Qelola, Aplikasi Pembayaran Digital Terbaik di Malaysia

qelola

Ternyata uang tunai masih merajai sistem pembayaran di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Namun, setelah kehadiran-kehadiran pembayaran digital tampaknya mulai menggeser cara bertransaksi di kalangan masyarakat. Selain di Tanah Air, ternyata metode pembayaran real-time yang menggunakan nomor ponsel nyatanya telah diluncurkan di Singapura, Thailand, dan Malaysia. Para penggunaannya dapat meningkatkan efisiensi manajemen kas dan mengoptimalkan modal kerja karena seluruh transaksinya tercatat secara digital. Bahkan penggunaan pembayaran digital juga memicu inovasi di setiap industri di Asia Tenggara. Di Malaysia, kini telah hadir aplikasi Qelola, yang akan menjadi pesaing hebat diantara aplikasi pembayaran digital lainnya.

“Penerapan pembayaran instan di sebagian besar pasar Asia Tenggara termasuk di Malaysia membuat transfer dana lebih cepat, lebih sederhana, dan lebih efisien,” kata salah satu analis di Standard Chartered (StanChart).

Perkembangan Pembayaran Digital di Asia Tenggara

qelola 1 700x394 - Qelola, Aplikasi Pembayaran Digital Terbaik di Malaysia

Melansir The Business Times, penyedia layanan telekomunikasi Malaysia, Maxis berpendapat bahwa fitur pembayaran digital instan dapat menjadi sebuah solusi untuk mengirim pengembalian dana lewat cek. Dan yang paling penting adalah fitur real-time membantu untuk mengelola arus kas dengan lebih baik dan membayar pelanggan atau pemasok dengan tepat waktu.

Selain itu, laporan StanChart juga telah mencatatkan bahwa peluncuran skema “bayar sekarang (pay now)” secara nasional hanyalah sebuah awal dari kondisi pembayaran instan saat ini. Apalagi operator juga tengah mengembangkan kemampuan koneksi regional. Konektivitas di seluruh wilayah akan menciptakan peluang bagi setiap pembayaran nasional untuk memperluas layanan mereka. Selanjutnya, kolaborasi lintas batas akan dapat mendorong integrasi pembayaran digital di wilayah Asia Tenggara.

Namun kenyataannya, para peneliti mencatat bahwa uang tunai masih menjadi cara yang paling populer untuk pembayaran di Asia Tenggara. Di Indonesia dan Filipina, persentase penggunaan uang tunai masih mencapai hingga 70%. Jadi, untuk benar-benar menggeser penggunaan uang tunai masih ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Selain uang tunai, masalah privasi data dan keengganan pedagang UMKM untuk mengadopsi pembayaran elektronik juga harus segera diatasi, jika ingin mencapai cashless society.

Eksistensi Pembayaran Digital

Diakui atau tidak, perkembangan teknologi yang semakin pesat memang membuat beberapa perubahan di dalam kehidupan manusia. Khususnya terjadi pada generasi muda atau milenial. Salah satu perubahan yang nyata adalah dengan adanya pembayaran digital yang dapat memudahkan proses transaksi tanpa perlu membayar dengan uang tunai. Pada umumnya, para generasi milenial lebih memilih untuk menggunakan transaksi dengan metode digital payment karena lebih cepat, praktis, dan aman untuk digunakan. Terlebih lagi banyak potongan-potongan harga dalam bentuk poin atau penawaran belanja yang sangat menarik. Itulah mengapa aplikasi Qelola digadang menjadi salah satu aplikasi pembayaran digital terbaik di Malaysia. Penggunanya adalah masyarakat Malaysia sendiri dan masyarakat Indonesia yang ada di sana.

