Cek Tagihan PDAM Praktis dari Ponsel Via Aplikasi Qelola

cek tagihan pdam

Tidak semua penduduk di Indonesia bisa menikmati air bersih melalui sumur secara langsung. Alasan tersebut membuat pemerintah untuk turut serta membantu kesulitan masyarakat dengan didirikannya PDAM. PDAM adalah Perusahaan Daerah Air Minum milik pemerintah yang bertugas untuk menyediakan air bersih ke masyarakat guna dipakai sehari-hari. Tidak perlu ragu untuk berlangganan air bersih lewat PDAM karena selain diawasi langsung oleh Pengawasan Kualitas Air Minum, kualitas air yang disediakan dijamin terjaga.

Untuk bisa mendapat fasilitas air bersih melalui PDAM tentunya Anda harus menggelontorkan sejumlah dana. Besarnya tagihan yang harus Anda bayar tergantung dari berapa banyak air yang sudah Anda habiskan sehari-hari. Cek tagihan PDAM dan proses pembayarannya di zaman dulu mungkin membuat Anda sedikit repot karena harus datang langsung ke kantor PDAM terdekat. Belum lagi jika antriannya panjang, Anda harus sabar menunggu panggilan untuk melunasi tagihannya. Namun sekarang tak perlu khawatir, untuk meningkatkan pelayanan pelanggan, cek tagihan PDAM sekarang bisa dilakukan secara praktis dan efisien. Bagaimana caranya? Yuk simak informasinya berikut ini.

Cek Tagihan PDAM Praktis dengan Cara Berikut Ini

cek tagihan pdam - Cek Tagihan PDAM Praktis dari Ponsel Via Aplikasi Qelola

 

PDAM merupakan Badan Usaha Milik Daerah, jadi pada tiap-tiap daerah biasanya memiliki website masing-masing yang bisa dipakai untuk melacak tagihan PDAM Anda. Namun kini, ada banyak pilihan yang lebih praktis dan efisien untuk tahu berapa besar tagihan sekaligus membayarnya. Cara cek tagihan PDAM ini akan diulas sebagai berikut:

  • Anjungan Tunai Mandiri

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM bisa jadi cara praktis untuk Anda membayar tagihan PDAM bulanan. Seperti yang Anda tahu, kini akses untuk menemukan ATM sangat mudah karena tersebar di seluruh kota di Indonesia. Tiap-tiap bank, secara garis besar juga memiliki cara yang sama untuk bisa mengecek sekaligus membayar tagihan PDAM.

Umumnya Anda akan diminta untuk masuk ke menu “Pembayaran’’ pada layar ATM. Kemudian pilih tagihan yang ingin dilihat, dalam hal ini pilih tagihan PDAM. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi kode PDAM dan nomor pelanggan, secara otomatis jumlah tagihan Anda akan muncul. Jika Anda ingin melanjutkan pembayaran biasanya akan muncul konfirmasi lalu tekan “YA”. Saldo pada ATM pun secara langsung akan terpotong untuk pembayaran tagihan PDAM. Jangan lupa untuk mencetak resi sebagai bukti pembayaran jika sewaktu-waktu nanti dibutuhkan.

  • Internet Banking

Cek tagihan PDAM juga bisa Anda lakukan melalui internet banking. Pembayaran tagihan PDAM pada perusahaan atau kantor-kantor yang sifatnya corporate biasanya dilakukan melalui halaman internet banking. Caranya bagaimana? Pertama-tama Anda bisa masuk ke situs internet banking yang dipakai. Selanjutnya masuk ke akun internet banking dengan memasukan User ID dan password. Setelah berhasil login, Anda bisa beralih ke menu pembayaran dan pilih “Air/PAM”. 

Kemudian pada layar akan muncul formulir yang harus Anda isi. Pengisian data ini meliputi nomor bayar, wilayah domisili, dan perusahaan air minum yang dipakai. Selesai mengisi data Anda bisa konfirmasi dan seketika nominal tagihan akan muncul. Anda bisa melanjutkan pembayaran dengan mengikuti instruksi yang ditampilkan. Untuk bukti pembayaran biasanya akan dikirim ke alamat email Anda atau perusahaan.

  • Mobile Banking

Hampir sama dengan internet banking, cek tagihan PDAM melalui mobile banking juga dapat dilakukan secara online. Bahkan cek tagihan ini bisa Anda lihat praktis dari handphone dengan mengunduh aplikasi bank yang digunakan. Caranya juga cukup mudah, pertama Anda harus login ke akun mobile banking. Kemudian pilih menu “Pembayaran” dan selanjutnya akan ditampilkan berbagai pilihan keperluan pembayaran. Pilih PAM atau air dan masukan data yang dibutuhkan seperti nomor pelanggan, wilayah, dan nama perusahaan air minum tempat berlangganan. Jumlah tagihan kemudian akan ditampilkan dan bisa dilanjutkan melakukan pembayaran apabila saldo di rekening Anda mencukupi.

  • Aplikasi Qelola

Cara selanjutnya ini dianggap sebagai cara kekinian yang banyak masyarakat gunakan untuk cek tagihan PDAM. Kini melalui aplikasi pembayaran digital, urusan cek tagihan apapun menjadi lebih praktis. Salah satu aplikasi yang bisa Anda coba adalah aplikasi Qelola. Bagaimana caranya, berikut langkah-langkahnya:

  1. Download aplikasi Qelola pada Playstore.
  2. Registrasikan nomor Anda di aplikasi.
  3. Setelah berhasil login Anda bisa menuju ke menu “Air”.
  4. Selanjutnya masukan data yang dibutuhkan seperti nomor pelanggan, wilayah, dan nama perusahaan air tempat berlangganan.
  5. Setelah konfirmasi, maka nominal tagihan akan muncul dan Anda bisa melakukan pembayaran sekaligus. 

Kenapa Harus Cek Tagihan PDAM di Qelola?

qelola app - Cek Tagihan PDAM Praktis dari Ponsel Via Aplikasi Qelola

Aplikasi Qelola hadir untuk membantu Anda dalam melakukan pembayaran berbagai tagihan, salah satunya adalah PDAM. Kenapa pilih Qelola? Karena melalui aplikasi digital payment ini, pembayaran menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu dari segi keamanan juga sangat terjamin karena registrasi dilakukan dengan nomor pribadi Anda. selain itu Anda disyaratkan untuk membuat password di dalam aplikasi. Dari segi tampilan pun lebih menarik dan mudah dipahami. Hanya dengan sekali klik, tagihan PDAM Anda bisa dilunasi langsung dari ponsel. Pembayaran juga bisa dilakukan kapan saja tanpa ada jam khusus pembayaran tertentu seperti jika membayar langsung ke kantor PDAM. 

Selain cek tagihan PDAM, aplikasi Qelola juga bisa dipakai untuk cek tagihan lainnya seperti listrik, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Fitur tambahan lainnya Anda bisa melakukan pembelian pulsa, kuota internet, dan juga voucher games. Bagi Anda yang ingin transfer uang ke keluarga, kerabat atau teman juga bisa melalui aplikasi ini. Wah praktis bukan? Kini dalam satu aplikasi Anda bisa melakukan berbagai transaksi keuangan secara online langsung dari HP. Tunggu apalagi? Download aplikasi Qelola sekarang juga di HP Anda dan rasakan kemudahan bayar-bayar tagihan dan kirim uang kapan saja dan dimana saja!

Tags: , , , , ,