Jangan Salah Tafsir! Intip Perbedaan Profesi dan Pekerjaan Berikut Ini

pengertian profesi

Kita seringkali menilai istilah profesi ini sama halnya dengan pekerjaan. Usut punya usut, anggapan tersebut ternyata salah besar. Memang pada intinya baik pekerjaan dan profesi memiliki kemiripan yaitu sesuatu hal yang bisa menghasilkan uang. Akan tetapi kedua sebutan itu sama sekali berbeda lho! Nah, Anda semua pasti bingung bukan? Yuk temukan perbedaan profesi dan pekerja lewat artikel berikut ini.

Apa Itu Pekerjaan?

Sebelum membahas tentang perbedaan profesi dan pekerjaan, Anda harus tahu lebih dulu tentang definisi dari pekerjaan dan profesi itu sendiri. Pekerjaan diartikan sebagai suatu kegiatan atau aktivitas yang dapat menghasilkan uang. Dalam hal ini siapa saja bisa melakukan sebuah pekerjaan yang penting dari pekerjaan tersebut Anda memperoleh uang. Pekerjaan ini tidak mewajibkan pelakunya untuk memiliki keterampilan khusus atau bakat tertentu. 

Karena tidak membutuhkan keahlian khusus, uang yang dihasilkan dari pekerjaan ini cenderung kecil nominalnya. Orang-orang yang melakukan pekerjaan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Sebagian orang juga menganggap aktivitas pekerjaan sebagai sesuatu yang remeh. Hal-hal yang disebut dengan pekerjaan contohnya adalah operator, pedagang kaki lima, pelayan, penjaga toko, dan lain sebagainya.

Pengertian Profesi

contemporary office worker with tablet 1098 20850.jpg?size=626&ext=jpg&uid=A&ga=GA1.2.1202749483 - Jangan Salah Tafsir! Intip Perbedaan Profesi dan Pekerjaan Berikut Ini

Nah setelah mengupas tuntas tentang apa itu pekerjaan kini saatnya beralih ke profesi. Pengertian dari profesi adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang harus diimbangi dengan keterampilan, keahlian, dan pengetahuan khusus yang didapat dari pelatihan atau pendidikan. Jadi tiap-tiap profesi memiliki layanan dan jasa yang berbeda sesuai dengan bidang yang digeluti. Atas jasa dan layanan yang mereka berikan tersebut akan menghasilkan upah yang biasanya berjumlah banyak.

Apa yang didapatkan oleh para pelaku profesi ini sepadan dengan keahlian dan keterampilan yang sudah ditekuni selama ini. Oleh karena itu pendapatan yang diperoleh pun lebih besar jika dibandingkan dengan pelaku pekerjaan. Dalam status sosial pun, pelaku profesi mendapat tempat yang lebih tinggi dari pelaku pekerjaan. Contoh dari pelaku profesi adalah IT Support, Web Developer, Programmer, Graphic Designer, AutoCAD Drafter, dan lain sebagainya. Dari sini sudah punya gambaran kan tentang perbedaan profesi dan pekerjaan?

Baca Juga: Buktikan! 5 Keuntungan Melamar Pekerjaan di Event Bursa Kerja

Perbedaan Profesi dan Pekerjaan

blue delivery asian man holding parcel cardboard box 208349 21.jpg?size=626&ext=jpg&uid=A&ga=GA1.2.1202749483 - Jangan Salah Tafsir! Intip Perbedaan Profesi dan Pekerjaan Berikut Ini

Setelah membaca pengertian dari pekerjaan dan juga profesi, kini Anda dapat menyimpulkan sendiri perbedaan dari keduanya. Banyak yang salah menafsirkan antara pekerjaan dan profesi karena pada intinya keduanya sama-sama kegiatan yang menghasilkan uang. Namun kenyataannya baik profesi dan pekerjaan adalah dua hal yang berbeda. Dari paragraf di atas dapat disimpulkan perbedaan profesi dan pekerjaan sebagai berikut:

  • Seorang pelaku profesi harus memiliki keahlian atau keterampilan khusus, sedangkan pelaku pekerjaan tidak. 
  • Pelaku pekerjaan status sosialnya rendah sedangkan pelaku profesi memiliki status yang tinggi.
  • Upah yang didapat dari pelaku profesi lebih banyak dibanding pelaku pekerjaan.
  • Pelaku pekerjaan melakukan aktivitas pekerjaan semata-mata untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.
  • Contoh dari pekerjaan adalah operator, penjaga toko, pelayan, pedagang kaki lima. Sedangkan contoh dari profesi adalah IT Support, Web Developer, Programmer, Graphic Designer, AutoCAD Drafter, dan lain sebagainya.

Perbedaan profesi dan pekerjaan di atas sangat jelas menegaskan bahwa keduanya adalah dua hal yang berbeda. Jadi mulai sekarang, Anda jangan salah kaprah lagi mengartikan keduanya. Walaupun keduanya merupakan aktivitas yang bertujuan menghasilkan uang, namun baik pekerjaan dan profesi tidak dapat dijadikan sinonim. Jadi jangan salah lagi ya, menyematkan sebutan profesi dan pekerjaan pada aktivitas seseorang.

Untuk menunjang pengelolaan upah bulanan dari profesi dan pekerjaan tidak ada salahnya dilakukan dengan mengunduh aplikasi keuangan berbasis online. Salah satu aplikasi keuangan online yang sangat direkomendasikan adalah aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan yang menawarkan berbagai fitur menarik yang aman dan terpercaya. Salah satu layanannya adalah transfer uang hingga ke mancanegara.

Jangan salah sangka, walaupun transfer dana ini bisa dilakukan hingga ke luar negeri, namun biaya administrasi yang dipatok sangat ekonomis lho! Cukup dengan nominal 2 ringgit Malaysia, Anda sudah bisa transfer uang ke luar negeri. Selama bulan Juli bahkan masih ada potongan biaya transfer hingga 10%. Menarik bukan?!

Selain itu aplikasi Qelola juga cocok digunakan untuk membayar berbagai tagihan pokok seperti tagihan listrik, air, dan juga BPJS Kesehatan. Dengan melakukan pembayaran lewat aplikasi ini akan membuat Anda tertib dan tepat waktu dalam membayar karena bisa dilakukan langsung dari ponsel. Fitur lainnya yang bisa Anda nikmati adalah pembelian pulsa, kuota internet, dan juga voucher games

Untuk bisa menikmatinya pun caranya cukup mudah. Anda hanya perlu men-download aplikasi Qelola pada Playstore dan lakukan pendaftaran. Lakukan top up dan fitur-fitur di dalamnya dapat Anda nikmati seketika. Informasi lain terkait aplikasi Qelola dapat Anda simak melalui website resminya di sini.

Tags: , ,