanjikan dan stabil dibandingkan jenis investasi lainnya, terutama pada masa pandemi Covid-19. Harga emas sangat jarang mengalami penurunan secara signifikan. Hal itu tentunya dianggap menguntungkan untuk investasi jangka panjang. Selain itu, jenis-jenis investasi emas kini semakin beragam untuk dipilih. Investasi emas juga aman untuk dicoba para pemula. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Emas yang banyak beredar umumnya berasal dari PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) dan PT Aneka Tambang (Antam). Kadar keduanya sama dan perbedaan harganya juga tidak terlalu jauh. Bedanya yaitu UBS bersertifikat nasional sedangkan Antam bersertifikat internasional (diakui oleh London Bullion Market Association). Jika bingung saat akan mulai berinvestasi emas, sahabat Qelola bisa mengikuti beberepa tips yang memudahkan. Simak berbagai penjelasan lengkapnya berikut ini.

Jenis Investasi Emas

wedding rings 3611277 640 - Investasi Emas Membingungkan? Ikuti Tips Mudah Berikut Ini!

Sumber: pixabay

Sebelum mulai, sahabat Qelola perlu memahami bahwa terdapat banyak jenis investasi emas yang bisa dipilih. Beberapa mungkin sudah populer, sebagian masih asing bagi para pemula. Berikut ini merupakan jenis-jenis investasi emas yang sebaiknya kamu ketahui.

  • Emas perhiasan

Investasi emas perhiasan dianggap paling mudah untuk dilakukan. Semua orang bisa melakukannya terutama yang tidak terlalu memahami teknologi. Sistemnya pun hanya memantau harga perhiasan. Beli ketika harga turun dan jual saat harga naik. selain itu, perhiasan emas juga bisa kamu pakai sehari-hari sebagai pelengkap penampilan, lho!

  • Emas batangan

Jenis selanjutnya yaitu emas batangan. Investasi emas batangan cukup populer sebab dianggap memuaskan saat memilikinya. Emas batangan cocok untuk investasi jangka panjang. Kamu bisa membeli emas batangan di berbagai lembaga BUMN yang menjualnya seperti pegadaian.

  • Sertifikat emas

Jenis lain yang bisa dipilih yaitu sertifikat emas. Dalam hal ini, kamu tidak akan menyimpan emas asli setelah melakukan pembelian. Kepemilikan emas akan diberikan dalam bentuk sertifikat. Kamu tetap bisa menjualnya kapan saja, kok! Keuntungan yang ditawarkan juga tidak kalah dengan emas perhiasan atau emas batangan.

  • Reksadana emas

Reksadana emas juga bisa kamu coba. Pada jenis ini, kamu tidak akan menerima apapun saat melakukan pembelian. Jenis ini lebih cocok dipilih anak muda atau orang-orang yang cukup paham teknologi. Untuk orang awam yang terbiasa memiliki emas secara bentuk fisik, inventais reksadana emas malah menimbulkan rasa cemas sebab tidak ada yang dipegang langsung.

  • Koin emas

Jenis investasi koin emas biasanya digunakan oleh orang yang akan bepergian ke luar negeri seperti untuk tujuan naik haji. Saat dijual, koin emas tidak akan terpotong bunga sama sekali. Selain itu, koin emas cukup tahan inflasi serta bisa diambil dalam bentuk mata uang asing tanpa perlu melalui penukaran.

  • Saham pertambangan emas

Untuk saham pertambangan emas, sistemnya sama dengan membeli saham dari sektor perusahaan lain. Harga emasnya akan mengikuti harga pasar saham. Jika kamu tartarik, pastikan perusahaan yang akan dipilih aman dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  • Tabungan emas

Jenis investasi emas terakhir yaitu tabungan emas. Mirip seperti tabungan uang, tabungan emas berarti kamu menyimpan sejumlah emas pada sebuah rekening. Salah satu lembaga penyedia tabungan emas yang cukup populer saat ini adalah pegadaian.

Keuntungan Investasi Emas

infrarate com xXq 6 Kwysc unsplash 2 700x394 - Investasi Emas Membingungkan? Ikuti Tips Mudah Berikut Ini!

