Port Klang, Pelabuhan di Malaysia Sebagai Sarana Penyeberangan

port klang

Tahukah Anda bahwa sebenarnya ada beberapa pilihan pelabuhan di Malaysia yang bisa digunakan sebagai sarana penyeberangan? Baik untuk menuju Malaysia bagian Barat maupun Malaysia bagian Timur. Alat transportasi laut memang menjadi pilihan yang masih sering digunakan untuk menjangkau wilayah Malaysia. Maklum saja, Malaysia memang terpisah oleh lautan. Nah, bagi Anda sebagai wisatawan dari Indonesia, selain mengunjungi Malaysia menggunakan transportasi udara, Anda juga bisa menggunakan transportasi laut. Khususnya bagi Anda yang melalui pelabuhan Batam ke Malaysia. Biasanya penggunaan alat transportasi laut akan lebih terjangkau secara ekonomi, dibandingkan dengan transportasi udara. Meskipun membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama daripada jika Anda menggunakan transportasi udara, namun menggunakan kapal penyeberangan tetap saja menjadi solusi yang perlu Anda coba. Ulasan di bawah ini akan membahas tentang pilihan pelabuhan yang bisa digunakan untuk menuju Malaysia yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Habiskan Waktu di 10 Wisata Keluarga Terbaik Malaysia Berikut ini

Mengenal Port Klang Malaysia

port klang 1 - Port Klang, Pelabuhan di Malaysia Sebagai Sarana Penyeberangan

Jika Anda sedang mencari pelabuhan di Kuala Lumpur, maka jawabnya adalah tidak ada. Namun ada pelabuhan yang cukup dekat dengan Kuala Lumpur yang terletak di Selangor, yaitu Port Klang. Port Klang Malaysia atau yang juga dikenal sebagai Pelabuhan Klang ini merupakan nama pelabuhan terbesar yang ada di Malaysia. Pelabuhan ini merupakan gerbang utama untuk menuju Malaysia dengan menggunakan jalur laut. Port Klang terletak di wilayah Selangor, tepatnya berada sejauh 6 kilometer dari Kota Klang atau sekitar 38 kilometer jika dari Ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Pelabuhan Klang juga merupakan salah satu pelabuhan tersibuk yang ada di dunia, lho. Bahkan pada tahun 2012 silam, pelabuhan ini sempat menduduki posisi ke-11 dari seluruh pelabuhan yang ada di dunia.

Port Klang sendiri berdiri pada akhir abad ke-18 pada masa kolonialisme, di mana dulunya pelabuhan ini bernama Pelabuhan Swettenham. Nama tersebut mengacu pada orang yang pertama kali memprakarsai pelabuhan untuk menghubungkan Kuala Lumpur dan Klang. Kemudian pada tahun 1972, tepatnya pada bulan Juli, nama pelabuhan ini telah diubah dari Pelabuhan Swettenham menjadi Pelabuhan Klang.

Bagaimana Cara Menuju Port Klang?

port klang 2 - Port Klang, Pelabuhan di Malaysia Sebagai Sarana Penyeberangan

Pelabuhan Klang terbagi menjadi 3 wilayah pelabuhan, yaitu pelabuhan utara (Northport), pelabuhan barat (Westport), dan pelabuhan selatan (Southpoint). Ketiga wilayah pelabuhan tersebut dikelola oleh dua otoritas yang berbeda. Untuk pelabuhan selatan dan utara dikelola oleh Team Northport Malaysia, sementara khusus pelabuhan selatan saat ini digunakan sebagai zona perdagangan bebas, dan pelabuhan barat dikelola dan diatur oleh Westport Malaysia Berhad. Pelabuhan utara dan selatan digunakan untuk pelabuhan kargo yang melayani berbagai macam penyeberangan, baik domestik maupun internasional. Untuk pelabuhan selatan yang digunakan sebagai zona perdagangan bebas tersebut melayani berbagai pelayaran kargo ke Indonesia, Vietnam, Thailand dan Myanmar. Sedangkan pelabuhan barat digunakan untuk jenis penyeberangan laut jarak dekat. Untuk penyeberangan komersial bisa juga melalui pelabuhan barat.

Ada beberapa penyedia layanan feri di Port Klang yang perlu Anda ketahui. Dari dan ke Pelabuhan Dumai ada Indomal Express/Malaysia Express dan MV Pelita Jaya Express/Sabang Marindo, sementara dari dan ke Tanjung Balai Asahan ada Aero Speed, MV Aman Satu dan MV Boeing Sky King/Boeing Sky King II. Untuk menuju Port Klang dari Malaysia, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda pilih. Yang pertama adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, atau bisa juga menggunakan kendaraan umum seperti Commuter Train yang juga menghubungkan Kuala Lumpur ke Klang.

Pelabuhan Sebagai Sarana Penyeberangan di Malaysia

port klang 3 - Port Klang, Pelabuhan di Malaysia Sebagai Sarana Penyeberangan

Selain Port Klang, sebenarnya ada pilihan pelabuhan yang bisa digunakan untuk menuju Malaysia. Di antaranya adalah seperti berikut ini:

  1. Pelabuhan Penyeberangan Feri di Johor. Ada lebih dari satu pilihan untuk pelabuhan Johor Malaysia, yaitu pelabuhan Stulang Laut dan Puteri Harbour. Kedua pelabuhan tersebut cukup dekat dengan pelabuhan Singapura atau Port of Singapore, yaitu dapat ditempuh hanya sekitar satu jam perjalanan.
  2. Pelabuhan Feri di Kota Kinabalu. Ada beberapa pilihan pelabuhan ferry Malaysia, salah satunya adalah Kota Kinabalu Ferry Terminal. Terminal penyeberangan feri ini masih satu wilayah dengan Jesselton Point yang juga bisa digunakan sebagai pelabuhan penyeberangan feri. Bukan hanya Jesselton Point saja yang masih berada dalam satu wilayah dengan Kota Kinabalu Ferry Terminal. Namun ada juga Sabah Port Authority yang juga menjadi bagian dari port tersebut, di mana ketiganya berada pada satu lokasi yang saling berdekatan.
  3. Terminal Penyeberangan Feri di Sarawak. Sarawak memiliki dua pelabuhan feri yang berada di wilayah Kota Kuching, yaitu Passenger Terminal Express Boat Kuching yang merupakan pelabuhan penyeberangan yang cukup ramai. Dan Terminal Senari, yang hanya berjarak 18 menit dari Passenger Terminal Express Boat Kuching.

Nah, itulah beberapa informasi tentang pelabuhan sebagai penyeberangan di Malaysia yang perlu Anda ketahui. Mengingat berkunjung ke Malaysia masih menjadi salah satu pilihan wisata favorit para wisatawan asal Indonesia, maka segera wujudkan rencana liburan Anda. Pastikan Anda telah menyiapkan catatan rencana liburan yang jelas, agar liburan Anda berjalan lancar. Untuk memudahkan Anda melakukan berbagai macam transaksi online, gunakan aplikasi Qelola saja. Aplikasi ini akan membantu Anda bayar ini-itu dengan mudah kapan saja. Fiturnya yang komplit, biaya administrasi yang murah, serta proses yang cepat, tentu sayang jika Anda lewatkan. Download aplikasinya di sini, ya! Anda bisa kunjungi website resmi Qelola, atau ikuti media sosial Qelola di Instagram dan Youtube.

Tags: , , , , , , ,