5 Ide Bisnis Online Ini Bisa Jadi Pertimbangan di Era New Normal

macam bisnis online

Apakah Anda adalah salah satu orang yang terkena dampak dari pandemi covid-19? Sejak pertengahan bulan Maret lalu virus corona diketahui telah masuk ke Indonesia dan membuat sektor perekonomian menjadi lesu. Banyak orang yang terkena imbasnya dengan mengalami pemutusan hubungan kerja secara tiba-tiba. Selain itu, banyak pelaku bisnis yang mengeluh pendapatannya berkurang bahkan menurun sangat drastis. Hal ini tentu saja membuat sebagian orang harus memutar otak agar tetap bisa bertahan hidup. Nah bagi Anda yang ingin memulai peruntungan baru dalam mencari pundi-pundi rupiah, beberapa ide bisnis online berikut ini bisa Anda coba.

Jualan Online

Banyak orang yang kini banting setir dengan mencoba berjualan secara online. Ide bisnis online ini banyak diminati karena mau tidak mau penjual sekarang harus aktif jemput bola untuk menarik pelanggan. Adanya himbauan untuk stay at home membuat orang-orang malas keluar dan memilih melakukan pembelian secara daring. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan justru hal ini bisa Anda manfaatkan agar dapur tetap ngepul. 

Selama era new normal ini banyak orang yang jadi rajin memasak karena takut jajan di luar. Anda bisa mencoba untuk menjual kebutuhan pokok, sayur mayur, buah-buahan atau kebutuhan penting lainnya secara online. Posting produk Anda ke sosial media atau portal-portal online lainnya yang bisa menjangkau konsumen Anda. Melakukan pengantaran tanpa dipungut biaya juga bisa jadi nilai plus lho tapi Anda juga harus menentukan jarak maksimal untuk delivery order tersebut. 

Dropshipper

business woman is working online traing reply customer home office packaging wall 1150 21869.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 5 Ide Bisnis Online Ini Bisa Jadi Pertimbangan di Era New Normal

Ide bisnis online berikutnya yang patut untuk dicoba adalah menjadi dropshipper. Menariknya, pekerjaan ini bahkan bisa dilakukan tanpa keluar modal sama sekali lho! Sistem kerjanya pun cukup mudah serta tidak menyita waktu, bisa dikerjakan dimana saja asal ada smartphone dan koneksi internet. Menjadi dropshipper, Anda cukup menjualkan produk yang dimiliki produsen atau supplier Anda. 

Keuntungan yang didapat dengan menaikan harga barang yang dipatok produsen Anda. Anda hanya dituntut untuk rajin melakukan promosi produk jualan Anda ke media sosial atau media lainnya. Bahkan untuk pengiriman barang dengan menggunakan ekspedisi, hal tersebut juga bisa ditangani langsung oleh pihak supplier. Jadi Anda tinggal terima beres dan mendapatkan keuntungan.

Tutor Online

Karena angka kasus virus corona masih tinggi, kini sekolah ditutup sehingga kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah untuk sementara waktu. Para siswa pun belajar secara online melalui perangkat gadget yang ada di rumah. Bagi sebagian murid hal ini dirasa kurang efektif dan anak merasa kesulitan memahami materi yang diajarkan. 

Nah, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluang baru untuk mendapatkan penghasilan. Bagi Anda yang punya skill mengajar dan menguasai berbagai materi pelajaran cobalah untuk menjadi tutor online. Anda bisa bergabung dengan platform khusus yang menampung tutor online. Jika Anda ingin melakukannya secara mandiri hal ini juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi video call/video conference seperti WhatsApp, Zoom, Google Meeting, Hangout, dan lain-lainnya.

Baca Juga: Bagaimana Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Virus Corona?

Content Writer

Untuk Anda yang punya hobi atau kebiasaan menulis di blog, menjadi content writer bisa jadi ide bisnis online selanjutnya. Pekerjaan di bidang ini cukup menjanjikan untuk saat ini hingga nanti karena berbagai informasi saat ini bisa diakses melalui mesin pencari seperti Google, Mozilla, Opera, dan lain-lain. Daripada hobi Anda ini tidak menghasilkan apa-apa, akan lebih menguntungkan jika dijadikan ladang mencari uang bukan? Profesi ini pun tidak menuntut Anda harus berasal dari jurusan jurnalistik, yang penting punya minat dalam menulis. 

Pekerjaan ini pun bisa Anda lakukan dari mana saja entah di rumah atau di kafe sembari menumpang WiFi gratis. Selain content writer, Anda juga punya peluang lain dalam bidang jurnalistik seperti content editor. Pekerjaan ini cocok bagi Anda yang lebih suka membaca daripada menulis dan memiliki ketelitian tingkat tinggi.

Youtuber 

male sitting watching laptop 23 2147934491.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 5 Ide Bisnis Online Ini Bisa Jadi Pertimbangan di Era New Normal

Nah profesi youtuber kini banyak dibidik oleh siapa saja karena penghasilan yang bisa didapat memang sangat menjanjikan. Tak hanya puluhan bahkan Anda bisa mendapatkan ratusan juta hanya dengan mengunggah video ke portal Youtube. Banyak hal yang bisa dibagikan ke dalam kanal Youtube Anda. Bagi Anda yang hobi memasak bisa membagikan berbagai resep kuliner yang beragam. 

Atau jika Anda punya hobi kuliner dan travelling, Anda bisa membagikan pengalaman liburan Anda ke penonton. Ide lainnya adalah berbagi tips seperti mix and match fashion, tutorial make up, perawatan wajah, dan lain-lainnya sesuai bidang yang dikuasai. Penghasilan dari Youtube ini bisa diperoleh dengan mengaktifkan google adsense dan beberapa iklan yang masuk ke video Youtube Anda. bagaimana, apakah Anda tertarik dengan ide bisnis online ini?

Itu tadi beberapa ide bisnis online yang bisa Anda pikirkan sebagai tambang emas baru Anda. Di era digital seperti sekarang, Anda memang dituntut untuk bisa beradaptasi dengan teknologi dan terjun ke bisnis yang sifatnya online. Nah, tidak hanya bisnis saja yang bisa dilakukan secara online lho! Anda pun bisa melunasi berbagai tagihan pokok seperti BPJS Kesehatan, listrik, dan PDAM secara online juga. 

Caranya pun cukup simpel, Anda hanya perlu men-download aplikasi Qelola melalui Playstore. Bayar berbagai tagihan Anda di aplikasi Qelola dan rasakan fitur menarik lainnya ya! Pelajari lebih lanjut tentang aplikasi Qelola melalui website resminya di sini.

 

Tags: , , , ,