Sumber: Unsplash

Saat membicarakan investasi, keuntungan secara hitungan sudah tentu menjadi pertimbangan. Hanya saja, terdapat berbagai keuntungan tambahan lainnya pada masing-masing instrumen investasi. Saat kamu berinvestasi emas terdapat berbagai keuntungan yang menarik, yaitu:

  • Mudah dicairkan kapan saja

Emas akan lebih menguntungkan jika dijadikan investasi jangka panjang. Meski begitu, kamu tetap bisa mencairkannya kapan saja. Dengan begitu, emas bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk dana daruratmu.

  • Nilai yang cenderung stabil

Tidak seperti saham yang fluktuatif, nilai investasi emas cenderung stabil. Harganya terus naik dari waktu ke waktu meski pelan. Jika mengalami penurunan harga pun biasanya tidak signifikan.

  • Dapat melindungi kekayaan

Saat inflasi terjadi maka nilai kekayaan dalam bentik uang tunai akan melemah. Hal itu tidak terjadi pada emas. Saat inflasi meterlang, emas tergolong tetap kuat bahkan ada kemungkinan nilainya malah naik. Dengan begitu, investasi emas bisa membantu untuk melindungi kekayaan milik sahabat Qelola.

Tips Investasi Emas Bagi Pemula

gold 513062 640 - Investasi Emas Membingungkan? Ikuti Tips Mudah Berikut Ini!

Sumber: pixabay

Sudah yakin akan berinvestasi emas? Jika kamu masih pemula, hilangkanlah rasa ragu saat akan memulai investasi. Terdapat beberapa tips investasi emas bagi pemula yang bisa kamu coba. Dijamin mudah diikuti dan diterapkan.

  • Pahami tujuan investasi 

Sebelum mulai investasi kamu harus mengetahui jika emas akan menguntungkan saat disimpan dalam jangka panjang. Jika menginginkan keuntungan cepat, sebaiknya kamu memilih instrumen investasi lainnya. Kamu juga perlu memahami tujuan investasi sehingga bisa membuat target jangka waktu. Tujuan investasi bisa bermacam-macam seperti dana pensiun, pendidikan, menikah, dan lain sebagainya.

  • Pantau harga sebelum membeli dan menjual

Harga emas dalam negeri dipengaruhi oleh harga emas secara internasional. Sebelum melakukan penjualan atau pembelian emas, sebaiknya kamu mengecek harganya terlebih dulu. Untuk cek harga emas terbaru kamu bisa langsung mengunjungi toko emas, membuka situs resmi anlam, pegadaian, atau marketplace.

  • Pilih tempat yang terpercaya untuk membeli emas

Pembelian emas kini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun, kamu tetap harus jeli dan memilih tempat terpercaya saat akan membeli emas terutama jika dilakukan secara online. Pastikan saat membeli emas kamu mendapatkan surat-surat dan sertifikatnya.

  • Pilih emas sesuai kebutuhan

Jika sudah mengetahui tujuan investasi, kamu bisa mencairkan emas segera saat tujuan tercapai. Untuk keuntungan maksimal sebaiknya simpan emas minimal 5 tahun. Kamu bisa memilih pecahan emas 1 gram sebab lebih mudah dijual sewaktu-waktu dibandingkan pecahan 50 gram.

 

Nah, itulah berbagai jenis-jenis, keuntungan, serta tips investasi emas yang aman untuk pemula. Kamu bisa mulai dari sekarang dengan nilai investasi yang tidak terlalu besar dulu. Pastikan juga selama melakukan investasi, keuanganmu tetap terjaga dan terkontrol. Untuk memudahkan kontrol keuangan, kini kamu bisa menggunakan aplikasi Qelola.

Hanya dengan satu aplikasi, semua hal jadi mudah. Kamu bisa transfer uang dari dan ke luar negarei dengan simpel. Aplikasi Qelola juga bisa kamu gunakan untuk cek serta bayar tagihan seperti BPJS, listrik, dan lain sebagainya. Yuk, unduh segera aplikasi Qelola di Google Play Store secara gratis!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,