6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Era New Normal

new normal

Baru-baru ini pemerintah Indonesia mengeluarkan pernyataan ke masyarakat untuk bersiap menyambut era baru yang disebut new normal. Setelah kurang lebih 3 bulan menghadapi pandemi covid-19, masyarakat di Indonesia akan masuk ke tahap new normal yang menerapkan kebiasaan baru yang menyangkut protokol kesehatan. Diantaranya adalah menggunakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan setelah melakukan kegiatan diluar rumah dan melakukan social distancing.

Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk memutus mata rantai virus corona. Selain itu masyarakat juga dihimbau untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit dan terpapar virus baru ini. Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan yang bisa Anda terapkan saat memasuki fase new normal.

Makan Makanan Sehat

Apa yang kita makan berpengaruh dengan kesehatan tubuh. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, daya tahan tubuh harus lebih ditingkatkan dengan cara konsumsi makanan sehat. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung sumber protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan juga mineral. Sumber protein bisa didapatkan dari daging tanpa lemak, susu dan produk olahannya, telur, dan berbagai jenis ikan. 

Karbohidrat bisa didapat dari nasi merah, oat, roti gandum, dan quinoa. Berbagai sayuran dan buah-buahan akan menyumbangkan vitamin yang diperlukan tubuh. Usahakan banyak mengkonsumsi sayuran berwarna hijau karena sangat mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. 

Rajin Berolahraga

close up woman running with unfocused background 23 2147600468.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Era New Normal

Tips menjaga kesehatan berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Walaupun Anda dihimbau untuk lebih banyak beraktivitas di dalam rumah, namun olahraga harus tetap dilakukan. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, bahkan jalan kaki keliling komplek selama 20 menit setiap harinya akan membantu Anda untuk tetap fit di masa new normal. Olahraga yang ajeg dilakukan setiap hari juga akan mencegah penyakit stroke, diabetes, hipertensi, radang sendi, dan lain-lain. Selain itu, olahraga juga menjauhkan Anda dari stres. 

Meminum Suplemen atau Vitamin Tambahan

Meminum suplemen makanan atau vitamin yang dijual dipasaran juga bisa jadi tips menjaga kesehatan di era new normal. Namun, sebelumnya Anda bisa tanyakan terlebih dahulu apakah hal ini sifatnya urgent atau tidak. Sebenarnya, sumber vitamin yang baik bagi tubuh berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti sayur dan juga buah-buahan. Namun tidak ada salahnya meningkatkan kesehatan tubuh dengan minum multivitamin sesuai dengan anjuran dokter.

Baca Juga: Bertahan Menghadapi Virus Corona, Ini 5 Kegiatan yang Dilakukan!

Menjaga Kebersihan

sanitized gel surgical mask prevent protect sanitation healthcare hygiene personal 43667 505.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Era New Normal

Kebiasaan baru yang harus diterapkan setelah merebaknya virus corona ini adalah dengan menjaga kebersihan. Rajinlah untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Selain itu pastikan juga untuk mencuci tangan saat kembali ke rumah. Lepas semua pakaian yang Anda pakai dan langsung dicuci atau jika Anda belum sempat bisa ditaruh di ember khusus.

Bawalah handsanitizer saat harus melakukan kegiatan di luar rumah dan pakai saat selesai menyentuh sesuatu. Selain itu membawa handsanitizer sangat berguna jika Anda sedang berada jauh dari sumber air. Pastikan Anda tidak meludah sembarangan, pakai masker saat di luar rumah, dan jaga jarak dengan orang lain.

Tidur yang Cukup

Untuk Anda yang hobi rebahan inilah saatnya untuk memuaskan hasrat tidur Anda. Tidur yang cukup juga sangat mempengaruhi kesehatan serta daya tahan tubuh terutama di musim pandemi seperti sekarang. Idealnya, Anda disarankan untuk tidur minimal 8 jam sehari agar daya tahan tubuh bisa kebal dari virus dan bakteri. 

Kenapa bisa demikian? Saat Anda tidur dalam waktu yang lama tubuh akan mengeluarkan sitokin. Sitokin ini adalah sejenis protein yang akan membuat tubuh mampu melawan infeksi dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jangan Stres !

young woman sitting cafe with her laptop stressful wor 1150 720.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Era New Normal

Tips menjaga kesehatan yang tidak boleh diabaikan berikutnya adalah menghindari stres. Saat Anda stres tubuh akan mengurangi produksi kortisol yang mampu melawan peradangan dan penyakit. Jika hal ini terjadi maka secara otomatis daya tahan tubuh Anda akan melemah sehingga Anda akan gampang sakit. Jadi mulai sekarang jangan remehkan akibat dari stres ya. Jika Anda mengalaminya segera antisipasi dengan merelaksasi tubuh. Lakukan yoga atau meditasi untuk membantu mengelola stres yang sedang Anda alami.

Tips menjaga kesehatan di atas bisa Anda terapkan sebagai perlawanan menghadapi virus corona di era new normal. Selain menjaga kesehatan, cara menjaga diri agar terhindar dari virus corona adalah dengan melakukan pembayaran secara non tunai. Untuk mendukung hal ini unduhlah aplikasi Qelola di ponsel Anda. Aplikasi Qelola adalah aplikasi pembayaran digital yang bisa dipakai untuk melakukan berbagai transaksi.

Fitur yang ditawarkan aplikasi ini diantaranya adalah transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Selain itu Anda bisa melakukan pembayaran berbagai tagihan pokok seperti listrik, air, dan BPJS Kesehatan langsung dari ponsel. Jadi Anda tidak perlu keluar rumah untuk menunaikan kewajiban tagihan pokok tersebut. Yuk segera download aplikasi Qelola dan rasakan manfaat dari layanan yang ditawarkan!

 

Tags: , , , ,