Itinerary Adalah Hal Penting, Simak Info Lengkapnya Berikut

itinerary adalah

Salah satu kegiatan yang mungkin dirindukan untuk beberapa waktu terakhir ini adalah liburan. Baik itu liburan di luar negeri maupun di dalam negeri. Dengan situasi pandemi saat ini, liburan menjadi hal yang sulit dilakukan dan bahkan dilarang di beberapa tempat. Meskipun begitu, masa-masa seperti ini justru bisa Anda gunakan untuk merencanakan liburan agar lebih matang lagi. Perencanaan liburan berarti erat kaitannya dengan itinerary. Apa itu itinerary? Apa saja manfaatnya dan bagaimana membuatnya? Simak penjelasan berikut.

1. Definisi Itinerary

Itinerary adalah jadwal atau rencana kegiatan yang akan Anda lakukan selama liburan. Biasanya digunakan untuk perjalanan liburan ke luar negeri karena banyak sekali tempat wisata yang belum pernah dikunjungi sehingga membutuhkan pertimbangan dalam menentukan lokasi mana saja yang dituju. Itinerary berisi seputar jadwal kegiatan dalam satu hari sejak sampai di negara tujuan liburan hingga pulang ke tanah air. Sehingga hal yang harus masuk adalah tempat menginap, transportasi yang akan digunakan selama di sana, biaya yang dibutuhkan, objek wisata yang menjadi prioritas, dan lain-lain yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Karena itinerary menyangkut kegiatan bersama selama liburan, ada baiknya jika pembuatannya didiskusikan bersama, kecuali jika liburan ini sifatnya adalah liburan kejutan ketika honeymoon, dan sebagainya.

2. Manfaat Itinerary

Itinerary bermanfaat sekali ketika Anda memiliki waktu liburan ke luar negeri yang terbatas, misal hanya beberapa hari. Pertama, membuat itinerary jauh sebelum liburan akan membuat Anda paham prioritas objek wisata yang akan dikunjungi. Karena bagaimanapun juga Anda harus realistis bahwa semua objek wisata tidak akan habis dikunjungi jika Anda hanya memiliki waktu beberapa hari di sana. Hal ini juga berlaku ketika budget atau biaya perjalanan Anda tidak melimpah.

Kedua, membuat itinerary secara tidak langsung akan membantu persiapan liburan Anda lebih detail sehingga mengurangi resiko liburan yang asal-asalan. Karena banyak faktor yang akan Anda pertimbangkan dalam membuatnya, seperti cuaca, macet, hingga tempat wisata yang tutup. Anda akan memiliki beberapa rencana cadangan sehingga tidak ada kata menyia-nyiakan waktu selama di negara tujuan.

jalan jalan ke kuala lumpur 2 - Itinerary Adalah Hal Penting, Simak Info Lengkapnya Berikut

3. Cara Membuat Itinerary

Bagi Anda yang baru pertama kali membuatnya, simak tahapan-tahapan berikut ini:

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan daerah atau negara mana yang akan Anda kunjungi. Termasuk menentukan berapa lama Anda liburan di sana. Jika Anda bingung karena terlalu banyak pilihan, Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu dari berbagai media sosial mana yang direkomendasikan dan mana yang hanya sekedar bagus.
  • Setelah itu, pilihlah objek wisata yang akan Anda kunjungi. Bisa berdasarkan banyaknya orang yang merekomendasi, bisa juga karena Anda murni tertarik dengan tempat tersebut. Kemudian bagilah beberapa tempat wisata tersebut menjadi beberapa zona wilayah. Hal ini akan memudahkan Anda mengatur tempat menginap, transportasi yang akan digunakan, dan sebagainya. Bahkan jika perlu cetaklah peta daerah atau negara tersebut agar lebih jelas terbayang kemana saja Anda akan pergi.
  • Kemudian susunlah daftar objek wisata tersebut dan transportasi yang dapat diakses untuk sampai di sana. Jangan lupa untuk mencari tahu informasi detail seperti waktunya perjalanan antar objek wisata, kapan objek wisata tersebut tutup dan buka, harga tiket masuk, dan sebagainya. Hal ini secara tidak langsung menuju pada pembuatan jadwal kegiatan setiap hari Anda selama liburan. Pastikan objek-objek wisata tersebut dapat dikunjungi secara urut dan jelas transportasinya.
  • Selanjutnya, tentukanlah hotel atau penginapan yang akan di-booking sesuai dengan beberapa objek wisata yang telah ditentukan tadi. Usahakan tempat menginap pilihan Anda tidak jauh jaraknya dengan objek wisata yang sudah diincar. Hal ini juga termasuk menentukan kapan dan dimana Anda akan makan, belanja, dan aktivitas lainnya.
  • Terakhir yang terpenting adalah menghitung estimasi biaya keseluruhan lalu sesuaikan dengan budget Anda. Jangan lupa untuk menghitung semua biaya tersebut dalam IDR (Indonesia Rupiah), yang sebelumnya telah disesuaikan dengan standar biaya hidup di negara tersebut. Selalu ingat untuk menyesuaikan destinasi pilihan dengan biaya liburan yang Anda miliki. Tidak perlu terlalu memaksa memaksimalkan waktu liburan yang ada.
  • Setelah memastikan tidak ada kebutuhan yang terlewat, itinerary Anda sudah jadi. Jangan lupa untuk menyimpan dokumen itinerary Anda, baik secara soft file maupun dalam bentuk cetak. Mencetak itinerary adalah hal penting karena tidak semua tempat wisata memiliki akses jaringan internet. Selain itu, Anda juga dapat menghemat baterai ponsel dengan tidak terlalu sering membuka jadwal secara online.

rupiah ke ringgit1 1024x538 - Itinerary Adalah Hal Penting, Simak Info Lengkapnya Berikut

Baca Juga: Itinerary Kuala Lumpur 3 Hari 2 Malam Paling Murah dan Seru

Setelah ini, tentu Anda akan jauh lebih semangat membuat itinerary bukan? Itinerary adalah hal yang kadang diremehkan namun memiliki peranan penting untuk memperlancar rencana liburan. Terlebih lagi jika Anda liburan di luar negeri. Ingat! Itinerary dibuat untuk memudahkan liburan, bukan untuk membatasi Anda menghabiskan waktu di sana. Sehingga jika Anda merasa butuh istirahat yang lebih lama di sana, Anda dapat mengurangi daftar kunjungan secara fleksibel.

Masih berhubungan dengan liburan, khususnya liburan di luar negeri, ada satu hal yang juga perlu disiapkan, yaitu urusan membayar tagihan rutin di tanah air agar tidak mengganggu waktu liburan Anda. Aplikasi Qelola hadir sebagai aplikasi pembayaran tagihan seperti BPJS, listrik, dan sebagainya yang bisa dilakukan meskipun Anda sedang di luar negeri. Ketahui lebih banyak tentang Qelola di sini. Kemudian download untuk merasakan manfaatnya langsung di sini.

Tags: , , , ,