6 Tempat Wisata Populer di Malaysia Timur yang Harus Dikunjungi

Malaysia Timur

Kamu pasti setuju kan bahwa liburan menjadi salah satu penyemangat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari? Bahkan merencanakan liburan jauh-jauh hari pun menjadi trik tersendiri untuk menjauhkan pikiran dari stres pekerjaan. Nah, jika kamu mau liburan ke luar negeri namun sedang tidak ingin pergi jauh, maka Malaysia Timur adalah jawabannya.

Wilayah yang berbatasan langsung dengan Kalimantan ini memiliki daftar tempat wisata populer yang indah. Terdiri dari wilayah Sabah dan Sarawak, Malaysia Timur memiliki banyak wisata alam yang akan memanjakan mata kamu. Tentu saja protokol kesehatan harus tetap diperhatikan ya. Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Malaysia Timur yang harus dikunjungi.

1.   Pulau Manukan

caption - 6 Tempat Wisata Populer di Malaysia Timur yang Harus Dikunjungi

Sumber : tripadvisor.co.id

Tempat wisata pertama adalah Pulau Manukan, taman nasional laut pertama yang dimiliki Malaysia. Menjadi taman nasional sudah bukti kuat bahwa keindahannya tak dapat diragukan lagi. Salah satunya adalah pantai yang terletak di ujung timur Pulau Manukan. Dengan pasir putih lembut dan air laut sebening kaca, pantai ini menjadi daya tarik utama pulau yang ada di Sabah ini. Terlebih lagi kamu bisa melakukan berbagai aktivitas air yang menyenangkan seperti snorkeling dan diving. Bahkan kamu juga bisa mengunjungi 4 pulau lain yang ada di taman nasional tersebut. Menarik, kan?

2.   Sarawak Culture Village

scv video bg - 6 Tempat Wisata Populer di Malaysia Timur yang Harus Dikunjungi

Sumber : scv.com.my

Apabila kamu pecinta wisata sosial budaya, kamu harus datang ke Sarawak Culture Village. Di sini kamu bisa bertemu dengan hampir semua etnis asli di Sarawak yang hidup damai berdampingan di bawah Gunung Santubong. Tidak hanya berinteraksi dengan warga asli Sarawak, kamu juga bisa mempelajari budaya mereka. Mulai dari tarian, baju adat, tradisi, bangunan tempat tinggal, dan sebagainya. Tenang saja, akses menuju Sarawak Culture Village sangat mudah dengan kendaraan pribadi. Dengan mengunjungi tempat wisata yang satu ini, kamu akan memperkaya diri dengan budaya negara tetangga kita. Sekali dayung dua pulau terlampaui, bukan?

3.   Gua Mulu

1. clearwater cave - 6 Tempat Wisata Populer di Malaysia Timur yang Harus Dikunjungi

Sumber : mulupark.com

Wisata alam yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan tantangan dan menjelajah tempat-tempat eksotis yang jauh dari pemukiman. Gua Mulu adalah salah satu gua karst batu kapur yang sangat indah dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih asri. Meskipun kamu harus berjalan kaki untuk sampai ke gua ini, usaha kamu akan terbayar saat masuk ke mulut gua. Apalagi ketika kamu bertemu dengan koloni kelelawar yang menakjubkan. Tenang saja, penerangan di dalam gua sudah didesain untuk wisatawan sehingga kamu tetap bisa berswafoto dengan latar belakang yang indah.

4.   Museum Kucing

the cat museum 20180205 173600 - 6 Tempat Wisata Populer di Malaysia Timur yang Harus Dikunjungi

Sumber : travel.tribunnews.com

Pecinta kucing merapat! Kamu harus datang ke Museum Kucing di Sarawak ini. Dengan lebih dari 2000 koleksi benda-benda yang berhubungan dengan kucing, jiwa kegemasan kamu akan terpuaskan. Tidak hanya rasa gemas, kamu juga bisa mempelajari berbagai sejarah sosial dan budaya dari berbagai negara di dunia tentang kucing. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk, namun harus membayar biaya izin mengambil foto dan video. Tenang saja, biayanya hanya RM3 hingga RM5 (kurang lebih Rp 10.000 – Rp 15.000).

5.   Pulau Mantanani

mari mari mantanani backpacker - 6 Tempat Wisata Populer di Malaysia Timur yang Harus Dikunjungi

Sumber : tripadvisor.co.id

Tak habis-habisnya Sabah menawarkan kamu wisata alam yang indah. Kali ini adalah Pulau Mantanani yang sudah populer akan keindahannya. Hamparan bibir pantai dengan pasir putih yang indah akan memanjakan mata. Ditambah dengan air laut yang biru jernih menjadikan kamu seakan-akan bisa melihat dasar laut dengan mata telanjang. Aktivitas seru yang harus dicoba ketika datang ke Pulau Mantanani adalah snorkeling dan diving di kedalaman laut. Kamu akan disuguhkan pemandangan terumbu karang dan berbagai macam ukuran ikan yang berwarna warni. Jangan takut jika kamu belum pernah menyelami laut sebelumnya karena ada petugas yang akan membantu.

6.   Gunung Kinabalu

gunung kinabalu 20181013 202417 - 6 Tempat Wisata Populer di Malaysia Timur yang Harus Dikunjungi

Sumber : m.tribunnews.com

Jika kamu memiliki jiwa petualangan yang tinggi dan gemar menaklukkan gunung-gunung di Indonesia, maka Gunung Kinabalu bisa menjadi tujuan wisata di Sabah yang harus dicoba. Gunung dengan ketinggian 4.095 mdpl ini merupakan salah satu situs warisan UNESCO sehingga jangan ditanyakan lagi kepopulerannya. Karena daya tarik yang dimiliki, pengunjung Gunung Kinabalu tak pernah sepi. Sehingga pengelola menerapkan kuota pendaki setiap harinya agar kondisi alam di sana tetap terkontrol. Oleh karena itu, kamu dan teman-teman harus mendaftar terlebih dahulu beberapa hari bahkan beberapa minggu sebelumnya. Dalam jalur pendakian terdapat beberapa pos yang menyediakan toilet dan air untuk mengisi ulang botol kamu. Kemudian pada ketinggian sekitar 3000 mdpl, kamu akan menemukan penginapan untuk para pendaki yang cukup luas. Itulah kenapa kamu bisa tidak membawa tenda sendiri.

Sebenarnya masih banyak lagi objek wisata di Malaysia Timur yang tidak boleh kamu lewatkan. Namun rekomendasi di atas bisa kamu jadikan semacam pemanasan dalam membuat itinerary. Malaysia Timur memang dekat dengan Indonesia, namun itinerary harus dibuat agar perjalanan liburan kamu dan keluarga atau teman terarah dan lancar. Sama halnya dengan harus memiliki aplikasi Qelola sebagai persiapan liburan di Malaysia. Dengan berbagai kemudahan, termasuk top-up saldo melalui Bank Muamalat, kamu bisa melakukan banyak transaksi ke Indonesia meskipun sedang berada di Malaysia. Unduh dan install Qelola di sini.

Tags: , , , , ,