Jangan Lewatkan untuk Berkunjung ke Tempat Wisata Edukasi di Malaysia

wisata edukasi

Selain Singapura, Malaysia juga menjadi salah satu destinasi terbaik bagi para wisatawan dari Indonesia. Tahukah Anda bahwa Malaysia juga mempunyai tempat wisata edukasi anak yang cukup menarik? Anda perlu mencoba berkunjung ke sana, karena liburan ke Malaysia tidak melulu harus ke tempat ikonik maupun taman bermain saja. Ada beberapa tempat wisata edukasi yang bisa dikunjungi oleh balita hingga orang tua, lho! Tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat belajar saja, wisata edukasi di Malaysia ini juga menyediakan spot foto yang menarik. Sehingga Anda bisa berfoto sepuasnya dan mengabadikan momen saat liburan ke Malaysia. Yuk, langsung saja kita lihat 5 tempat wisata edukasi anak di Malaysia berikut ini!

Baca Juga: Sewa WiFi untuk Liburan? Kenapa Tidak?

1. Underwater World Langkawi

wisata edukasi 1 - Jangan Lewatkan untuk Berkunjung ke Tempat Wisata Edukasi di Malaysia

Underwater World Langkawi ini tepatnya berlokasi di Jalan Pantai Chenang, 07000 Langkawi, Kedah, Malaysia. Anda bisa berkunjung ke sana setiap pukul 10.00 sampai dengan 18.00 waktu setempat. Kawasan ini digunakan khusus untuk keluarga yang ingin menikmati keindahan alam akuatik dari seluruh dunia. Wisata Langkawi ini memiliki kurang lebih 5.000 jenis kehidupan laut yang sangat mempesona. Ada lebih dari 100 tangki dengan ukuran berbeda-beda yang bisa disaksikan para wisatawan, termasuk pula tangki besar yang diisi oleh spesies laut dengan ukuran badan yang besar. Seperti halnya ikan hiu, ikan pari, ikan kerapu, serta penyu hijau. Tangki ini menjalar sejauh 15 meter, sehingga memungkinkan para wisatawan untuk melihat setiap pergerakan hewan-hewan tersebut.

Di sana juga hadir pinguin afrika, serta pinguin rockhopper berambut tinggi yang menjadi daya tarik utama dan menjadi ikon kawasan tersebut. Uniknya lagi, kawasan ini tidak hanya mempunyai satu atau dua pinguin saja, melainkan ada puluhan pinguin. Jadi, sebagai wisatawan Anda bisa melihat kehidupannya seperti berenang dan juga makan.

2. Langkawi Wildlife Park & Bird Paradise

wisata edukasi 2 - Jangan Lewatkan untuk Berkunjung ke Tempat Wisata Edukasi di Malaysia

Langkawi Wildlife Park & Bird Paradise merupakan kawasan khusus yang membiakkan banyak jenis burung. Tidak hanya bisa melihat saja, namun sebagai pengunjung Anda juga bisa berinteraksi secara langsung dengan beberapa burung yang ada. Bahkan jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan burung di waktu tertentu. Selain terdapat burung, Langkawi Wildlife Park & Bird Paradise juga memelihara kelinci, rusa, hingga landak. Anda bisa mendapatkan pengetahuan dengan belajar semua jenis satwa di Langkawi Wildlife Park & Bird Paradise ini, lho.

Menikmati burung memang sangat menyenangkan, apalagi burung merupakan hewan yang sangat ramah kepada anak-anak. Nah, di bird paradise Anda bisa menikmati burung kakak tua yang bisa diajak berbicara, dan juga burung kasuari. Selain bisa berfoto dengan hewan-hewan ini, Anda juga bisa memberi makan kepada burung-burung tersebut. Anda pun bisa menikmati pemandangan yang tidak biasa, di mana Anda bisa memberi makan buaya dalam jarak dekat. Anda tertarik untuk mencobanya? Untuk menikmati kawasan ini, Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju ke  Jalan Ayer Hangat, Langkawi, Kedah, 0700. Harga tiket masuknya cukup murah, yaitu hanya RM36 untuk dewasa dan RM20 untuk anak-anak.

