Jadi Favorit Wisatawan, Ini 6 Objek Wisata Unggulan di Tawau

tawau

Malaysia terkenal sebagai negara yang memiliki banyak tempat wisata. Tidak hanya di Ibukota Kuala Lumpur saja, hampir di semua wilayah Malaysia memiliki berbagai objek wisata dengan keunggulannya masing-masing. Salah satu wilayah Malaysia yang banyak menyuguhkan objek wisata adalah Kota Tawau. Kota ini terletak di Sabah Malaysia dan menjadi kota ketiga terbesar di Sabah setelah Kota Kinabalu dan Sandakan.

Letak wilayah Tawau berbatasan langsung dengan Kalimantan Utara. Tak hanya dikenal orang sebagai pusat perkebunan kelapa sawit dan kakao, Kota Tawau juga dikenal dengan tempat-tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat liburan bersama teman atau keluarga. Bahkan, beberapa objek wisata di Tawau kerap menjadi favorit wisatawan saat liburan di Malaysia. Bagi Anda yang akan berkunjung ke Kota Tawau, berikut adalah rekomendasi objek wisata unggulan favorit wisatawan yang bisa Anda datangi.

1. Taman Nasional Bukit Tawau

asian traveler backpacker national park 1428 2057 - Jadi Favorit Wisatawan, Ini 6 Objek Wisata Unggulan di Tawau

Banyak objek wisata di Tawau yang masih terjaga keasliannya. Salah satunya adalah Taman Nasional Bukit Tawau. Taman seluas 27.972 hektar ini terletak sekitar 24 kilometer dari pusat kota. Bagi pecinta alam yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai flora dan fauna dalam hutan tropis, Taman Nasional Bukit Tawau adalah objek wisata yang cocok Anda kunjungi. Taman ini banyak dipenuhi pohon-pohon tropis yang tumbuh subur dan terawat. Bahkan, beberapa jenis pohon tropis di Taman Nasional Bukit Tawau termasuk dalam pohon hutan tropis tertinggi di dunia. Sangat menarik bukan?

Saat berkunjung ke tempat ini, Anda dapat merasakan suasana asri, sejuk, dan menenangkan. Di taman ini, Anda juga bisa melakukan aktivitas wisata alam seperti hiking, berkemah, menyusuri sungai, melihat aneka burung, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, tentu sangat disayangkan jika Anda melewatkan objek wisata ini saat liburan.

2. Taman Rekreasi Air Panas Tawau

Tempat wisata satu ini tak kalah favorit di kalangan wisatawan. Taman Rekreasi Air Panas Tawau saat cocok menjadi tempat liburan bersama teman atau keluarga. Di taman rekreasi ini, Anda bisa menikmati sumber air panas alami dengan suhu panas sekitar 30-60 derajat celcius. Dengan berendam di sumber air panas tersebut, tubuh Anda akan menjadi rileks dan segar kembali. Anda pun bisa mendapatkan manfaat baik dari berendam air panas seperti melenturkan otot-otot yang kaku, mengeluarkan racun dalam tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, dan sebagainya.

Taman Rekreasi Air Panas Tawau banyak dipenuhi pohon-pohon tropis sehingga suasana asri di lingkungan taman akan menambah kenikmatan berendam Anda. Waktu operasional Taman Rekreasi Air Panas Tawau mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore zona waktu setempat. Untuk memasuki objek wisata ini Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar RM10 untuk dewasa dan RM5 untuk anak-anak.

3. Museum Koko Teck Guan

rsz ebydbqbuwaenlt1 - Jadi Favorit Wisatawan, Ini 6 Objek Wisata Unggulan di Tawau

Sama halnya seperti mendatangi tempat wisata di Jepang yang secara khusus memiliki museum teh, di Tawau Anda pun bisa mengunjungi objek wisata yang secara khusus memiliki museum kakao atau cokelat, karena kota ini merupakan daerah penghasil utama cokelat. Objek wisata satu ini bisa dibilang adalah surga bagi para pecinta cokelat. Di Museum Koko Teck Guan, Anda bisa mempelajari tentang sejarah cokelat dari Malaysia dan seluruh dunia. Anda juga bisa mempelajari asal-usul cokelat hingga melihat proses pembuatan cokelat dari biji pohon kakao. Tak hanya itu saja, Anda pun berkesempatan mencicipi berbagai produk olahan cokelat seperti minuman cokelat, bar cokelat, popcorn cokelat, pia cokelat, dan bermacam produk cokelat lainnya.

