7 Ide Usaha yang Cocok Dilakukan Mahasiswa untuk Menambah Uang Saku

ide usaha mahasiswa

Mahasiswa bukan hanya menimbal ilmu tapi terkadang juga kreatif supaya bisa hidup mandiri. Ada berbagai ide usaha untuk mahasiswa sehingga bisa menambah pemasukan uang saku. Ketika sudah beranjak dewasa tentunya banyak kebutuhan dan keinginan yang muncul bersamaan. Mahasiswa pun tidak hanya mengandalkan kiriman uang dari orang tuanya. Kamu juga berlatih memikirkan bagaimana cara membangun usaha sembari kuliah.

Mahasiswa mampu melihat banyak peluang, berani mengambil risiko, mau berkreasi, apalagi kalau modalnya sedikit. Mumpung masih muda berani membangun usaha kecil-kecilan bisa jadi latihan untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah. Bukan hanya sekadar tambahan uang saku tetapi bisa menjadi pengalaman. Barangkali usaha yang dibangun sejak masih kuliah malah bisa terus berkembang dan menjadi usaha yang besar.

Saat ini, memang harus berani mengambil risiko untuk berani membangun usaha. Lantas apa saja ide usaha untuk mahasiswa? Dalam artikel ini akan dibahas beberapa jenis atau ide usaha untuk mahasiswa yang dapat dijalankan sesuai minat, bakat, keterampilan, serta waktu yang dimiliki.

1. Fotografer

fotografer 700x466 - 7 Ide Usaha yang Cocok Dilakukan Mahasiswa untuk Menambah Uang Saku

Sumber: Pixabay/Free-Photos

Usaha ini sangat potensial dan sukai kalangan milineal. Kalau punya modal kamera, suka memotret kamu bisa menawarkan jasa foto bahkan video. Kamu bisa memotret perorangan, acara pernikahan, prewedding, wedding, event, produk, maupun foto keluarga. Jasa ini sangat dibutuhkan terlebih bagi kamu yang punya banyak waktu luang atau sedang di semester akhir.

2. Penerjemah

Ide usaha untuk mahasiswa berikutnya adalah penerjemah. Bagi kamu sedang mengambil jurusan kuliah bahasa asing bisa mengambil peluang usaha jasa penerjemah. Kamu dapat menggunakan kemahiran berbahasa asing sembari kuliah dan menambah uang saku. Biasanya penerjemah yang yang dicari adalah bahasa Inggris, bahasa Belanda, bahasa Mandarin, bahasa Korea, bahasa Jepang, dan lainnya. Tak perlu banyak modal untuk memulai bisnis ini hanya perlu laptop atau handphone untuk mengerjakan pekerjaan itu.

3. Desain grafis

Kamu mengambil jurusan kuliah yang berkaitan dengan grafis, bisa mengoperasikan aneka software seperti Photoshop, Corel Draw dan lainnya bisa jadi modal untuk usaha sampingan. Mahasiswa bisa memperoleh tambahan uang saku dengan bermodalkan ketrampilan desain yang dimiliki. Kamu tidak hanya mengerjakan tugas desain tetapi bisa juga menawarkan jasa desain kaos, undangan, edit foto dan lainnya.

4. Les privat

Pilihan ide usaha untuk mahasiswa berikutnya adalah les privat. Kamu bisa memiliki keterampilan, bekal pendidikans mulai dari SD, SMP, SMA, dan tengah menimba ilmu di perguruan tinggi. Mahasiswa bisa melakukan usaha les privat sesua dengan jurusan kuliahnya. Misalnya, les privat matematika, bahasa Inggris. Tak sedikit mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan alias setelah lulus bisa jadi guru. Sudah ada bekal untuk melakukan usaha les privat kan? Anak-anak masih membutuhkan tambahan belajar dalam bentuk les.

5. Jualan online

Mahasiswa punya kesempatan untuk jualan online seiring dengan bermunculannya platform marketplace. Tidak perlu banyak waktu untuk melakukan usaha ini karena masih bisa dilakukan setelah kuliah selesai. Bisa buka toko online sendiri dan menjual produk yang diinginkan. Kamu bisa menjual produk sendiri atau reseller. Ada banyak pilihan barang yang dapat kamu jual di toko online. Ada baiknya kamu memilih produk yang disukai atau dikuasai.

Selain itu diperlukan strategi promosi seperti kerap mengunggah informasi tentang produk yang dijual. Jual produk yang berkualitas, harga bersahabat, dan buat promois yang tepat sasaran. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan online.

6. Penulis lepas

mahasiswa 700x466 - 7 Ide Usaha yang Cocok Dilakukan Mahasiswa untuk Menambah Uang Saku

Sumber: Pixabay

Kamu suka menulis dan ingin tulisanmu dibaca oleh orang lain? Bisnis penulis lepas menjadi bisnis yang baik dilakukan untuk saat ini. Kamu bisa menyampaikan ide dalam bentuk tulisan, dibaca banyak orang, dan tentunya dapat bermanfaat. Jika kamu punya kemampuan menulis, berimajinasi, dan kreatif tentunya bisa melakukan usaha ini.

Kamu hanya modal laptop atau handphone. Ketika menjadi penulis lepas bisa dikerjakan kapan saja di mana saja karena tidak terikat waktu. Saat ini ada berbagai bentuk tulisan yang ditawarkan mulai dari puisi, cerpen, artikel tentang tips, kesehatan, otomotif dan lainnya.

7. Programer Web dan Blogger

Mahasiswa jurusan Teknologi Informasi (TI) bisa melakukan bisnis sebagai programer web atau blogger. Kamu pun bisa menawarkan jasa online membuat situs, e-commerce, blog, dan lainnya. Kamu bisa mengikuti magang di tempat kerja atau perusahaan yang berkaitan dengan TI untuk menambah pengalaman.

Itulah beberapa ide usaha untuk mahasiswa yang dapat dilakukan untuk menambah pemasukan khusus uang saku maupun tabungan. Kamu dapat menggunakan aplikasi Qelola untuk urusan mengelola uang, transfer uang, hingga pembayaran secara online. Dengan mengunduh aplikasi Qelola di handphonemu, kamu dapat menggunakannya untuk membeli pulsa, mengisi kuota internet, bayar listrik, PDAM hingga BPJS. Ada banyak kemudahan yang akan kamu rasakan saat menginstal aplikasi tersebut. Kunjungi website Qelola sekarang juga untuk mendapatkan berbagai informasi menarik mulai dari keuangan, pendidikan hingga kesehatan.

Tags: , , , , , , ,