Metode Pembayaran Digital yang Sedang Marak

qelola 2 700x513 - Qelola, Aplikasi Pembayaran Digital Terbaik di Malaysia

Berdasarkan data yang diperoleh dari Bank Indonesia, ada pertumbuhan non tunai yaitu sebesar 5,71% per Agustus 2019. Bank Indonesia telah mengembangkan berbagai inisiatif serta memberi dukungan kepada pihak pemerintah dalam upaya untuk mengurangi uang tunai dalam transaksi tertentu. Berikut ini ada beberapa metode pembayaran digital yang sedang marak di gunakan saat ini.

1. Layanan e-wallet

Dengan adanya e-wallet, maka dapat memudahkan berbagai macam transaksi seperti layanan antar makanan, isi ulang pulsa, belanja online, tagihan listrik dan tagihan lainnya,  transportasi umum atau online, tiket pesawat dan kereta, dan masih banyak lagi. Dengan metode ini maka akan membuat konsumen untuk melakukan proses pembayaran yang lebih aman dan cepat karena tidak harus mengantri karena mengandalkan smartphone untuk bertransaksi. Untuk pengisian saldo bisa dilakukan melalui mobile banking, ATM, mesin EDC, gerai ritel lainnya. Aplikasi qelola juga telah dilengkapi dengan layanan e-wallet ini.

2. Layanan m-banking

Kemajuan teknologi yang semakin pesat semakin memudahkan masyarakat melakukan berbagai macam  transaksi, mulai dari transfer, isi pulsa, isi saldo, dan transaksi lainnya melalui smartphone tanpa harus ke ATM sehingga dapat menghemat waktu dan mudah diakses kapan dan di mana saja.

3. Layanan e-money

E-money dapat digunakan untuk pembayaran tol, pembayaran BBM di SPBU Pertamina yang berlogo e-money, berbelanja di supermarket seperti Indomaret, Alfamart, Hypermart, dan lainnya. Dengan menggunakan e-money, maka lebih efektif untuk mengurangi peredaran uang palsu di masyarakat. Selain itu proses pembayaran juga akan lebih cepat dan aman tanpa harus mengeluarkan uang tunai. E-money juga sering menawarkan potongan harga atau diskon dari produk-produk tertentu yang sangat menarik.

Keunggulan Aplikasi Qelola

 

qelola 3 700x342 - Qelola, Aplikasi Pembayaran Digital Terbaik di Malaysia

Qelola merupakan sebuah aplikasi mobile yang dapat membantu para tenaga kerja yang bekerja di Malaysia untuk mengelola dana mereka di Indonesia secara efektif di mana saja kapan saja. Kini saatnya Anda menggunakan cara yang lebih baik untuk mengelola dan mengirimkan uang menggunakan aplikasi Qelola. Berikut ini ada beberapa keunggulan aplikasi pembayaran digital terbaik di Malaysia ini yang perlu Anda ketahui:

  • Aplikasi ini memberikan informasi yang akurat kepada para penggunanya untuk mengirimkan uang dari Malaysia ke Indonesia. Kemudahan tersebut bisa Anda nikmati karena aplikasi ini telah menyediakan saluran transfer internasional yang diselenggarakan oleh mitra perusahaan pengiriman uang yang terpercaya.
  • Karena aplikasi ini adalah suatu alat untuk manajemen keuangan, maka aplikasi ini menawarkan banyak produk keuangan. Mulai dari institusi keuangan yang terkenal berdasarkan preferensi dan kebutuhan para pelanggan seperti tabungan, deposito, reksadana, dan lain sebagainya.
  • Dengan perencana keuangan menggunakan aplikasi ini, Anda sebagai pengguna dapat dengan mudah untuk mengelola dana Anda selama di Malaysia. Baik untuk biaya hidup, atau bahkan untuk tabungan dan investasi.
  • Aplikasi ini juga telah menyediakan pilihan pembayaran multi-payment yang lengkap dalam satu aplikasi tunggal. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda untuk mengelola dana Anda dalam memenuhi semua kebutuhan.

Tunggu apalagi? Unduh aplikasinya sekarang dan nikmati berbagai fiturnya.

Tags: , , , , , ,