Baca Juga: 8 Wisata Malaysia Paling Direkomendasikan untuk Pelancong

4. Pantai Inderasabah

Pantai Inderasabah merupakan pantai yang ada di perkampungan kecil di Tawau. Dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 40 menit menggunakan mobil dari pusat Kota Tawau. Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, pantai ini juga memiliki banyak spot-spot untuk memancing. Jadi, bagi Anda yang memiliki hobi memancing, jangan lupa membawa alat pancing dan kail saat mengunjungi pantai ini. Jika hasil tangkapan ikan lumayan banyak, Anda pun bisa melakukan aktivitas barbeque di sini. Sangat menyenangkan bukan?

5. Balung River Eco Resort

rsz malaysia resort pool - Jadi Favorit Wisatawan, Ini 6 Objek Wisata Unggulan di Tawau

Sumber: www.chockate.blogspot.com

Balung River Eco Resort merupakan salah satu objek wisata unggulan di Tawau yang pernah mendapat penghargaan wisata alam terbaik di Malaysia pada tahun 2003. Tak heran, tempat wisata ini sangat favorit dikunjungi wisatawan. Objek wisata ini menawarkan berbagai aktivitas wisata alam seperti memancing, bermain air di sungai, berkemah, bermain di sawah, dan sebagainya. Dengan suasana alam yang asri serta flora dan fauna yang terawat dengan baik, aktivitas liburan yang dilakukan di tempat ini pasti semakin seru dan menyenangkan. Untuk menuju tempat ini, Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 40 menit dari pusat kota.

6. Pasar Tanjung Tawau

Tak selalu wisata alam, pusat perbelanjaan pun bisa menjadi tempat wisata favorit yang kerap dikunjungi wisatawan. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Pasar Tanjung Tawau. Pasar yang telah berdiri sejak 1999 ini merupakan salah satu pasar terbesar di Malaysia. Dengan 6.000 gerai, pasar ini menjual berbagai produk lokal Malaysia. Mulai dari sayur, buah-buahan, peralatan rumah tangga, pakaian, tas, sepatu, makanan khas, camilan, hingga suvenir semua bisa Anda temukan di sini. Banyak juga produk hasil laut segar yang dijual di pasar ini.

Harga produk yang dijual di Pasar Tanjung Tawau pun sangatlah murah jika dibandingkan dengan pasar di Kuala Lumpur, Malaysia. Bagi Anda yang ingin wisata belanja dengan harga murah, tempat ini akan sangat cocok untuk dikunjungi. Lokasi pasar ini berada di Bandar Tawau, 91000 Tawau, Sabah, Malaysia. Saat datang ke tempat ini, jangan lupa singgah juga ke pasar ikan yang terletak di belakang Pasar Tanjung Tawau. Di pasar ikan tersebut, Anda bisa menemukan banyak pilihan makanan laut segar dengan harga yang lebih murah dari tempat lainnya.

Demikian ulasan mengenai beberapa objek wisata unggulan di Tawau yang bisa Anda kunjungi. Dengan mengetahui berbagai pilihan wisata unggulan tersebut, Anda akan lebih mudah dalam menyusun itinerary liburan di Malaysia. Agar liburan di Malaysia semakin seru dan menyenangkan, pastikan pengelolaan keuangan Anda telah dipersiapkan secara matang. Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk mempermudah pengelolaan keuangan. Dengan fitur menarik Qelola, pengelolaan keuangan khususnya dalam hal transfer uang dan pembayaran berbagai tagihan dari Malaysia ke Indonesia bisa Anda lakukan secara mudah, praktis, dan biaya yang murah. Ayo, segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati manfaat dari setiap fiturnya sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , , ,