Bosan Makan Itu-Itu Saja? Anda Perlu Coba Wisata Kuliner Malaysia

wisata kuliner malaysia

Apalah arti jalan-jalan Malaysia jika tanpa wisata kuliner? Berlibur ke Malaysia tanpa mencoba makanan khas Malaysia tentu rasanya ada yang kurang. Apalagi jika Anda doyan makan, maka Anda wajib tahu spot-spot wisata kuliner Malaysia. Kuliner di Malaysia berasal dari perpaduan antara budaya Melayu, Tionghoa, dan India yang memiliki cita rasa khasnya tersendiri. Tidak heran jika banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Malaysia, khususnya Kuala Lumpur untuk mencicipi ragam kulinernya yang unik. Kalau Anda memiliki rencana berlibur di Kuala Lumpur dan masih bingung untuk menentukan tujuan wisata kuliner yang ingin dikunjungi, langsung saja simak 5 rekomendasinya di bawah ini.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Malaysia Keren, Bikin Serasa Keliling Dunia

1. Petaling Street

Wisata Kuliner Malaysia 1 - Bosan Makan Itu-Itu Saja? Anda Perlu Coba Wisata Kuliner Malaysia

Bagi Anda yang menyukai makanan dengan citarasa oriental China, maka Petaling Street adalah lokasi yang tepat untuk kulineran. Petaling ini merupakan kawasan pecinan yang ramai, dan banyak turis mampir ke sana bukan hanya untuk makan, tapi juga untuk shopping. Anda akan banyak menemukan restoran kecil dan street food yang aroma masakannya menggugah selera, lho. Apalagi banyak juga makanan-makanan ringan yang bisa Anda beli dan makan sambil berbelanja seperti apam balik, chestnut, air mata kucing, hingga dendeng daging. Saat berkunjung ke sana, Anda wajib mencoba hokkien mee, claypot chicken rice, wonton mee, chee cheong fun, beef noodle, chili pan mee, dan Portuguese grilled fish. Sementara rekomendasi restoran yang bisa Anda pilih adalah Hong Kee Claypot Chicken Rice dan Soong Ke Beef Ball Noodles.

2. Jalan Alor, Bukit Bintang

Wisata Kuliner Malaysia 2 - Bosan Makan Itu-Itu Saja? Anda Perlu Coba Wisata Kuliner Malaysia

Jalan Alor juga menjadi salah satu lokasi kuliner di Kuala Lumpur yang wajib Anda datangi. Daerah ini, dari ujung ke ujungnya terdiri dari restoran mulai dari yang besar hingga sekadar food stall street food saja. Restoran dan food stall ini buka dari sore hingga malam hari, dan biasanya semakin malam akan semakin ramai. Makanan di Jalan Alor ini sangat beragam, mulai dari yang halal hingga non halal. Anda tidak perlu malu bertanya mengenai makanan dan melihat list harganya, karena semua pelayannya cukup ramah. Makanan yang wajib Anda coba adalah BBQ chicken wing, BBQ lok lok, sate ala Malaysia, char kway teow, es krim kelapa dan srikaya, pan mee, dan durian. Sementara rekomendasi restoran yang bisa Anda pilih adalah Wong Ah Wah.

3. Tapak Urban Street Dining

Wisata Kuliner Malaysia 3 - Bosan Makan Itu-Itu Saja? Anda Perlu Coba Wisata Kuliner Malaysia

Berlokasi di Jalan Ampang dekat dengan KLCC, Tapak Urban Street Dining adalah destinasi warga lokal untuk hangout setelah bekerja. Berbeda dengan Jalan Alor, dan Petaling Street, Tapak merupakan lokasi kulineran khusus food truck. Meskipun makanan yang dijual adalah masakan khas Malaysia, tapi mereka memberikan sentuhan unik di setiap sajiannya. Tidak jarang Anda akan menemukan hidangan fusion yang ternyata sangat lezat. Saat mampir ke sana, makanan yang wajib Anda coba adalah dendeng tacos, nasi lemak kukus, es mangga, churros, nasi ayam kunyit, burrito, dan berbagai makanan internasional seperti burger dan pasta. Rekomendasi restoran yang bisa Anda pilih adalah The Sailor Burger & Co, Borak Time, Churroza, dan First Order.

4. Jalan Imbi Hawker

Wisata Kuliner Malaysia 4 - Bosan Makan Itu-Itu Saja? Anda Perlu Coba Wisata Kuliner Malaysia

Ada tempat wisata kuliner Malaysia yang bisa Anda kunjungi saat jalan-jalan di daerah Bukit Bintang. Lokasinya berada di Jalan Imbi, dekat dengan Berjaya Times Square. Jalan Imbi ini terkenal dengan hawker masakan Chinese yang sangat otentik seperti macam-macam mie, pangsit, dan kue. Jika Anda mau hunting makanan ke Jalan Imbi, sebaiknya Anda berangkat sejak pagi. Anda bisa mencoba Imbi pork ball noodles, mini egg tarts, char kway teow, beef noodles, Hainan Tea, chee cheong fun, dan yong tao foo. Dan rekomendasi tempat makan yang bisa Anda pilih adalah Ah Weng Koh Hainan Tea, Ah Fook Chee Cheong Fun, Win Heng Seng – Imbi Road Pork Ball Noodles, Ampang Yong Tau Foo, atau Soo Kee’s Son’s Beef Noodles.

5. Madras Lane Hawker

Wisata Kuliner Malaysia 5 - Bosan Makan Itu-Itu Saja? Anda Perlu Coba Wisata Kuliner Malaysia

Selain Petaling Street, sebenarnya ada lagi lokasi wisata kuliner di area yang sama yaitu Madras Lane Hawker. Lokasi ini cukup mudah ditemukan, yaitu Anda hanya perlu mencari gerbang tugu bertuliskan Penjaja Gallery Jalan Tun H.S Lee. Harga makanannya sangat terjangkau, yaitu sekitar RM1 sampai dengan RM10. Anda bisa sarapan dulu di Madras Lane Hawker Sebelum belanja di Central Market, dan Petaling Street. Jangan kaget kalau dari pagi saja tempat ini sudah ramai pengunjung. Karena selain harga murah, porsinya juga cukup mengenyangkan. Makanan yang wajib Anda coba adalah curry noodles, assam laksa, chee cheong fun, dan yong tau foo. Rekomendasi tempat makan yang bisa Anda pilih adalah Madras Lane Rice Noodles, Madras Lane Yong Tau Foo.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner Malaysia yang bisa Anda kunjungi. Pastikan Anda menyiapkan dana liburan dengan cermat, ya. Meskipun sedang bersenang-senang saat liburan, tidak dibenarkan jika Anda lupa mengontrol pengeluaran yang berujung pada pemborosan. Agar tidak membawa uang cash terlalu banyak, solusinya adalah Anda bisa menyimpan sebagian uang Anda pada dompet digital Qelola. Download atau unduh aplikasinya di sini, dan lihatnya bagaimana Qelola akan memudahkan setiap transaksi online Anda dengan berbagai fiturnya.

Tags: , , , ,