3. Kuala Lumpur Bird Park

wisata edukasi 3 - Jangan Lewatkan untuk Berkunjung ke Tempat Wisata Edukasi di Malaysia

Lokasi Kuala Lumpur Bird Park tepatnya berada di Jalan Cendrawasih, Perdana Botanical Gardens, 50480 Kuala Lumpur, Malaysia. Di sana ada banyak jenis burung yang dibiakkan, jadi Anda bisa belajar mengenali jenis-jenis burung tersebut. Tidak hanya bisa melihat dari kejauhan, namun Anda juga bisa mendekat dan memberi makan burung di Kuala Lumpur Bird Park. Kuala Lumpur Bird Park mulai bisa dikunjungi setiap pukul 09.00 sampai dengan 18.00 waktu setempat. Tempat ini penuh dengan pohon-pohon yang subur, tanaman yang merambat, sungai yang mengalir, dan ratusan burung berkeliaran dengan bebas. Anda bisa mendekati burung-burung di area ini dengan cara memberi makan.

Dengan lebih dari 3.000 burung serta berbagai atraksi di dalamnya, maka singgah di Kuala Lumpur Bird Park merupakan suatu keharusan bagi semua pengamat burung dan pecinta alam. Anda bisa melihat 200 spesies burung yang menarik, termasuk kakatua sulfur-crested, bangau paruh kuning, dan corwned pigeon yang merupakan merpati terbesar di dunia. Bagi Anda yang suka bertualang, maka jangan lupa melewati hutan hujan lebat saat Anda masuk ke Free-flight Walk-in Aviary. Anda tidak perlu khawatir, karena Anda akan dijemput di hotel-hotel kawasan Kuala Lumpur. Dengan transportasi yang nyaman, maka Anda akan diantar langsung ke Kuala Lumpur Bird Park. Setibanya di lokasi, Anda bebas menghabiskan sisa hari Anda untuk menjelajahi berbagai area, seperti Taman Hornbill, Bul Bul Land, dan masih banyak lagi.

4. Petrosains

wisata edukasi 4 - Jangan Lewatkan untuk Berkunjung ke Tempat Wisata Edukasi di Malaysia

Petrosains terletak di Suria KLCC, Kuala Lumpur City Centre, 5088 Kuala Lumpur, Malaysia. Ada banyak pembelajaran yang bisa didapatkan oleh anak-anak saat berkunjung ke Petrosains ini. Mulai dari menjadi dokter cilik, hingga bermain berbagai macam wahana yang sangat seru dan menyenangkan. Petrosains memang menyediakan wahana menarik yang aman digunakan untuk anak-anak hingga orang dewasa. Di antaranya adalah seperti bermain jembatan gantung, hingga bermain menjadi pekerja rig minyak. Jam operasional Petrosains ini adalah setiap hari Senin sampai Jum’at yaitu pukul 09.30 sampai dengan 17.30 waktu setempat. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu buka pukul 09.30 sampai dengan 18.30 waktu setempat.

5. Aquaria KLCC

wisata edukasi 5 - Jangan Lewatkan untuk Berkunjung ke Tempat Wisata Edukasi di Malaysia

Aquaria KLCC merupakan salah satu tempat wisata edukasi di Malaysia yang banyak dikunjungi wisatawan. Terdapat banyak hewan laut yang dipamerkan di Aquaria KLCC, jadi sebagai pengunjung Anda bisa melihat dari luar aquarium atau bisa berdekatan dengan cara berenang bersama. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan proses memberi makan hewan laut oleh petugas. Lokasi Aquaria KLCC ini tepatnya berada di Kuala Lumpur Convention Centre, 50088 Kuala Lumpur, Malaysia. Anda bisa berkunjung ke Aquaria KLCC mulai pukul 10.00 sampai dengan 20.00 waktu setempat.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata edukasi di Malaysia yang bisa Anda jadikan sebagai referensi tujuan liburan. Jika Anda ingin mengunjungi beberapa tempat tersebut, jangan lupa dicatat dalam itinerary liburan, ya! Menyiapkan catatan liburan yang lengkap memang sangat penting, agar liburan Anda berjalan lancar. Selain lokasi, Anda juga harus menentukan waktu dan biayanya. Untuk memudahkan Anda melakukan transaksi online di Malaysia, Sebaiknya Anda pakai aplikasi Qelola. Anda bisa download atau unduh aplikasinya di sini!

Tags: , , , ,