Fungsi Masker Ternyata Beragam, Apa Saja?

Fungsi Masker

Fungsi masker mulut menjadi sangat penting terutama saat pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia. Ganasnya virus Corona menyebabkan banyak kematian sebab penularannya sangat cepat. Selain itu, hingga saat ini belum ditemukan pengobatan efektif sedangkan virus terus bermutasi. Berbagai upaya pencegahan pun mulai dilakukan seperti menggunakan masker mulut, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun, dan masih banyak lainnya.

Efektivitas penggunaan masker dalam mencegah penularan virus Corona cukup tinggi. Akses untuk mendapatkan masker mulut pun kini sangat mudah bahkan jenis yang ditawarkan beragam. Jangan asal pilih masker, ya. Sahabat Qelola perlu memahami jenis dan fungsi masker agar bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut penjelasan lebih lengkap dan detailnya.

Manfaat Memakai Masker Mulut

mask 4898571 640 - Fungsi Masker Ternyata Beragam, Apa Saja?

Sumber: pixabay

Penggunaan masker mulut dan hidung kini menjadi wajib terutama jika kamu akan keluar rumah. Selain membantu mencegah penularan virus Corona, masker memiliki berbagai manfaat lain. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan masker dan hidung ketika berada di luar rumah.

  • Membantu mencegah paparan sinar matahari secara langsung.
  • Menjaga wajah agar terhindar dari debu jalanan.
  • Melindungi paru-paru dari asap polusi.
  • Mencegah tertular infeksi tertentu seperti influenza atau batuk.

Jenis dan Fungsi Masker Mulut

pexels cdc 3992946 - Fungsi Masker Ternyata Beragam, Apa Saja?

Sumber: pexels

Ternyata ada banyak sekali jenis masker yang masing-masing memiliki fungsi spesifik. Variasi masker ini terkadang membuat bingung dan orang hanya menggunakannya asal-asalan. Berikut ini akan dijelaskan berbagai jenis dan fungsi masker mulut terutama untuk melindungi diri dari penularan virus Corona.

  • Masker medis, jenis yang sering dipakai perawat dan dokter di rumah sakit. Masker medis umumnya berbentuk persegi panjang tipis. Lapisan masker medis terkadang 2 atau 3. Fungsi masker medis untuk menghindari penularan infeksi dan bukan untuk menyaring udara sehingga kurang efektif untuk menghalau polusi. Masker medis juga tidak dapat menghalau uap, gas, dan bahan kimia. Namun hingga saat ini, masker medis dianggap cukup efektif digunakan untuk mencegah penularan virus Corona.
  • Masker kain, menjadi pilihan banyak orang sebab bisa dicuci ulang dan lebih hemat biaya. Masker kain sendiri dianggap cocok untuk melindungi diri dari polusi. Bentuknya biasanya dibuat mirip dengan masker medis. Hanya saja, masker kain tidak terlalu efektif menangkal virus Corona yang mulai semakin ganas akibat mutasinya (menyaring partikel hanya 30-40% saja). Oleh karena itu, penggunaan masker kain disarankan menjadi lapisan kedua setelah masker medis.
  • Masker N, hadir dengan 3 variasi yaitu N95, N99, dan N100. Masker N95 lebih populer dibanding N99 dan N100. Penyebabnya yaitu N99 dan N100 lebih sulit didapatkan serta harganya jauh lebih mahal meski dianggap lebih efektif. Masker N bisa menyaring polutan hingga 95% hingga 99,97%. Kelemahan masker N yaitu tidak tahan terhadap minyak.
  • Masker KN95, mirip dengan masker N. Bedanya yaitu, masker N bersertifikasi dari Amerika sedangkan KN95 bersertifikasi dari China. Masker KN95 hanya memiliki pengikat telinga saja sedangkan masker N memiliki tali pengikat di kepala. Hanya saja masker KN95 termasuk sulit didapatkan, dan kurang nyaman digunakan sebab membutuhkan usaha lebih untuk bernapas.
  • Fungsi masker R, merupakan jenis masker yang tahan minyak. Terdapat 3 jenis yaitu R95, R99, dan R100. Masker ini memiliki fungsi menahan polutan yang mengandung aerosol seperti di daerah kabut gas alam, minyak bumi, dan pembakaran batu bara. Angka di belakang huruf R menunjukkan tingkat efektivitasnya seperti pada masker N. Masker R dapat digunakan hingga 8 jam. Masker ini tidak direkomendasikan untuk digunakan mencegah virus Corona sebab telah memiliki fungsi spesifik tersendiri.
  • Fungsi masker P, mirip seperti masker R sebab tahan terhadap minyak juga. Terdiri dari jenis P95, P99, dan P100. Bedanya dengan masker R yaitu masker P bisa digunakan lebih lama yaitu maksimal 40 jam. Masker ini juga tidak direkomendasikan untuk digunakan selama pandemi COVID-19.

Cara yang Disarankan Saat Memakai Masker Mulut

pexels ketut subiyanto 4546132 - Fungsi Masker Ternyata Beragam, Apa Saja?

Sumber: pexels

Menggunakan masker mulut kini bisa menyelamatkan banyak nyawa. Namun penggunaan masker mulut yang tidak sesuai hanya akan sia-sia saja. Selain menentukan jenis masker yang tepat, cara pakai pun harus diperhatikan. Mengikuti anjuran pemerintah yang terbaru, penggunaan masker disarankan minimal 4 lapis (masker bedah ditumpuk masker kain). Hal itu untuk mengantisipasi virus Corona yang telah bermutasi dan menjadi semakin ganas sehingga lebih mudah menular. Kamu bisa mengikuti cara memakai masker mulut yang benar dan disarankan seperti berikut ini.

  • Cucilah tangan menggunakan air mengalir dan sabun (selama 20 detik) sebelum memasang masker mulut dan hidung. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa menggunakan cairan pembersih tangan dengan kandungan alkohol minimal 70%.
  • Pasang masker secara hati-hati dan rapat. Pastikan tidak ada cela antara masker dan kulit.
  • Ganti masker setiap 4-6 jam terutama saat di luar rumah. Masker medis umumnya hanya sekali pakai harus segera dibuang setelah digunakan, sedangkan masker kain bisa dicuci dengan batas waktu tertentu.
  • Hindari menyentuh masker menggunakan tangan. Cuci tangan atau gunakan cairan pembersih jika tidak sengaja menyentuh masker.
  • Lepaskan dari belakang saat akan membuka masker. Jika masker basah atau lembab, segera ganti dengan yang baru sebab efektivitasnya telah menurun.

 

Menjaga kesehatan menjadi hal penting untuk dilakukan terutama ketika pandemi COVID-19 berlangsung saat ini. Selalu gunakan masker sesuai anjuran sebagai upaya pencegahan penularan virus. Apabila kamu terpaksa harus berobat ke dokter, gunakan asuransi BPJS untuk membantu meringankan biaya pengobatan bahkan bisa gratis.

Asuransi BPJS merupakan program pemerintah yang wajib dibayarkan iurannya setiap bulan oleh masyarakat. Kamu juga perlu membayar BPJS secara rutin agar bisa menggunakannya ketika dibutuhkan. Gunakan aplikasi Qelola untuk mempermudah pembayaran tagihan rutinmu seperti BPJS, PDAM, pulsa listrik, dan lain sebagainya. Unduh aplikasi Qelola secara gratis sekarang juga di Google Play Store!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,